Kolaborasi dengan Inspiration Factory Foundation, CSR Tokopedia Ajarkan Anak Bangun Emosi Positif

0
312

Di tengah pandemi, adik-adik yang saat ini sedang menempuh pendidikan terpaksa harus melangsungkan kegiatan belajar secara daring. Adanya himbauan dari pemerintah untuk berkegiatan  dari rumah selama masa pandemi ini pun menjadi salah satu alasan yang membatasi anak-anak indonesia untuk belajar tatap muka secara langsung dengan para guru mereka.

Kondisi kritis seperti ini sangat memungkinkan adik-adik bisa merasa jenuh dengan aktivitas yang hanya mereka bisa lakukan di rumah, tanpa canda tawa dengan teman-teman sebaya, tanpa adanya bertukar pikiran dengan para guru, dan masih banyak hal lain yang tidak bisa di dapatkan dalam situasi seperti ini.

Edukasi mengenai pemahaman perasaan yang baik adalah suatu hal yang penting untuk ditanamkan sejak dini, agar anak-anak dapat mengendalikan perasaannya dengan baik dan benar. Oleh karena itu, tim CSR Tokopedia bersama Inspiration Factory Foundation atau Yayasan Pabrik Inspirasi menyelenggarakan program Nakamate dengan tema “Melukis Cita” #2 bersama dengan adik-adik binaan dari Inspiration Factory Foundation. Acara ini diikuti oleh Nakama dari berbagai wilayah operasional Tokopedia, seperti Jakarta, Jogja, dan Semarang.

Pada Nakamate Melukis Cita #2 ini, karyawan Tokopedia atau yang sering disebut sebagai Nakama, membantu para adik-adik yang tinggal di daerah Pinus Elok, Pulo Gebang, Tipar Cakung dan juga Pluit Jakarta, untuk belajar mengenal emosi positif atau perasaan baik melalui edukasi psikososial dan serangkaian permainan interaktif. 

Anak-anak diminta untuk menceritakan pengalamannya terhadap perasaan berbaik hati.

Acara ini disambut oleh antusiasme yang begitu tinggi dari anak-anak, termasuk di antaranya Almira, yang merupakan salah satu anak binaan Inspiration Factory Foundation wilayah pulo gebang. Selama menerima materi, Almira berpartisipasi secara aktif pada saat sesi edukasi mengenai emosi positif dengan memberikan jawaban serta bercerita mengenai pengalamannya terhadap perasaan berbaik hati. Walaupun sesi edukasi ini dilakukan melalui virtual, namun anak-anak tetap dapat memahami dan mengikuti sesi tersebut dengan baik.

Meluangkan waktu sejenak untuk bisa berbagi pengetahuan kepada adik-adik di Inspiration Factory sungguh membuka mata saya, bahwa semangat tinggi untuk belajar dan mendapatkan ilmu baru dapat menembus keterbatasan.” Sebut Agung, salah satu Nakama yang menjadi volunteer pada Nakamate Melukis Cita #2 wilayah Pulo Gebang. 

Situasi pandemi saat ini tidak turut menurunkan semangat para Nakama untuk membagikan ilmu kepada adik-adik. Melalui program Nakamate ini, Tokopedia berharap tidak hanya bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian bangsa saja, namun juga bisa memotivasi, saling berbagi dengan masyarakat, serta memberikan dampak positif terhadap lingkungan sosial.