• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

14 Lagu Bertema Perpisahan, Cocok Diputar Saat Perpisahan Sekolah

15 January 2024

Share

14 Lagu Bertema Perpisahan, Cocok Diputar Saat Perpisahan Sekolah

Buat momen perpisahan bersama sahabat semakin berkesan dengan memutar lagu-lagu perpisahan sekolah terbaik. Simak daftarnya di sini.


Toppers tentunya tidak asing dengan kalimat “Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan”. Dalam hidup kita, pertemuan dengan teman-teman sekolah yang mengisi hari-hari kita terasa seperti memori yang membahagiakan. Tapi, pada akhirnya, kita akan berpisah dan pergi ke jalan masing-masing yang akan kita tempuh.

Kelulusan sekolah menjadi ajang untuk mengenang semua kenangan saat di sekolah. Semua kenangan bahagia dan sedih akan berkumpul menjadi satu. Kesedihan mungkin tidak akan terhindarkan. Maka dari itu, kita bisa merayakan perpisahan ini melalui lagu bertema perpisahan untuk dinyanyikan bersama teman-teman.

Untuk Toppers yang akan berpisah dengan teman sekolah, jangan sedih, ya! Yuk simak daftar lagu bertema perpisahan untuk membuat perpisahan semakin berkesan.

promo tws, earphone, speaker

Jangan sampai kelewatan, klik gambar dan dapatkan diskon produk audio dari TWS sampai speaker!

Baca Juga: Lirik Lagu 17 - Tulus dan Fakta Menarik Seputar Lagu Ini

Daftar Lagu Perpisahan Sekolah

Menyanyikan lagu bertema perpisahan bersama-sama saat acara perpisahan sekolah dapat menjadi momen paling seru dan menyenangkan. Meskipun perpisahan terasa menyedihkan, kita bisa mengenang semua memori tersebut dan mengingatnya sebagai kenangan bahagia. Ini dia rekomendasi lagu perpisahan sekolah untuk dinyanyikan bersama:

1. TULUS – Tujuh Belas

Lagu Tujuh Belas yang dinyanyikan oleh TULUS mengajak kita untuk mengenang masa-masa di saat sekolah, mulai dari mata pelajaran yang kita benci hingga kebebasan yang dirasakan. 

Angka tujuh belas sering menjadi patokan menuju kedewasaan. Namun, masa sekolah ketika kita melalui umur tujuh belas itu menjadi masa ketika kita berani bertindak dan melakukan apapun yang kita suka.

Nah, lagu Tujuh Belas dari TULUS sangat cocok untuk dinyanyikan saat perpisahan sekolah. Lagunya yang asyik dengan nada yang semangat membuat kita ikut bahagia saat mengingat masa-masa sekolah.

2. Iwan Fals, Rafika Duri, Betharia Sonatha, Chrisye DKK – Kemesraan

Lagu jadul tahun 90-an juga bisa menjadi lagu perpisahan sekolah, lho. Apalagi kalau lagu yang melegenda seperti lagu Kemesraan. Dinyanyikan oleh Iwan Fals, Rafika Duri, Betharia Sonatha, Chrisye, dan kawan-kawan, lagu Kemesraan dijamin bikin kamu dan teman-teman mengenang masa-masa berarti dari awal hingga perpisahan ini.

Tidak hanya Toppers dan teman-teman, guru-guru juga bisa ikut bernostalgia setelah mendengar lagu ini, lho. Maka dari itu, lagu Kemesraan dapat menjadi lagu yang seru untuk dinyanyikan saat perpisahan sekolah yang menjangkau para siswa dan juga guru yang akan berpisah dengan murid-muridnya.

3. Nidji - Arti Sahabat

Semua pasti kenal dengan grup musik asal Jakarta ini. Lagu-lagu yang dihasilkan oleh band Nidji memiliki makna yang cukup beragam. Salah satunya yang cocok untuk perpisahan adalah Arti Sahabat.

Dalam sebuah perpisahan, kamu tidak harus mendengarkan lagu-lagu yang sedih. Lagu ini memiliki melodi yang ceria dan cocok untuk membuat suasana perpisahan lebih asik bersama teman-teman.

