• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kenapa Kita Wajib Mempunyai Kartu BPJS Kesehatan

Share

Kenapa Kita Wajib Mempunyai Kartu BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan kewajiban untuk semua warga negara Indonesia. Banyak manfaat yang didapatkan dengan menjadi anggota BPJS, berikut faktanya.

Pada awalnya kita mengenal istilah Asuransi Kesehatan atau dikenal sebagai ASKES. Program ini didasari pada program pemerintah yang menjamin adanya jaminan kesehatan sosial bagi seluruh warga negara Indonesia. Jaminan kesehatan ini diutamakan untuk pegawai negeri, penerima pensiun hingga warga tidak mampu yang lebih dikenal dengan ASKESKIN.

Keharusan Untuk Menjadi Anggota BPJS Kesehatan

Per Januari 2014, PT Askes Indonesia sebagai badan persero yang ditunjuk sebagai penyelenggara program, berubah nama menjadi BPJS Kesehatan. Dengan terbentuknya BPJS Kesehatan, semua warga negara Indonesia berserta keluarga wajib ikut serta sebagai anggota. Hal ini termasuk pula untuk anak, orang yang belum bekerja sebagai tanggungan kepala keluarga dan terdaftar dalam satu Kartu Keluarga.

Walau program ini sudah dicanangkan dan disosialisasikan untuk waktu yang cukup lama, masih terjadi mis informasi mengenai program dan manfaat dari keanggotaan BPJS Kesehatan. Bagi kamu yang masih bingung kenapa ikut dalam keanggotaan, nah ini alasan penting untuk segera mendaftar BPJS Kesehatan.

Merasakan Manfaat Asuransi Kesehatan di Tingkat Nasional

Dengan ikut serta dalam keanggotaan BPJS Kesehatan, maka kamu sudah tidak perlu khawatir untuk mendapatkan perawatan kesehatan. Kartu BPJS Kesehatan bersifat nasional sehingga bisa kamu gunakan di berbagai rumah sakit, puskesmas & dokter keluarga yang ditunjuk, di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan catatan, jika ingin menggunakan BPJS Kesehatan di wilayah selain domisili, harus meminta surat rujukan dari kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat di daerah atau kota tersebut.

Iuran BPJS Kesehatan Sangatlah Terjangkau

Iuran keanggotaan dibedakan berdasarkan kelas yang dipilih. Untuk setiap kelasnya, terdapat besaran iuran yang dibebankan setiap bulannya. Saat mendaftar pertama kali, kamu bebas memilih tipe kelas sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga. Untuk kelas I, premi BPJS Kesehatan 2016 per bulan adalah Rp 80ribu per orang.

Jika dirasa premi bulanan BPJS Kesehatan memberatkan atau tidak mampu, maka bisa mendaftarkan diri & keluarga dalam 1 KK sebagai PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang diterbitkan oleh Dinas Sosial.

Pengobatan, Layanan hingga Fasilitas Kesehatan Gratis

Mulai dari obat-obatan, biaya konsultasi dan pelayanan, uang sewa kamar hingga fasilitas seperti ambulans dibayarkan oleh BPJS Kesehatan. Tentunya harus mengikuti prosedural terlebih dahulu, sesuai dengan rujukan oleh fasilitas kesehatan yang kita daftarkan saat membuat kartu BPJS Kesehatan.

Untuk biaya yang mungkin ditanggung oleh anggota saat melakukan klaim adalah biaya naik tingkat, contohnya Kelas I mendapatkan kamar Kelas I di rumah sakit. Untuk naik ke kamar VIP (kamar privat untuk 1 pasien), maka dizinkan namun anggota harus membayar selisih biaya naik tingkat kamar.

Pendaftaran Lebih Mudah dibandingkan Asuransi Lain

Syarat pendaftaran asuransi kesehatan milik BPJS Kesehatan lebih mudah dan tanpa harus mengikuti medical check-up. Medical check-up dilakukan saat mendaftar di asuransi swasta, guna menentukan kondisi kesehatan bagi para pendaftar. Tentunya akan sangat sulit jika ingin mendaftar asuransi kesehatan swasta, jika dalam keadaan sakit.

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan, hanya diperlukan foto copy kartu keluarga, foto kopi KTP, foto kopi buku tabungan dan mengisi formulir pendaftar BPJS Kesehatan. Adapun bagi karyawan perusahaan, otomatis terdaftar keanggotaan BPJS Kesehatan.

Subsidi Silang Sebagai Bentuk Kepedulian Sosial

Bagi lapisan masyarakat yang telah memiliki asuransi kesehatan lain atau mampu untuk membiayai biaya fasilitas kesehatan tanpa harus mengklaim BPJS Kesehatan. Bergabung dan rutin membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan, termasuk sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama.

Saat ini para penerima bantuan iuran atau keluarga tidak mampu mendapatkan subsidi silang dari sesama anggota BPJS. Kewajiban keanggotaan ini tidak hanya bermanfaat bagi perorangan namun juga bagi sesama. Dengan ini kepemilikian kartu BPJS Kesehatan sangatlah penting untuk Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera.

Biaya BPJS Kesehatan Bisa Dibayar Di Mana Saja

Sebagai asuransi kesehatan, selain terhitung lebih ringan dalam urusan pembiayaan. BPJS Kesehatan juga lebih mudah di akses dalam segi pembayaran. Anggota BPJS Kesehatan bisa membayar iuran di mini market, atm atau online, lewat Tokopedia. Bayar BPJS Kesehatan online dengan berbagai metode pembayaran yang lebih nyaman dan praktis kapan pun juga.

Fakta menariknya, anggota tidak perlu repot-repot saat masa tenggat waktu iuran. Cukup buka situs atau aplikasi Tokopedia dan lakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Begini langkah cepat bayar BPJS Kesehatan sebelum tenggat akhir pembayaran iuran.

BPJS Kesehatan di Tokopedia

Share

Frans FernandoFrans Fernando

Related Articles

8 Obat Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat di Apotek
Kesehatan
8 Obat Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat di Apotek
© 2009-2024, PT Tokopedia