• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Manfaat dan Hukum Qurban Saat Idul Adha

11 June 2024

Share

Manfaat dan Hukum Qurban Saat Idul Adha

Apa saja manfaat berqurban? Siapa orang yang wajib berqurban? Ketahui selengkapnya beserta hukum melaksanakan Qurban ketika Idul Adha.


Bagi umat muslim, merayakan hari raya Idul Adha tak kalah pentingnya dengan merayakan hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Adha begitu ditunggu-tunggu kehadirannya di mana semua orang bisa bersuka cita saling berbagi dan dapat menikmati lezatnya daging hewan ternak yang sudah dikurbankan. 

Berkurban adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Ibadah ini bukan hanya tentang menyembelih hewan, tetapi juga tentang mengembangkan rasa keikhlasan, kepedulian, dan solidaritas terhadap sesama.

Berqurban tak hanya bermakna sebagai membagi-bagikan sepotong daging kepada fakir miskin dan orang yang kurang mampu saja. Di balik meriahnya pelaksanaan qurban saat hari raya Idul Adha ini ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa yang mampu semakin mendekatkan diri kita kepada-Nya. Selain itu, apa saja manfaat berqurban?

qurban online tokopedia

Temukan pilihan hewan Qurban di Tokopedia sesuai kemampuanmu. Beribadah lebih mudah dan dapatkan banyak keuntungannya, sesuai aturan & syariat.

Baca Juga: Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail, Asal Usul Adanya Kurban

Manfaat Berqurban bagi Diri dan Orang Lain

manfaat kurban

Sumber Gambar: Zakat.or.id

Berqurban tidak hanya mampu mendatangkan manfaat bagi diri kita sendiri yang melaksanakannya. Namun, berqurban juga dapat memberikan manfaat kepada orang lain yang menerima daging qurban yang telah kita berikan. Berikut adalah manfaat luar biasa yang akan kamu temukan saat melaksanakan qurban:

1. Mendekatkan diri kepada Allah S.W.T

Meninjau dari arti kata qurban yang berasal dari Bahasa Arab “Qariba” yang bermakna dekat atau mendekatkan. Berqurban mampu mendekatkan kita kepada Allah karena telah melaksanakan salah satu perintahnya.

Bukankah kita akan menjadi individu yang baik bila kita melaksanakan segala perintah-Nya yang tertulis di dalam Al-Qur’an?

2. Sebagai ungkapan syukur

Memiliki rezeki yang berlebih adalah sebuah kebahagiaan yang mungkin belum dapat dirasakan oleh semua orang. Akan tetapi di dalam Islam, rezeki yang diturunkan oleh Allah S.W.T kepada manusia adalah sebuah titipan yang harus dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Karena di dalam rezeki yang kita terima terdapat hak-hak saudara yang kurang mampu. Islam mengajarkan umatnya untuk saling berbagi dan saling membantu saudara lainnya yang sedang kesusahan.

Maka, menjalankan perintah berqurban untuk membagikan rezeki yang dimilikinya dan membantu saudara umat muslim lain yang sedang kelaparan adalah hal yang baik untuk dilakukan.

Kegiatan berqurban pun juga dapat dimaknai sebagai ungkapan syukur karena Allah S.W.T telah memberikan rezeki yang melimpah untuk kita sehingga dapat menunaikan qurban dan membantu sesama.

3. Mensucikan diri dan harta benda

Dengan melaksanakan qurban ternyata juga mampu mensucikan diri dan harta benda yang kita miliki dari hal-hal negatif.

Allah S.W.T tak menyukai sifat manusia yang kikir dan pelit. Maka dari itu, dengan melakukan qurban yang memiliki artian membagi-bagikan rezeki dalam bentuk daging hewan ternak.

Kita dapat terhindar dari murka Allah S.W.T dan mendapatkan ridho-Nya atas segala sesuatu.

4. Penebus dosa

Berqurban juga dapat dimaknai sebagai salah satu kegiatan untuk menebus dosa yang kita punya.