4. Bruno Mars - Count on Me

Teman merupakan seseorang yang selalu ada untuk menghiburmu, membuatmu tertawa, dan mengerti kamu ketika kamu sedang sedih. Ketika waktunya datang untuk berpisah, seharusnya jarak tidak bisa memisahkan sebuah persahabatan.

Lagu Count on Me dari Bruno Mars ini menunjukkan bahwa persahabatan tidak berhenti saat kamu lulus sekolah. Liriknya yang manis berkata bahwa seorang sahabat yang baik akan datang di saat kamu membutuhkannya.

5. Tulus – Monokrom

Beberapa tahun terakhir, Tulus masuk kedalam jejeran musisi Indonesia yang banyak dinikmati oleh masyarakat tanah air. Suara yang lembut dengan musik yang mudah diingat, tak heran jika musisi satu cukup menarik perhatian.

Selain itu, lirik di setiap lagunya memiliki arti yang cukup mendalam. Lagu Monokrom cocok untuk lagu perpisahan sekolah. Lagu ini memiliki nada yang mudah dinyanyikan serta lirik tentang ucapan terima kasih atas kehadiran orang-orang terdekatnya.

Seperti penggalan liriknya berikut ini, “Di manapun kalian berada. Kukirimkan terima kasih, untuk warna dalam hidupku dan banyak kenangan indah. Kau melukis aku.”

Baca Juga: Lirik Lagu Hati-Hati di Jalan - Tulus

6. Sheila On 7 – Sebuah Kisah Klasik

Wah, siapa yang tidak tahu dengan lagu lengendaris satu ini? Lagu dari Sheila On 7 satu ini sudah cukup sering digunakan sebagai lagu perpisahan sahabat.

Dengan nada-nada yang dimiliki lagu ini akan membuat momen perpisahan sekolah kamu semakin penuh haru. Belum lagi dengan liriknya yang akan membuat banjir air mata. “Sampai jumpa kawanku. Semoga kita selalu menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan.”

7. Project Pop – Ingatlah Hari Ini

Kalau bicara grup satu ini, pasti sudah tidak heran dengan lagu-lagunya yang penuh semangat dan liriknya yang kocak. Lagu ini satu bercerita tentang momen perpisahan yang tidak mau disia-siakan.

Alih-alih menggunakan lirik serius yang menyayat hati, mereka justru lebih memilih menggunakan diksi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. “Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing, ingatlah hari ini“, suasana sedih karena perpisahan jadi lebih tidak terasa berkat nada-nada bahagia dari lagu tersebut.

8. Bondan Prakoso & Fade 2 Black – Kita Selamanya

Lagu yang di rilis pada tahun 2010 ini masih menjadi pilihan favorit sebagai lagu perpisahan sekolah. Dengan nada-nada santai yang dibawakan lagu ini, membuat suasana perpisahan semakin terasa haru. Rasanya semakin enggan untuk melepas kepergian teman-teman terdekat. Namun, lagu ini mengingatkan bahwa ini bukan akhir segalanya, melainkan hanya sebuah permulaan di babak baru.

“Bergegaslah kawan sambut masa depan. Tetap berpegang tangan, saling berpelukan. Berikan senyuman ‘tuk sebuah perpisahan. Kenanglah sahabat, kita untuk selamanya.”

9. Peterpan – Semua Tentang Kita

Kebangetan kalau nggak tahu lagu satu ini? ‘Semua Tentang Kita’ adalah lagu perpisahan yang cukup sering digunakan karena dianggap memiliki lirik dengan arti yang mendalam. Lagu ini menceritakan tentang momen tempo dulu saat masih bersama. Saat mendengarnya, otomatis akan membawa kamu akan kenangan lama bersama teman, sahabat, bahkan kekasih saat masih sekolah.

Baca Juga: Deretan Lagu Barat Romantis yang Enak Didengar & Makna liriknya

10. Wiz Khalifa feat Charlie Puth – See You Again

Perpisahan sekolah ada momen terakhir kita bersama teman-teman, untuk melanjutkan hidup masing-masing. Namun, awal baru bukan menjadi alasan untuk melupakan semua kenangan bersama.

