Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

23 Lagu Religi Islam Terbaik dan Terbaru di Tahun 2022

13 June 2022
Share
23 Lagu Religi Islam Terbaik dan Terbaru di Tahun 2022

Untuk temani aktivitas di bulan ramadan, di bawah ini daftar lagu Islam terbaru di tahun 2022. Cek artikel berikut!


Tidak terasa Ramadan telah tiba. Bulan suci umat Muslim ini memang sangat dinantikan karena merupakan momen penting untuk beribadah. Biasanya saat bulan puasa tiba, segala hal yang berhubungan dengan religi Islam menjadi tren.

Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh para pemusik dan pencipta lagu untuk merilis lagu-lagu religi. Maklum, jika ditemani alunan lagu religi, nuansa ramadan jadi semakin kental. 

Nah, untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi lagu-lagu religi untuk menemani puasa ramadhan di tahun 2022, berikut ini kompilasi lagu religi terbaik dan terbaru yang wajib ada di playlist-mu, Toppers. Yuk, kita simak daftar selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: 14 Lagu Wedding Romantis untuk Momen Pernikahan yang Manis

Daftar Lagu Religi Islam Terbaik

Tidak hanya didengarkan saat Ramadan, kamu bisa memutar lagu ini di sore hari atau malam setelah Isya supaya hari-harimu makin syahdu. Berikut lagunya:

1. Dengan NafasMu - Ungu, Selfi Yamma LIDA, Rara LIDA

Lagu religi Dengan Nafasmu dari grup band Ungu masih sering eksis terdengar dikala hari-hari besar agama Islam di Indonesia.

Lagu Dengan Nafasmu ini menceritakan tentang seseorang yang ingin bertaubat ke pada Allah setelah banyak sekali berbuat kesalahan di masa lalu.

Pada tahun 2022, lagu yang pertama kali rilis tahun 2012 ini dirilis kembali di channel Youtube 3D Entertainment.

2. Engkau Tak Sendiri - Opick feat Reza Artamevia

Opick menggandeng Reza Artamevia untuk lagu baru. Lagu ‘Engkau Tak Sendiri’ dipublikasikan pada 1 April 2022 melalui kanal YouTube FORTE RECORDS. Lirik lagu tersebut diciptakan oleh Opick.

Lagu "Engkau Tak Sendiri" berisi tentang pengingat bagi manusia bahwa mereka tidak sendiri. Selalu ada Tuhan yang mengiringi setiap langkah umatnya.

3. Para Pencari-Mu New Version - Ungu

Lagu Para Pencari-Mu (New Version) yang dibawakan oleh grup band Ungu adalah salah satu soundtrack sinetron Ramadhan Para Pencari Tuhan (PPT) Jilid 15 tahun 2022 ini.

Sebelumnya, lagu ini juga digunakan sebagai soundtrack dari sinetron PPT Jilid 1, PPT Jilid 9 dan PPT Jilid 11. Para Pencari-Mu adalah salah satu tembang yang terdapat dalam album religi kedua band UNGU, rilis tahun 2007 lalu.

Sedikit berbeda, untuk tahun ini UNGU menghadirkan kembali versi yang baru sehingga lagu tersebut makin fresh dan menarik didengarkan.

4. Ana Ana -Sabyan

Jelang Ramadan, grup musik Sabyan merilis single terbaru berjudul 'Ana Ana'. Lagu 'Ana Ana' liriknya diambil dari salawat yang menggambarkan tentang kecintaan, keagungan dan kebesaran Rasulullah SAW yang sangat mendalam.

Ana-ana dari Sabyan merupakan salah satu lagi dari album Sabyan yang bertajuk ‘Kekasih Terbaik’. Supaya bulan Ramadanmu semakin syahdu, kamu bisa mendengarkan lagu ini sembari menunggu waktu berbuka puasa.

5. Bimaulidil Hadi - Sabyan

'Bimaulidil Hadi' merupakan lagu dari album 'Kekasih Terbaik' dari Sabyan uga. Lagu yang baru rilis awal Maret 2022 ini menceritakan tentang keagungan atas kelahiran Nabi yang membawa cahaya di dunia.

Kamu tidak hanya bisa mendengarkan murotal saja di bulan Ramadan, dengan mendengarkan lagu religi seperti ini tentu juga akan membuat hari-harimu semakin berkah di bulan suci Ramadan.

6. Ramadan Gana - Maher Zain

Lagu Ramadan Gana dari Maher Zain ini menceritakan tentang umat muslim yang bahagia ketika menyambut datangnya bulan suci yang penuh ampunan dan pahala yaitu bulan Ramadan.

Aransemen musiknya sangat apik dan syahdu, cocok didengarkan saat berbuka puasa bersama keluarga.

7. Bismillah Cinta – Ungu

Pada ramadhan tahun 2021, band Ungu kembali menyemarakkan blantika musik religi Indonesia dengan merilis single terbaru berjudul Bismillah Cinta.

