9 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

918
tips diet sehat dan cepat - ganti nasi putih dengan nasi dari beras merah
Sumber: www.netdoctor.es

Manfaat Beras Merah – Meskipun beras putih terlihat lebih menarik bagi banyak orang karena warnanya yang membuatnya terlihat lebih bersih daripada beras merah, bukan berarti beras putih lebih sehat dari pada beras merah. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, beras merah merupakan pilihan terbaik dilihat dari segi nutrisi maupun manfaat sehat lainnya.

Mengapa lebih baik mengonsumsi beras merah? Sebelum beras putih melewati proses pemurnian, pada satu waktu tampak persis seperti beras merah. Pemurnian pada beras putih menghilangkan “keutuhan alami” pada butiran di setiap beras yang kaya akan protein, tiamin, kalsium, magnesium, serat, dan kalium. Bagi kamu yang sedang mencoba menurunkan berat badan atau kamu yang menderita diabetes, mengonsumsi beras merah dapat menjadi pengganti nasi putih yang lebih sehat mengingat rendahnya kadar glisemik yang membantu mengurangi lonjakan insulin di dalam tubuh.

Sayangnya, semua orang masih lebih memilih mengonsumsi beras putih, padahal beras putih telah kehilangan kandungan zat besi, vitamin, iron, magnesium dan nutrisi lainnya selama proses penyulingan. Produsen beras putih juga biasanya harus menambahkan bahan-bahan tambahan yang tidak alami dalam bentuk vitamin dan zat besi sintetis, sehingga bisa dipasarkan ke masyarakat sebagai “makanan bergizi“.

Lalu, apa sajakah manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh kita? Yuk, simak daftar manfaat beras merah berikut ini.

Makanan Penurun Kolesterol

Manfaat Beras Merah

Kaya akan Selenium

Manfaat beras merah yang pertama adalah mampu membebaskanmu dari berbagai penyakit keras. Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan selenium yang mengurangi risiko pengembangan penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan artritis.

Kaya akan Magnesium

Satu gelas beras merah sama dengan 80% kebutuhan magnesium harian kita. Magnesium dapat membantu tubuh untuk membuat lemak sehat. Magnesium juga dapat membantu sistem saraf dan reproduksi kita.

Tinggi akan Minyak Alami

Minyak alami bermanfaat bagi tubuh karena lemak sehat ini dapat membantu menormalkan kadar kolesterol.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat beras merah menjaga fungsi usus pada puncaknya karena dapat membuat pencernaan menjadi lebih mudah. Ini adalah hal yang baik untuk sehari-hari bagi kamu yang menginginkan pencernaan lebih lancar. Selain itu, beras merah juga membuat perut terasa penuh atau kenyang lebih cepat yang berarti porsi makanan lebih kecil.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Lewat Kebiasaan Sehari-hari

Whole Grain

Beras merah dianggap sebagai gandum utuh atau whole grain karena belum kehilangan “keutuhannya” melalui proses “pemurnian”. Biji-bijian utuh terbukti bisa mengurangi penumpukan plak arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Kaya akan Antioksidan

Kalian pasti mengenal apa itu antioksidan dan biasanya antioksidan dikaitkan dengan blueberry, stroberi dan buah-buahan dan sayuran lainnya. Kapasitas antioksidan beras merah melebihi buah-buahan tersebut, lho.

Kaya akan Serat

Beras merah adalah makanan sehat yang tinggi akan serat dan beras merah adalah salah satu makanan yang dapat membantu mencegah kanker usus besar. Hal ini dikarenakan dengan tingginya tingkat serat yang secara alami terkandung dalam beras merah. Serat ini menempel pada zat yang menyebabkan kanker dan juga toksin dalam tubuh, lalu menghilangkannya dan mencegahnya menempel ke dinding usus besar.

Pelepasan Gula yang Lambat

Beras merah membantu menstabilkan kadar gula darah, oleh karena itu, ini adalah pilihan makanan yang sangat baik bagi kamu yang menderita diabetes. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi satu setengah gelas beras merah yang dimakan setiap hari mengurangi risiko diabetes sebesar 60%. Di sisi lain, mereka yang mengonsumsi nasi putih secara teratur meningkatkan peluang terkena diabetes seratus kali lipat.

Baik untuk Makanan Bayi

Sereal beras merah atau bahkan beras merah saja dengan sendirinya adalah makanan untuk bayi yang sempurna karena nutrisi alami dan serat yang padat dalam kandungan beras merah. Beras merah adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada produk sereal beras putih karena bayi dan balita yang tumbuh dengan cepat serta membutuhkan makanan kaya gizi untuk membantu mempertahankan siklus pertumbuhan yang cepat.

Baca juga: 9 Obat Asam Urat dari Bahan Alami

Nah, sudah tahu, kan, manfaat beras merah untuk kesehatan-mu? Apakah kamu tertarik untuk mencoba mengganti beras putih dengan beras merah untuk makanan pokok sehari-hari?

Snack Diet

beras organik

Bagikan Artikel