10 Mainan Jadul yang cuma Diketahui Generasi 90-an

2070
Mainan Jadul

Mainan Era 90-an – Masa kecil memang masa gemilang bagi mereka yang lahir di era 90an. Masa kecil yang diwarnai kebersamaan dan mainan kreatif nan ikonik pasti masih terngiang-ngiang hingga tumbuh dewasa. Apalagi, di era 90-an teknologi belum secanggih sekarang sehingga video game dan game konsol lebih banyak menjadi media hiburan anak-anak.

Apa saja mainan jadul era 90-an yang dulu sempat hits? Yuk, nostalgia dengan 10 mainan unik khas 90-an ini!

Mainan Hits Era 90-an

Tamagotchi

tamagotchi

“Udah kasih makan Tamagotchi, belum?” celotehan semacam itulah yang membuat banyak anak 90-an tersentak kaget. Intinya, mainan jadul Tamagotchi adalah semacam peliharaan virtual yang tiap hari harus diajak main, diberi makan, layaknya peliharaan beneran. Kalau sampai lupa, wah, siap-siap peliharaanmu ‘lenyap’ dari layar Tamagotchi!

Baju-bajuan alias Barbie kertas

Mainan Jadul era 90-anSumber gambar: Bintang

Buat anak-anak gadis yang gak punya boneka Barbie, alternatif yang gak kalah serunya adalah baju-bajuan kertas. Mainan murmer alias murah meriah ini biasa dijual di luar sekolah (cuma Rp.100,-!) dan secara gak langsung membantu para cewek-cewek belajar mix and match baju dari usia dini.

Slinky

Mainan jadulSumber gambar: bintang.com

Mainan jadul era tahun 90-an selanjutnya adalahSlinky, atau gelang keriting panjang. Mainan jadul ini gemes banget kalau dimainin, apalagi kalau dilepas ke bawah tangga!

Yo-Yo

Yoyo

Siapa yang gak kenal yo-yo? Mainan yang gak hanya populer di era 90an ini super banget, deh. Apalagi kalau dimainkan sama temenmu yang jago, bisa sampai muter-muter! Tapi jangan sampai tali yo-yo kusut atau putus, Toppers, ujung-ujungnya pertemanan renggang!

Balon Tiup

mainan era 90-anSumber gambar: Kaskus

Mainan 90-an favorit banyak bocah ini masih ada hingga hari ini, lho! Balon tiup yang lengket saat dipecahkan ini mewarnai jam-jam pulang sekolah di era 90-an. Paling seru kalau balon ditiup besar-besar lalu ditemplokin ke muka temen! Hehehe.

Tazos

mainan jadulSumber gambar: Change

Jaman dulu, di dalam Chiki aja ada hadiah mainannya. Mainan Tazos ini berbentuk koin dengan rongga-rongga di sampingnya yang bisa disambung-sambungkan sama Tazos lainnya, bisa dibuat jadi gasing jadi-jadian hingga robot-robotan. Pokoknya, Tazos itu versi Indonesia dari Lego, deh!

Kertas binder

mainan jadulSumber gambar: Tokopedia

Kalau jaman SD kamu punya binder tebal berisi kertas bergambar muka artis atau Sailor Moon, kepopuleran kamu pasti udah setara sama selebgram jaman sekarang. Kertas binder ini selain jadi koleksi, jadi bahan pengerat pertemanan juga di era 90an, jadi sistemnya tuker-tukeran gitu, Toppers. Hehehe.

Kacamata 3D

mainan jadulSumber gambar: Tokopedia

Walaupun kacamata 3D belum tersedia di era 90an, anak-anak yang lahir di era tersebut pasti kenal kacamata ini. Dulu, setiap Kamis, tersiar sinetron yang hanya bisa ditonton menggunakan kacamata di atas. Pasti ingat ‘kan betapa takjubnya kita melihat gambar di TV seakan-akan menonjol keluar dari layar?

Congklak

Congklak

Baik cewek atau cowok pasti pernah main congklak dengan tetangganya. Wah, main congklak ibaratnya sudah kayak main catur kelas dunia, sengit banget! Kadang, kalau mau menang, suka diam-diam menjatuhkan lebih dari 1 biji di satu lubang! Hehehe, curang.

Kapal Tek Tek

mainan jadulSumber gambar: obatrindu

Mainan 90-an terakhir di daftar ini, tapi yang pasti sama memorable-nya, adalah kapal ajaib tek tek. Kapal yang terbuat dari karton tebal ini biasanya dipajang abang-abang mainan sedang ‘beraksi’ di sebaskom air. Bagian belakang kapal disulut api dan saat kapal “berlayar”, bunyi tek-tek-tek berkumandang, memanggil anak-anak SD era 90-an untuk mengerumuni si abang mainan yang malang.

Baca juga: Wow! Ini Dia 5 Motor Retro yang Tidak Lekang Oleh Waktu

Wah, kalau ingat-ingat mainan 90-an ini, rasanya pengen balik jadi anak kecil ya, Toppers! Yang bikin kita senyum lepas saat bernostalgia ini mungkin aspek kebersamaan dan kesederhanaan masa kecil kita. Walaupun kini kita sudah dewasa, tetap seru ‘kan mengenang mainan-mainan sableng ini? Yuk, share artikel ini sama teman-temanmu biar nostalgia bareng!

Biar makin nostalgia, Toppers juga bisa ikutan acara musik 90s Festival yang tiketnya bisa dibeli di Tokopedia, lho! Mulai dari musisi 90-an seperti Stinky, Kla Project, Reza Artamevia, dan masih banyak lagi! Dijamin, segala kenangan masa 90-an akan menjadi hangat kembali, seperti baru terjadi kemarin!

tiket 90s Festival

Bagikan Artikel