Di lagu yang bertema ramadhan, pandemi dan cinta jarak jauh ini, Pasha dkk menggandeng penyanyi dangdut Listi Kejora untuk mengisi vokal.

Bismillah cinta merupakan lagu religi yang ringan dan mudah dimengerti. Pesan yang disampaikan sederhana dan nuanasa religi serta ramadhannya dibuat dengan sangat kental.

Baca Juga: Rekomendasi Film tentang Islam yang Mendunia

8. Semesta Bersalawat – Cici Paramida & Siti KDI

Dua bersaudara yang juga dikenal sebagai penyanyi dangdut, Cici Paramida dan Siti KDI juga ikut merilis lagu religi khusus untuk merayakan ramadhan tahun 2021.

Melalui lagu yang diberi judul Semesta Bersalawat. Melalui lagu ini, keduanya mengajak umat muslim Indonesia untuk sama sama mengagungkan Nabi Muhammad SAW.

9. Syakir Daulay – Khodijah Istri Nabi

Pemain sinetron dan penyanyi Syakir Daulay juga ikut meramaikan lagu-lagu ramadhan dengan meluncurkan lagu berjudul Khodijah Istri Nabi.

Lagu ini merupakan lanjutan dari lagu Syakir sebelumnya, Aisyah Istri Rasullulah, yang sukses meraih perhatian pendengar musik religi tanah air ketika rilis tahun 2020 lalu.

10. Li Khamsatun: Antara Azab dan Ujian – Anisa Rahman

Lagu religi berikutnya dibawakan oleh Anisa Rahman atau yang lebih dikenal dengan nama Anisa Sabyan. Syair lagu religi Islam yang rilis menjelang Ramadan tahun 2020 ini bercerita tentang pandemi corona yang melanda dunia.

Melalui lagu ini, pendengar diajak untuk selalu mengandalkan Tuhan Yang Maha Esa dan mematuhi seluruh panduan kesehatan yang dianjurkan tenaga medis dan pemerintah.

11. Bulan Dirindu -Syauqi Ma-ruf Amin ft Charly Van Houten

Lagu religi terbaru selanjutnya dinyanyikan oleh mantan vokalis ST 12, Charly Van Houten. Pada single ini, Charly berduet dengan putra Wakil Presiden Indonesia Ma-ruf Amin bernama Syauqi.

Sementara Charly menggarap aransemen musiknya, Syauqi menggarap lirik dari lagu yang rilis beberapa hari menjelang Ramadhan 2020 ini.

12. Aisyah Istri Rasulullah – Siti Nurhaliza

Beberapa hari terakhir menjelang Ramadhan 2020, lagu Aisyah Istri Rasulullah menjadi trending. Berbagai musisi baik dalam dan luar negeri pun memanfaatkan kesempatan untuk ikut mengcover lagu religi Islam ini.

Salah satu penyanyi yang ikut mengcover lagu ini adalah diva asal negeri jiran, Siti Nurhaliza. Suara penyanyi cantik satu ini memang sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. tidak ada salahnya, sambil berpuasa Ramadhan kamu mendengarkan lagu versi Siti Nurhaliza ini, Toppers.

13. Ampuni Dosaku – Inka Christie

Salah satu lady rocker legendaris Indonesia, Inka Christie pun tak ketinggalan merilis lagu religi terbaru pada tahun 2020.

Lagu yang sudah bisa dinikmati melalui berbagai platform musik digital ini menawarkan lagu religi dengan sentuhan musik yang pelan dan enak untuk didengarkan sambil menunggu berbuka puasa.

14. Tombo Ati – Opick

Kamu pasti sering banget kan denger lagu ini, terutama saat bulan puasa. Tombo Ati memang jadi lagu religi Islam yang wajib ada saat ramadhan. Dengan nada yang mendayu dan lirik yang mudah dihapal, lagu religi yang rilis pada tahun 2005 ini memang mampu membuat hati tenang dan damai.

Karena lagu ini, nama Opick sebagai penyanyi lagu-lagu religi Islam semakin melambung di tanah air.

headphone bluetooth

Dapatkan rekomendasi headphone bluetooth terbaik dengan harga terjangkau hanya di Tokopedia.

15. Mohon Ampun – Gigi

Lagu religi terbaik selanjutnya adalah Mohon Ampun yang dibawakan oleh band terkenal asal Bandung, Gigi.

Lagu ini bercerita tentang hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa namun dikemas dengan musik yang sangat enak untuk didengar. Bulan puasa jadi semakin syahdu jika mendengar lagu satu ini.

16. Salam Alaikum – Harris J

Musik religi yang satu ini sedikit berbeda dengan musik religi biasanya. Beberapa tahun silam, Harris J, seorang penyanyi muda asal Inggris, sukses menyedot perhatian pecinta lagu religi Indonesia dengan lagunya yang bertajuk Salam Alaikum.

