kopi asli indonesia

Kenali Lebih Dekat Kopi Asli Indonesia

/   Info & Tips, Makan

Kopi memang sudah jadi teman terbaik sebagian besar masyarakat di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Tidak hanya sebagai minuman biasa, kopi juga sangat pas dijadikan sebagai pendamping saat sedang berkumpul dengan kerabat, mengerjakan tugas, diminum saat cuaca dingin, dan masih banyak lagi.

Rasanya yang pekat memang mampu memanjakan lidah para penikmatnya. Tahukah kamu kalau Indonesia jadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia? Ada banyak jenis kopi tersebar di seluruh Nusantara dengan cita rasa yang sangat khas dari masing-masing kota penghasilnya. Bagi kamu para pecinta kopi tentu penasaran kan dengan jenis kopi asli Indonesia tersebut? Yuk, langsung aja kita intip di bawah ini.

Kopi Luwak

kopi luwak
Sumber Foto: Indoneo.com

Jenis kopi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kalian bukan? Kopi Luwak memang jadi salah satu jenis kopi asli Indonesia yang sudah mendunia dan disebut-sebut berasal dari kotoran hewan luwak. Padahal faktanya, biji kopi yang dihasilkan bukan lah murni kotoran luwak, melainkan dipilih kembali mana yang merupakan kotoran dan biji kopi asli yang dicerna oleh luwak tersebut. Luwak sendiri dipercaya memiliki insting yang sangat tajam mengenai pemilihan biji kopi yang baik. Maka tak heran jika kopi yang dihasilkan luwak berbeda dengan biji kopi yang dipilih oleh manusia atau mesin sekalipun.  Luwak sendiri hanya dapat menyantap dua jenis biji kopi, yaitu robusta dan arabica.

Kopi Toraja

kopi-toraja
Sumber Foto: Ghoracoffee.com

Sesuai dengan namanya, jenis kopi yang satu ini berasal dari Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Tana Toraja. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuatnya sangat pas untuk pengembangan budidaya kopi sehingga mampu menghasilkan kopi berkualitas. Kopi Toraja yang kerap disebut juga dengan Queen Of Coffee ini memiliki cita rasa yang unik karena dipadu dengan rasa pahit dan asam, plus aroma herbal menenangkan yang jarang ditemukan di jenis kopi lainnya.

Kopi Wamena

kopi-papua
Sumber Foto: Antarafoto.com

Kopi yang satu ini juga tidak kalah nikmat dan masuk daftar kopi salah satu kopi asli Indonesia yang layak kamu coba. Kopi Wamena berasal dari Indonesia bagian timur, yakni Jayapura dengan tumbuh di atas dataran tinggi sekitar 1800 meter di atas permukaan laut. Ada 2 daerah penghasil kopi Wamena, yaitu Lembah Baliem di dataran tinggi Jaya Wijaya dan Lembah Kamu di daaerah Nabire. Kopi tersebut ditanam secara alami dan tanpa pupuk kimia sedikitpun, sehingga mampu menghasilkan kualitas kopi yang sempurna dengan tekstur yang ringan, minim ampas, serta aromanya yang harum.  

Kopi Sidikalang

kopi-sidikalang
Sumber Foto: Health.liputan6.com

Jenis kopi yang satu ini datang dari Sumatera Utara, tepatnya di daerah Sidikalang, ibukota dari Kabupaten Dairi yang merupakan daerah pegunungan sejuk. Ciri khas Kopi Sidikalang sendiri diperoleh dari kombinasi hawa dingin dan jenis tanah di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Kopi Sidikalang ini memiliki tekstur yang sangat halus, namun rasanya paling berat. Kenikmatan rasanya yang khas membuat kopi ini mampu bersaing dengan kopi dari Brazil yang juga disebut sebagai salah satu kopi terbaik di dunia.

Kopi Gayo

kopi-gayo
Sumber Foto: Travel.kompas.com

Dataran tinggi Gayo di Aceh sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu penghasil kopi berkualitas di Indonesia, yaitu Kopi Gayo. Jenis kopi yang satu ini termasuk juga yang paling digemari oleh pecinta kopi di Indonesia hingga ke seluruh dunia. Bagi kamu yang tidak suka dengan rasa pahit, bisa mencoba kopi yang satu ini karena berbeda dengan kopi lain yang biasa didominasi rasa pahit, Kopi Gayo memiliki rasa yang gurih seperti Blue Mountain yang berasal dari Jamaika. Selain rasanya yang berbeda, kopi ini juga sudah disertifikasi oleh Organisasi Fair Trade Internasional.

Kopi Kintamani

kopi kintamani
Sumber Foto: Vilondo.com

Kopi yang datang dari Bali ini juga tidak kalah menggugah selera para penikmat kopi. Ditanam di atas ketinggian 900 mdpl dengan jenis tanah entisel dan inceptisol, membuat kopi yang dihasilkan sangatlah khas. Berbeda dengan kopi lainnya, Kopi Kintamani memiliki aroma citrus dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga membuatnya diminati pecinta kopi internasional.

Kopi Jawa

kopi-jawa
Sumber Foto: Java-nation.com

Mau mencicipi kopi dengan aroma khas dari rempah-rempah? Kamu bisa langsung mencoba Kopi Jawa yang punya karakteristik berbeda. Meskipun cita rasanya tidak sekuat kopi Indonesia yang lain, namun aroma rempah yang dihasilkan Kopi Jawa membuatnya sangat pas untuk para penikmat kopi yang ringan.

Itu dia beberapa deretan kopi asli Indonesia yang mampu memanjakan lidah para penikmat kopi, baik dari dalam hingga ke luar negeri Indonesia.

THEAUTHOR

Tokopedia

Tokopedia has written 325 Article, See all posts