• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kisah Timun Mas dan Raksasa oleh Nadiem Makarim

Share

Kisah Timun Mas dan Raksasa oleh Nadiem Makarim

Ingin menambah pengetahuan dengan mendengar kisah Timun Mas dan Raksasa yang melegenda di Indonesia? Simak cerita dari Mendikbud, Nadiem Makarim dan sang istri, Franka Franklin.


Selalu ada pesan moral yang tersemat dalam setiap dongeng pengantar tidur. Menurut psikolog anak, Sally Goddard Blythe, Director of Institute for Neuro-Physiological Psychology di Inggris, dongeng masih cukup efektif dalam mengajarkan berbagai hal pada anak tentang norma-norma kehidupan, dan memberi pengalaman imajiner yang akan mengasah anak dalam mengembangkan sisi kreativitasnya. 

Melalui pilihan dongeng “Kisah Timun Mas dan Raksasa”, Toped ingin mengajak anak Indonesia untuk berimajinasi serta mengembangkan kreativitas yang searah dengan kebijakan pendidikan baru, yaitu metode Merdeka Belajar. 

Yang membuatnya terasa lebih spesial, dongeng kali ini dibacakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dan istri, Franka Franklin. 

Kisah Timun Mas dan Raksasa

Cerita nusantara asal Jawa Tengah ini mengisahkan seorang ibu bernama Mbok Srini yang sangat menginginkan seorang anak. Setiap hari, ia selalu berdoa agar keinginannya tersebut dapat terwujud.

Hingga suatu ketika, sesosok makhluk raksasa mengabulkan keinginannya dengan memberikan seorang anak. Namun dengan syarat, Mbok Srini harus menyerahkan kembali anak tersebut, kelak setelah anak itu dewasa. 

Mbok Srini pun menyanggupi dan memberi nama anak tersebut, Timun Mas. Timun Mas tumbuh menjadi seorang gadis yang cantik dan cerdas. Suatu malam, Mbok Srini kembali bermimpi didatangi oleh raksasa itu dan berpesan bahwa seminggu lagi ia akan datang menjemput Timun Mas.

 Sejak itu, ia selalu duduk termenung. Melihat ibunya sering duduk termenung, Timun Mas memberanikan diri untuk bertanya pada ibunya. Akhirnya Mbok Srini menceritakan asal-usul Timun Mas yang selama ini ia rahasiakan. 

Mendengar cerita itu, Timun Mas kaget seolah- tidak percaya. Mereka berdua pun memikirkan jalan keluar agar bisa lolos dari raksasa tersebut. Bagaimana Mbok Srini dan Timun Mas menghadapi raksasa tersebut? Simak kisahnya berikut!

Baca Juga: Siapkan 4 Keterampilan Dasar Ini Sebelum Balita Mulai Sekolah

Itu dia kisah Timun Mas dan Raksasa yang bisa kamu dengar dengan sang buah hati untuk mengenalkan salah satu legenda yang populer di Indonesia, meningkatkan sisi kreativitas anak dan menerapkan norma-norma kehidupan di masyarakat.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

11 Obat Diare Anak untuk Usia 1 hingga 5 Tahun
Kids and Parenting
11 Obat Diare Anak untuk Usia 1 hingga 5 Tahun
© 2009-2024, PT Tokopedia