Yang membuat lagu ini berbeda adalah aransemen musiknya yang dikemas secara modern ala lagu Justin Bieber.

17. Insha Allah – Maher Zein

Nah, kalau lagu yang satu ini pasti udah tidak asing lagi di telinga kamu, Toppers. Lagu yang dibawakan Maher Zain, musisi berdarah Libanon ini, memang sangat menyentuh hati para pendengarnya. 

Lagu yang dirilis pada tahun 2010 ini dibuat menjadi 4 versi, yakni bahasa Inggris, Arab, Perancis, dan Turki. Selain itu, ada juga versi Melayu yang menampilkan Fadly, mantan personil Padi. Pada versi ini Fadly menyanyikan sebagian lirik dengan bahasa Indonesia.

18. KuasaMu – Bunga Citra Lestari

Sebenarnya lagu ini adalah soundtrack sinetron Catatan Hati Seorang Istri yang tayang pada tahun 2014 silam. Lagu yang bercerita tentang rasa cinta dan syukur kepada Sang Pencipta ini, sangat mengena ketika didengarkan saat puasa ramadhan.

Inti pesan dalam lagu ini juga cukup bermakna yakni kita harus selalu bersyukur menjalani hidup, apapun keadaannya.

Baca Juga: 10 Ide Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Praktis

19. Andai Ku Tahu – Ungu

Grup band Ungu memang dikenal aktif memproduksi lagu-l6gu religi Islam. Hebatnya lagi, hampir semua lagu religinya menjadi hits di bulan Ramadhan, tidak terkecuali lagu Andai Ku Tahu yang dirilis pada tahun 2006.

Suara khas sang vokalis, Pasha Ungu, memang cocok dengan musiknya dan bikin kita untuk terus ingin mendengarkannya.

20. Kumohon – Afgan

Siapa yang tidak kenal Afgan? Suara merdu dan penampilan yang keren merupakan perpaduan maut bagi seorang bintang pop.

Tapi Afgan juga pernah lho merilis lagu-lagu religi islam, lho. Salah satu lagu yang cukup meledak saat dibawakan Afgan adalah lagu berjudul Ku Mohon yang pernah dinyanyikan oleh Diva Malaysia, Sheila Majid pada tahun 1999.

21. Ramadhan Datang – Tompi

Kalau lagu yang satu ini memang selalu menjadi langganan dan bisa dibilang jadi ikon bulan Ramadhan. Meski sudah bertahun-tahun sejak rilis perdana, lagu yang dinyanyikan oleh Tompi ini masih sering diputar sampai sekarang.

Lirik yang sederhana dan musik yang riang memang cocok didengarkan saat kita merayakan Ramadan dan Lebaran.

22. Salam Ramadhan – Haddad Alwi ft. Gita Gutawa

Bicara soal lagu religi, tentu kita tidak boleh melewatkan penyanyi religi yang satu ini. Yap, Haddad Alwi selalu berhasil mengeluarkan single religi yang laku di pasaran.

Di salah satu lagu hitsnya ini, Haddad Alwi menggaet Gita Gutawa sebagai rekan duetnya. Harmonisasi kedua penyanyi ini membuat lagu Salam Ramadhan semakin apik.

23. Ramadhan yang Indah – Seventeen

Selain untuk menahan hawa nafsu dan amarah, ibadah puasa juga ditujukan untuk menyucikan hati dan menjalani masa pertobatan. Pesan ini juga turut menjadi tema lagu religi besutan band Seventeen yang berjudul “Ramadhan Indah”.

Meski Seventeen berada di genre musik pop, band yang digawangi oleh Ivan ini juga tak mau ketinggalan menyemarakkan nuansa Ramadhan lewat lagu ini.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis-jenis Zakat bagi Umat Muslim!

Itu dia daftar lagu religi terbaik dan terbaru yang pas untuk didengarkan selama menjalani bulan puasa. Lagu mana nih yang jadi favorit Toppers? Nah, agar pengalaman mendengarkan musik menjadi semakin berkualitas, kamu bisa melengkapi diri dengan headphone maupun speaker bluetooth terbaru di Tokopedia.

Dapatkan juga berbagai promo Ramadhan yang pastinya menarik dan sayang untuk kamu lewatkan.

Penulis: Rizfa

TAGS
Share
Rizfa Putri KhainayyaRizfa Putri Khainayya

Related Articles

Lirik Lagu Dreamers - Jungkook ft. Fahad, Lagu Piala Dunia yang Puncaki Billboard!
Entertainment
Lirik Lagu Dreamers - Jungkook ft. Fahad, Lagu Piala Dunia yang Puncaki Billboard!
Editor Picks
Cara Nonton Piala Dunia & Jadwal Minggu Ini: Seleksi ke 16 Besar Ketat!
Cara Nonton Piala Dunia & Jadwal Minggu Ini: Seleksi ke 16 Besar Ketat!
Popular Category
© 2009-2022, PT Tokopedia