KakaoKu, Usaha Cokelat Berbuah Manis

0
469

Padatnya kehidupan Ibukota menjadi potret yang tak bisa dihindari bagi penghuninya. Sering kali dalam menunaikan rutinitas pun sampai harus diburu-buru waktu. Tak hanya beban kebutuhan materi yang menghimpit kantong perekonomian, bahkan waktu pun terasa mahal harganya.

Tak dimungkiri, beberapa masalah tersebut kerap membuat Shita dan Wahyu Jatmiko tak mempunyai waktu berkualitas bersama keluarga dan sang buah hati. Berangkat dari permasalahan ini, sepasang suami istri ini merasa perlu menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga.

shita

Tahun 2011 menjadi titik balik keduanya untuk mencari ide menciptakan peluang usaha. Akhirnya, masing-masing memutuskan meninggalkan pekerjaan sebagai pegawai kantoran di Jakarta dan memilih kembali ke kampung halaman, membangun usaha bisnis online cokelat, KakaoKu.

“Biasanya karyawan di Jakarta kerja hanya rutinitas 9-5 saja, kemudian ngobrol dengan teman, buka bisnis apa, ya? Teman saya memberi saran, kenapa ga usaha cokelat aja? Kan membuatnya mudah ya. Awalnya saya coba jualan ke teman-teman terdekat, ternyata laku, mulailah sejak saat itu memutuskan untuk lebih serius dan fokus ke usaha ini,”  ujar Shita.

Wahyu

Menurut Shita, coklat memang sudah biasa, tapi bila tidak didukung pengemasan yang bagus, tentu tidak akan maksimal. Wahyu yang memiliki keahlian fotografi membantunya mengoptimalkan pengemasan sehingga keduanya terlihat saling melengkapi satu sama lain.

“Kami jatuh cinta pada usaha produk coklat, karena selain mudah, kami juga bersinergi. Istri saya buat produknya, saya buat desain dan pengemasannya. Istri saya bebas menciptakan kreasi produknya, saya membantu membuat tampilan produk hingga mempromosikannya di website online,” kata Wahyu.

cokelat

Pelan-pelan, coklat Kakaoku semakin laris di pasaran. Terbukti, konsumen sudah meluas di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.  Inovasi serta pelayanan sang owner terbilang menjadi salah satu keunggulannya.

Menurut Wahyu, konsep customize, selalu mengikuti tren pasar dan mempromosikannya lewat situs online juga menjadi strategi utama penjualan. Dengan begitu, customer lebih puas dengan kualitas produk serta diberi kebebasan memilih alternatif coklat sesuai keinginan. Selain itu, lewat situs jual beli online Tokopedia, KakaoKu juga terbantu dalam mempromosikan produk dan menjangkau konsumen lebih banyak lagi

tokopedia

Meski begitu, keduanya mengaku tak mudah menjalani usaha ini. Berkat tekad, usaha dan dukungan orang -orang yang dicintai, KakaoKu bisa meraih keberhasilan sampai sejauh ini. Bahkan, bila order cokelat tengah meningkat, tak jarang Shita dan Wahyu mengajak beberapa tetangga atau mahasiswa yang tinggal di sekitar rumah mereka untuk turut membantu produksi. Sambil produksi, keduanya pun tetap bisa memperhatikan tumbuh kembang si  buah hati.

“Susah itu tidak usah dicari, nanti akan datang sendiri,” ujar Wahyu.

kakaoku

Pada dasarnya, tantangan dalam meraih kesuksesan akan selalu ada menghampiri. Semua bisa dihadapi selama tak patah semangat dan terus berusaha. Bagi Shita dan Wahyu, kesuksesan yang ideal bukan hanya materi semata. Namun, bagi mereka, kesuksesan merupakan saat dimana pekerjaan dan waktu bersama keluarga bisa berjalan dengan selaras. Didukung pula, bekerja dengan orang yang dicintai ternyata bisa membuahkan hasil semanis coklat.

“Selama masih bisa mencoba dan berusaha dengan maksimal, suatu saat pasti bisa menghasilkan. Siapa sangka, bekerja dengan orang yang dicintai bisa terasa menyenangkan dan spesial ya,” kata Shita.

 

Bagikan Artikel


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here