Lagu satu ini bisa mewakilan perasaanmu saat perpisahan sekolah. Nada dan liriknya yang begitu emosional bisa menggambarkan bahwa perpisahan ini bukan berarti kita berpisah selamanya, suatu saat nanti pasti bertemu lagi.

11. Slank – Terlalu Manis

Lagu Slank yang satu ini memang bisa dibilang tak pernah absen dibawakan di mana pun, tertutama di acara perpisahan sekolah. Meski begitu, kekuatan dari lagu ini tidak sedikit pun memudar.

Saat mendengarkan lagu ini, secara langsung akan membuat kamu mengenang kisah-kisah yang telah lama berlalu. Semua orang juga pasti akan ikut bernyanyi sepenuh hati saat tiba di bagian reff.

12. One Direction – History

Pasti kamu sudah kenal dengan boyband asal Inggris-Irlandia ini. Di samping para anggotanya yang cukup banyak menarik perhatian, ternyata lagu-lagu dari One Direction juga tak kalah bagus, lho.

Salah satunya adalah lagu yang dikhususkan untuk Zayn Malik yang sudah keluar dari grup, yakni ‘History’. Lagu ini memiliki makna persahabatan yang bisa membuat kamu teringat dengan perjalanan sejarahmu bersama sahabat terdekat semasa sekolah.

13. Mocca – I Remember

Semenjak jadi soundtrack film “Catatan Akhir Sekolah” pada tahun 2005, lagu ini masuk ke dalam jajaran lagu yang wajib dimainkan di acara perpisahan sekolah. Bahkan, Mocca sendiri pernah bilang kalau lagi ini menjadi salah satu lagu yang paling banyak diminta saat pensi atau porm night, lho. Tertarik mencobanya?

“All the things that we shared, and the promise we made, just you and I. I remember, all the laughter we shared, all the wishes we made, upon the roof at dawn.”

14. JKT48 – So Long

Berbeda dengan lagu ceria khas idol grup, lagu dari JKT48 ini cukup pas untuk momen sedih saat akan berpisah dengan teman-teman. Lagu ini meminta kamu untuk terus mengingat kenangan bersama teman atau sahabt terdekat sampai kapan pun.

Di bagian akhir, kamu dan sahabat harus sama-sama berjanji untuk bertemu lagi di hari pernikahan. Menariknya lagi, lagu ‘So Long’ ini hadir dalam dua versi bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

15. Marvin Gaye – Ain't No Mountain High Enough

Perpisahan bukan berarti harus diiringi lagu yang slow saja, Toppers! Lagu Ain't No Mountain High Enough ini punya irama yang semangat dan lirik yang bermakna. Di lagu ini, Marvin Gaye menyatakan bahwa tidak ada gunung yang cukup tinggi, lembah yang cukup dalam, dan sungai yang cukup lebar untuk menghalangi dirinya menghampiri orang yang disayangi.

Di salah satu penggalan liriknya, Marvin Gaye juga bercerita bahkan jika terpisah jauh, akan tetap datang kalau yang tersayang butuh!

Baca Juga: Deretan Lagu Barat dan Indonesia Terbaik tentang Persahabatan

Setelah mendengarkan lagu-lagu perpisahan di atas, kira-kira lagu apa yang akan Toppers nyanyikan di perpisahan sekolah? Dengan menyanyikan salah satu lagu perpisahan di atas, perpisahan tidak lagi terasa menyedihkan.

Nah, Toppers, supaya kamu bisa dengerin lagu kesukaan kamu sepuasnya, yuk berlangganan Spotify Premium, JOOX, dan iTunes di Tokopedia sekarang juga! Belanja di aplikasi Tokopedia sekarang lebih hemat dengan mengikuti promo 4.4 yang menawarkan banyak diskon dan cashback spesial untuk pengguna Tokopedia. 

Yuk, buka aplikasi Tokopedia sekarang juga!

Penulis: Cindy Krisania, Keefe Adrian, Muftia Parasati. 

© 2009-2024, PT Tokopedia