Hal ini seperti yang disebutkan di dalam salah satu hadist shahih yang berbunyi sebagai berikut:

“Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikan lah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu”. (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

5. Memberdayakan usaha ternak lokal

Dengan membeli hewan qurban seperti kambing, domba dan sapi pada pedagang ternak di sekitarmu juga merupakan salah satu bentuk kebaikan dalam mengentaskan masalah perekonomian.

Para peternak lokal akan merasa terbantu saat kamu membeli dagangan berupa aneka hewan ternak yang dibutuhkan saat hari raya Idul Adha nanti.

Baca Juga: Syarat Hewan Kurban & Tips Memilih Sesuai Syariat

Hukum Berqurban bagi Umat Muslim

Hukum Berqurban

Sumber: Freepik

Menyembelih hewan qurban adalah sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan QS. Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi sebagai berikut:

“ Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih qurban, supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah”

Baca Juga: Perbedaan Qurban dan Aqiqah Serta Penjelasan Lengkapnya

Siapa yang Wajib Berqurban?

orang yang wajib kurban

Sumber Gambar: Yatim Mandiri

Tahukah kamu jika tidak semua orang diwajibkan berqurban bila tidak memenuhi ketentuan dalam syariat Islam? Meskipun hukum qurban adalah sunnah, kamu tetap harus mengikuti berbagai ketentuan agar ibadahmu terhitung sah.

Maka dari itu, perhatikan ketentuan-ketentuan golongan orang yang diwajibkan berkurban di bawah ini. 

1. Merdeka dan mampu secara finansial 

Berkurban diwajibkan bagi semua hambanya yang sudah merdeka dan mampu secara finansial. Bila kamu sudah merasa bisa memenuhi kebutuhan sehari–hari dengan mudah. Maka tak ada salahnya jika kamu menyisakan sedikit tabungan untuk membeli hewan qurban. 

2. Tidak memiliki utang 

Islam tidak akan memberatkan umatnya dalam beribadah. Oleh karena itu, jika kamu memiliki hutang piutang yang belum terselesaikan.

Ada baiknya kamu melunasi hutangmu terlebih dahulu daripada harus membeli hewan qurban karena bagaimanapun di saat kamu berhutang terdapat hak-hak saudaramu di dalam uang yang kamu terima.

Tidak Diperbolehkan untuk Berqurban

1. Membeli hewan qurban memakai harta warisan yang belum dibagi

Harta waris yang belum dibagikan secara adil kepada pihak-pihak yang boleh menerimanya tidak boleh untuk dibelikan hewan qurban tanpa persetujuan semua pihak.

Hal ini berguna untuk menghindari resiko pertengkaran yang bisa saja terjadi. Sebaiknya kamu membeli hewan qurban dengan harta pribadimu sendiri.

Baca Juga: Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban: Doa & Syaratnya

Setelah membaca artikel di atas, semoga kita semakin mengerti dan memahami manfaat berkurban & siapa yang wajib berkurban saat hari raya Idul Adha nanti tiba.  Apabila kamu ingin melaksanakan qurban dengan mudah, praktis, amanah dan tepat sasaran. Kamu kini bisa mencoba program qurban online lewat Tokopedia Salam yang akan memfasilitasi semua kegiatan berkurbanmu menjadi lebih mudah. 

Tak usah khawatir dengan ketentuan syariah yang tidak terpenuhi karena pada dasarnya hukum qurban online sama saja seperti hukum qurban pada umumnya. Selain itu, Tokopedia pun bekerja sama dengan para distributor hewan qurban terpercaya akan memastikan semua hewan qurban yang kamu beli memenuhi syarat hewan ternak qurban yang diperbolehkan dalam Islam.

Maka dari itu, yuk coba berqurban online di Tokopedia.

tokopedia salam

Temukan semua kebutuhan bagi umat muslim dengan lebih praktis di Tokopedia Salam!

© 2009-2024, PT Tokopedia