• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Make It Special

Share

Make It Special

Untuk tulisan kali ini, saya mau kembalikan fungsi blog ini ke konsep awal blog ini ditulis pertama kalinya, yaitu untuk menampung cerita-cerita di balik layar tim Tokopedia. So, izinkan saya berbagi cerita di balik layar kampanye Tokopedia untuk tahun 2010, dengan tema “Make It Special”

Sebelum libur natal kemarin, saya sempat ngobrol ma Leon, event Tokopedia berikutnya apa nih? Dan dari Leon, saya jadi tau kalau tahun 2010 ini ternyata spesial. Kenapa spesial? Karena ada 2 hari penting yang jatuh pada tanggal yang sama. Untuk tahun ini, Valentine maupun Chinese New Year ternyata jatuh pada tanggal 14 February 2010. Momen unik seperti ini tentunya tidak akan kami lewatkan untuk menyediakan fitur baru dan nuansa istimewa buat para Tokopediawan.

Kami pun segera mempersiapkan fitur Tokopedia untuk menyambut event ini. Sejak tanggal 14 January kemarin, toko-toko yang transaksi penjualan berhasilnya sudah diatas 5 item, dan memiliki tingkat reputasi diatas rata-rata, berhak atas akses ke fitur “Add to Event”. Fitur Add to Event ini memungkinkan setiap penjual untuk mendaftarkan maksimal 3 produk mereka ke showcase khusus Valentine & Chinese New Year. Selama sebulan penuh, directory product juga akan mengarah langsung ke directory khusus event ini. Fitur ini pun bersifat auto promotion, dalam artian toko-toko online yang baru memenuhi syarat di pertengahan event berlangsung, tetap bisa langsung ikutan event ini begitu kondisi dan syarat telah terpenuhi.

Kami sadari fitur baru saja tidak cukup tanpa sosialisasi yang baik. Berarti, PR berikutnya adalah membuat konsep banner khas Tokopedia yang menarik. Jadi, sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru, saya pun mengajak tim Tokopedia untuk berdiskusi tentang banner apa yang harus kita buat kali ini? Semua diskusi berlangsung hanya lewat kirim-kiriman email karena kantor juga sedang liburan.

Mungkin karena sedang kesurupan karakter “Bossman” dari buku My Stupid Boss yang belakangan jadi bacaan wajib manusia-manusia kantoran Jakarta, dalam diskusi kali ini, saya bolak-balik menekankan kalau untuk banner kali ini harus ada pesannya. Meminjam gaya bahasa Bossman, “What is the justification of having a nice banner, without any meaning?” gitu kira-kira mood pendukungnya ketika dengan bersemangat mengirimkan email demi email menuntut inspirasi dari tim Tokopedia.

Setelah diskusi yang cukup kritis, akhirnya tim Tokopedia pun sepakat untuk maju dengan konsep banner random dengan dua buah cerita.

Cerita pertama, adalah cerita tentang seorang remaja yang sedang mencari hadiah Valentine untuk kekasihnya, sementara cerita kedua, adalah cerita tentang seorang kakek yang sedang mencari hadiah Chinese New Year untuk cucunya. Masing-masing cerita terbagi atas 2 slide animasi. Slide pertama maupun slide kedua mempunyai kesamaan di masing-masing cerita.

Slide Pertama Cerita Pertama:
Tampak si remaja sedang mencari ide hadiah spesial lewat Tokopedia untuk sang kekasih (terlihat pula kalender bertanda lingkaran merah pada tanggal 14)

Slide Pertama Banner Tokopedia versi Valentine

Slide Pertama Cerita Kedua:
Tampak si kakek sedang memikirkan ide hadiah spesial lewat Tokopedia untuk si cucu (terlihat pula kalender bertanda lingkaran merah pada tanggal 14)

Slide Pertama Banner Tokopedia versi CNY

Slide Kedua Cerita Pertama:
Hari H telah tiba, si remaja memberikan kado Valentine kepada kekasihnya. Hari Spesial itu menjadi indah berkat Tokopedia.

Slide Kedua Banner Tokopedia versi Valentine

Slide Kedua Cerita Kedua:
Hari H telah tiba, si kakek memberikan kado CNY kepada si cucu. Sang cucu merasa spesial berkat Tokopedia.

Slide Kedua Banner Tokopedia versi CNY

Berkat kerja keras illustrator berbakat Tokopedia, akhirnya banner pun jadi sesuai dengan keinginan. Tokopediawan pun ketika mengakses Tokopedia akan disuguhkan secara acak salah satu dari banner diatas

Pesan yang ingin Tokopedia sampaikan adalah, setiap orang pasti punya hari spesial mereka masing-masing, dan apapun rencanamu untuk hari itu, buatlah menjadi spesial dengan Tokopedia. Mulai dari mencari hadiah yang unik kepada seseorang yang spesial, atau memanjakan diri sendiri di hari spesial dengan berbelanja sesuatu yang memang sudah lama diidam-idamkan.

Selain itu tema banner kali ini juga berusaha menyampaikan bahwa Tokopedia itu mudah untuk digunakan. Buktinya, kakek-kakek saja bisa menggunakan Tokopedia, jadi tunggu apa lagi? No matter what your plan for “the day”… Make It Special with Tokopedia ;)

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
Founder's Letter
CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
© 2009-2024, PT Tokopedia