Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kurniawan Sanjaya: Bandung Lautan Tas

15 December 2021
Share
Kurniawan Sanjaya: Bandung Lautan Tas

Mendengar kata “Bandung”, tentu pikiran kita langsung tertuju pada tiga hal utama; kuliner, mode, dan seni. Ya, kota Bandung memang menyimpan sejuta keunikan citarasa, gaya, dan imajinasi tak terbatas para penghuninya. Tak heran dengan sejumlah pesona tersebut kota yang dijuluki sebagai “Parijs Van Java” itu mampu menyihir masyarakat luas, dan hal ini terbukti dari padatnya kota kecil tersebut oleh para pengunjung dari seluruh penjuru Nusantara pada akhir pekan dan hari libur nasional.

salah satu ikon modern Bandung masakini

Kali ini Tokopedia memberikan kesempatan kepada Anda untuk ‘mengunjungi’ sejenak kota Bandung, dengan menghadirkan Kurniawan Sanjaya, salah seorang pedagang online sukses di Tokopedia yang berasal dari kota kembang tersebut, dengan tokonya Istana Tas yang menyediakan berbagai jenis tas buatan lokal Bumi Parahyangan.

Menurut penuturan pria yang berprofesi sebagai auditor ini, seiring dengan perkembangan industri rumahan tas di kota Bandung yang sangat pesat, kehadiran sarana jual-beli online sangatlah membantu pemasaran produk-produk yang dihasilkan, terutama bagi industri yang baru memulai dan memiliki modal yang sangat terbatas.

Lalu apakah tantangan terbesar yang kerap dialami industri ini, dan bagaimana pengaruh sarana online seperti Tokopedia dalam membantu mengembangkan produk-produk yang ada? Seperti biasa, jawabannya dapat ditemukan di bawah ini.

Kurniawan Sanjaya, pemilik Istana Tas

Bandung terkenal dengan buatan tas dan sepatunya. Apakah produk-produk Anda termasuk buatan lokal tersebut?
Betul. Tas kami adalah murni buatan lokal dalam negeri. Made in kota Bandung tentunya. Semuanya saya dapatkan dari beberapa supplier lokal yang memproduksi langsung, dan tentunya dipilih secara selektif agar kualitas produk terjaga dan harganya juga tetap bersaing. Untuk ke depannya saya juga berencana untuk memproduksi sendiri.

Apa produk yang saat ini paling digemari atau sedang menjadi tren?
Tas Sepatu Futsal Multifungsi SPORT. Produk ini bentuknya inovatif, menarik, simple, dan menjadi favorit para penggemar olah raga futsal.

Apa pendapat Anda mengenai perkembangan industri mode, terutama aksesoris macam tas di kota Bandung?
Industri mode tentunya akan selalu berkembang sesuai tren yang ada. Di kota Bandung sendiri bahan baku tas dan sepatu beserta sumber daya manusianya sangat mudah ditemukan, sehingga industri kecil di sini pun dapat berkembang dengan sangat pesat, dan tentunya bersaing dengan produk luar. Apabila kreativitas dalam menghasilkan motif dan model yang bagus terus diasah, produk dalam negeri pun akan semakin dicintai.

Apakah sarana situs belanja online seperti Tokopedia dapat membantu mendukung industri tersebut?
Tentu sangat membantu, terutama untuk industri yang baru saja mulai dengan modal terbatas. Hanya dengan mempromosikan secara online, produk-produknya dapat dengan mudah dikenal luas.

Bisa diceritakan awal mula ketertarikan Anda pada bisnis online yang saat ini dijalani?
Awalnya hanya sekedar melihat-lihat. Namun kemudian saya tertarik untuk menggunakan internet sebagai sarana, karena tidak memerlukan lokasi dan biaya dan dapat diakses banyak orang dari belahan dunia mana pun dan kapan saja.

Bagaimana Anda mengenal Tokopedia?
Saya mengenal tokopedia dari sebuah buku.

Apa kelebihan Tokopedia menurut Anda?
Tokopedia memberikan solusi terbaik bagi penjual maupun pembeli dalam hal keamanan bertransaksi. Selain itu adanya fasilitas review untuk pembeli dapat menjadi masukan bagi penjual. Tampilan keseluruhannya juga menarik, rapi, dan tidak rumit.

Apakah bisnis online yang Anda jalani saat ini sesuai dengan hobi?
Sebetulnya tidak. Namun ketika saya mencoba dan ternyata cukup membuahkan hasil, saya langsung tertarik untuk belajar dan kemudian menjadikan hal ini sebagai hobi.

Apa yang kemudian membuat Anda tertarik pada produk-produk yang ada?
Saya tertarik pada berbagai variasi model, fungsi, warna, dan seni tas yang bisa dikombinasikan dengan kebutuhan dan kesukaan konsumen.

Lalu kegiatan apa yang biasa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang?
Berolahraga, jalan-jalan, membaca buku, dan berinternet ria.

Apa kendala terbesar Anda pada saat berjualan online? Bagaimana solusinya?
Ketidakpuasan pembeli pada kualitas produk yang diterima. Solusinya adalah, lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih supplier, serta lebih teliti dalam melakukan pengecekan terhadap kualitas dan kelengkapan produk.

Terakhir, adakah tips tertentu untuk sesama penjual online?
Jalanilah dengan semangat. Teruslah menjaga kualitas dan kepercayaan dengan menerima masukan dari pembeli secara positif. Selain itu sering melakukan Dink It untuk mengenalkan produk kita.

Kurniawan Sanjaya adalah pemilik toko online Istana Tas yang menjual berbagai koleksi tas buatan lokal Bandung.

TAGS
    Share
    TokopediaTokopedia

    Related Articles

    Clouwny: Di Balik Cerita Outfit Kece dan Terjangkau untuk Anak Muda
    Behind The Scene
    Clouwny: Di Balik Cerita Outfit Kece dan Terjangkau untuk Anak Muda
    © 2009-2023, PT Tokopedia