• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Makanan Khas Jepang Terlezat dan Terpopuler

Share

10 Makanan Khas Jepang Terlezat dan Terpopuler

Jepang merupakan negara yang memiliki beragam kuliner khas lezat nan menggiurkan. Berikut ini makanan khas Jepang yang paling lezat dan populer.


Apakah kamu menyukai budaya Jepang? Jika begitu, tentu rasanya akan kurang lengkap jika kamu belum meng-eksplor makanan khas Jepang.

Negeri sakura memang memiliki berbagai hidangan lezat mulai yang menggunakan ikan, daging, hingga makanan laut sebagai bahan utamanya.

Nah, ingin tahu lebih banyak tentang makanan Jepang? Simak deretan makanan khas Jepang terpopuler yang harus kamu coba di bawah ini.

tokopedia nyam
Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Daftar Makanan dari Jepang

1. Sushi

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Pexels

Di antara banyak makanan khas Jepang, kamu pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini.

Sushi adalah kepalan nasi jepang yang pulen yang dilengkapi dengan berbagai lauk seperti salmon, tobiko, hingga alpukat. Makanan ini biasanya disajikan dengan gari, wasabi, dan kecap asin.

Baca Juga: 22 Restoran Jepang di Jakarta dengan Rating Tertinggi

2. Takoyaki

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Pixabay

Takoyaki adalah makanan ringan atau street food khas Jepang yang paling terkenal di Indonesia. Secara harfiah, takoyaki memiliki arti “gurita panggang”.

Namun, makanan yang satu ini kini memiliki pilihan isi mulai dari cumi, hingga keju. Makanan ini berbentuk bulat dan akan dihidangkan bersama saus, mayones, serta katsuobushi atau serutan ikan cakalang.

3. Okonomiyaki

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Unsplash

Okonomiyaki adalah makanan khas Jepang yang sangat mirip dengan omelet. Makanan ini merupakan adonan terigu yang dilengkapi dengan campuran bahan-bahan lain seperti daging, sayuran, dan seafood. Biasanya okonomiyaki disajikan dengan saus khusus dan mayones agar semakin nikmat.

4. Udon

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Unsplash

Udon adalah mie asal jepang yang memiliki ukuran mie cukup besar. Dilengkapi dengan kuah dashi dan kecap asin, makanan ini akan menggugah selera makanmu!

Namun, seiring berjalannya waktu, udon memiliki banyak inovasi rasa seperti kuah kari dan topping katsu.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Hotel Ternyaman untuk Staycation di Jakarta

5. Sashimi

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Pexels

Sashimi adalah salah satu makanan khas Jepang yang unik karena disajikan segar alias tidak dimasak.

Sajian potongan ikan laut mentah ini membuat beberapa orang enggan mencobanya atau justru semakin penasaran. Sama dengan sushi, makanan ini biasa disajikan dengan kecap asin dan wasabi.

6. Onigiri

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Unsplash

Makanan yang satu ini identik sebagai makanan sarapan yang praktis. Onigiri merupakan nasi kepal yang dibalut dengan nori atau rumput laut di bagian luarnya.

Onigiri memiliki berbagai pilihan isi seperti salmon, daun bawang, atau yang paling menyesuaikan lidah Indonesia adalah tuna mayones. Kini kamu bisa menemukan makanan yang satu ini di beberapa minimarket terdekat.

7. Shabu-Shabu

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Unsplash

Shabu-shabu adalah makanan Jepang yang sempat populer akhir-akhir ini. Shabu-shabu adalah makanan rebusan kaldu yang berisi irisan daging sapi tipis, tahu, hingga berbagai seafood.

8. Ramen

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Pexels

Makanan yang satu ini adalah makanan yang paling sering muncul dalam anime. Ramen merupakan hidangan mie dengan ukuran yang lebih kecil dari udon. Kuah ramen memiliki banyak pilihan rasa mulai dari kaldu ayam, sapi, babi, hingga seafood.

9. Dorayaki

makanan khas jepang
Sumber Gambar: Pixabay

Setelah mendengar nama makanan ini, apakah kamu teringat sesuatu? Yap, betul sekali, ini merupakan makanan favorit Doraemon!

Dorayaki adalah makanan sejenis pancake yang memiliki isian pasta kacang merah. Namun sekarang dorayaki sudah memiliki varian isi lebih banyak seperti keju dan coklat.

10. Tempura

makanan khas jepang
Sumber Gambar: pexels

Kamu mungkin familiar dengan tempura sebagai hidangan udang goreng. Namun, ternyata tempura bisa seafood, hingga sayuran.

Potongan potongan makanan tersebut nantinya dimasukkan ke dalam adonan tepung dan telur dan digoreng hingga renyah

Baca Juga: Rekomendasi Restoran All You Can Eat yang Murah dan Enak di Jakarta

Itu dia makanan khas Jepang yang paling populer. Hmm, bikin ngiler banget kan, Toppers? Kalau begitu, langsung saja beli makanan khas Jepang favoritmu di Tokopedia Nyam sekarang.

Manfaatkan voucher makan Tokopedia untuk mendapatkan harga spesial saat melakukan transaksi di restoran dan cafe favoritmu.

Penulis: Nabila Khaerunnisa

© 2009-2024, PT Tokopedia