Manfaat Air Zam-Zam yang Perlu Kamu Ketahui

897
Manfaat Air Zam-Zam

Manfaat Air Zam-Zam – Air zam-zam merupakan air suci yang berasal dari Mekah, dikenal memiliki banyak sekali manfaat pada kandungannya. Air yang penuh berkah ini dipercaya sebagai obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini sudah dijelaskan dalam Hadist Riwayat Muslim. Tak heran mengapa jamaah haji juga kerap membawa air zam-zam sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tanah air.

Baca juga: 7 Bangunan Masjid Terindah di Indonesia

Manfaat Air Zam-Zam yang Perlu Kamu Ketahui

Sejarah Air Zam-Zam

Zam zam memiliki arti melimpah atau banyak dalam bahasa Arab. Di tanah suci Mekah terdapat sumur mata air di kawasan Masjidil Haram sebelah tenggara Ka’bah, dari sanalah air zam zam berasal. Dengan sumur yang memiliki kedalaman 42 meter ini, mampu mengeluarkan air bersih tanpa henti secara terus-menerus. Air zam zam tersebut merupakan suatu keberkahan dari Allah SWT.

Masih ingat tentang kisah Siti Hajar? Istri Nabi Ibrahim AS tersebut pernah ditinggalkan oleh suaminya. Ketika Siti Hajar bersama puteranya Ismail AS kehausan dan tidak mendapati air untuk minum, ia memutuskan untuk pergi ke bukit Marwah dan bukit Shafa. Siti Hajar bolak balik sebanyak 7 kali antara bukit Shafa dan Marwah, namun tetap tidak menemukan air sedikit pun. Tidak lama kemudian, Siti Hajar mendengar adanya suara, lalu Hajar berkata “Saya mendengar suaramu, tolonglah aku jika engkau punya kebaikan”. Saat itu, Siti Hajar dalam keadaan yang sangat lemah, dan atas rahmat Allah kemudian datanglah malaikat Jibril. Ia menghentakkan kakinya ke tanah lalu muncullah air saat itu.

Manfaat Air Zam Zam

Berdasarkan pada hadist Nabi, “Air zam zam adalah air terbaik yang berada di muka bumi ini. Mengkonsumsi air zam zam bisa mengenyangkan perut yang lapar sekaligus bisa menjadi obat bagi segala penyakit”. Manfaat air zam zam juga sudah dibuktikan secara ilmiah. Air zam zam terbukti memiliki kandungan zat fluorida atau zat anti kuman yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain itu, medis juga membuktikan bahwa air zam zam bebas dari mikroorganisme, yang membuatnya tetap terasa segar sepanjang masa. Tak heran mengapa tak ada lumut yang tumbuh pada sumur zam zam tersebut. Dan juga ada dua jenis mineral yang terkandung pada air zam zam yaitu, magnesium dan kalsium. Dua hal ini yang membuat air zam zam mampu memberi kesegaran sesaat setelah meminumnya. Namun ternyata masih banyak lagi loh manfaat dari air zam zam, antara lain sebagai berikut:

  • Regenerasi Sel Kulit
    Dalam bidang kecantikan, air zam zam ini dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru, sehingga wajah menjadi lebih cerah dan kenyal seperti bayi. Cukup membersihkan atau membasuh wajah dengan air zam zam, sel kulit mati akan luruh dengan sendirinya dalam kurun waktu sekitar 20 hari.
  • Melancarkan Metabolisme Tubuh
    Peran metabolisme sangatlah penting untuk mengubah lemak menjadi tenaga. Pergerakan tubuh menjadi lebih cepat jika metabolisme berjalan lancar, namun sebaliknya jika berjalan lambat badan pun akan menimbun lemak yang mempengaruhi pada pergerakan tubuhmu juga. Selain dengan berolahraga dan beraktifias fisik, minum air zam zam juga dapat melancarkan metabolisme dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengobati Berbagai Macam Penyakit
    Sudah disebut dalam hadist shahih bahwa air zam zam dapat mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit yang membuat tubuh menjadi terasa tidak nyaman dan gejala lainnya. Untuk menghilangkan penyakit tersebut bisa dilakukan dengan cara terapi minum air zam zam, dan jangan lupa untuk selalu berdoa semoga segera diberian kesembuhan.
  • Tambahan Energi Untuk Ibu Hamil
    Setiap wanita dalam kondisi hamil pasti akan merasakan cepat lelah dan letih. Salah satu cara mengembalikan energi untuk mengatasi rasa lelah yaitu dengan meminum air zam zam. Juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, karena bayi yang sedang di kandung juga membutuhkan asupan gizi pada makanan sehat.
  • Melancarkan Pererdaran Darah
    Kebiasaan memakan makanan kurang sehat seperti fast food akan membawa gangguan pada tubuh disebabkan oleh endapan lemak di pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah inilah yang sangat berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu rajin berolahraga dan konsumsi makanan sehat wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, air zam zam juga dapat membantu proses peredaran darah menjadi lebih lancar.
  • Memberi Rasa Bahagia
    Sifat dari air suci zam zam ini juga mampu membersihkan hati, dapat mencegah atau mengobati penyakit hati seperti dengki dan iri yang pastinya selalu ada di setiap hati manusia. Setelah meminum air zam zam dengan berdoa, rasa bahagia bisa muncul seketika.

Baca juga: 6 Tradisi Tahun Baru Islam yang Cuma Ada di Indonesia

Itulah beberapa manfaat dari air zam zam yang perlu kamu ketahui. Segera minum air zam zam dan rasakan manfaatnya. Selain tubuh menjadi sehat, hati dan pikiran juga jadi lebih tenang. Oh iya, jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum meminumnya ya, Toppers!

sajadah turki

 

Bagikan Artikel