• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Share

15 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

Mulai dari kendalikan tekanan darah, sehatkan saraf hingga percantik kulit. Ini dia manfaat susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan!


Manfaat Susu Kambing – Ternyata, tidak hanya susu sapi saja yang mengandung banyak nutrisi dan manfaat. Susu kambing juga memiliki banyak manfaat, lho. Manfaat ini bisa didapatkan baik dari konsumsi langsung, produk olahan susu kambing, atau melalui produk kecantikan.

Sekarang, sudah terdapat banyak produk kecantikan yang menjadikan susu kambing sebagai bahan utama. Mulai dari sabun mandi, sabun cuci muka, scrub, masker, atau bahkan sampo.

Susu kambing mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah penuaan dini dan Alpha hydroxyl Acid (AHA) yang bisa mengeksfoliasi kulit dengan baik. Selain itu, susu kambing juga bisa membantu proses regenerasi kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menghaluskan kulit dengan kandungan protein tinggi.

Kaya akan nutrisi yang berkhasiat baik untuk tubuh atau kulit, pantas saja susu kambing banyak diolah menjadi produk kecantikan.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari konsumsi dan penggunaan produk berbasis susu kambing!

Baca Juga: 12 Merk Masker Wajah Terbaik untuk Segala Kebutuhan

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

1. Mengendalikan Tekanan Darah 

Kandungan kalium dalam susu kambing dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil, dengan mengurangi kadar natrium yang berlebih di tubuh. Jika tekanan darah tinggi, kerja jantung akan lebih berat untuk memompa darah.

Dengan mengkonsumsi susu kambing secara rutin sesuai dosis yang disarankan, tekanan darah akan lebih terkendali dan kesehatan kamu akan lebih terjaga karena susu ini kaya akan kalium yang juga baik untuk sel tubuh.

2. Baik untuk Pencernaan

Manfaat susu kambing untuk kesehatan berikutnya adalah: susu kambing mengandung probiotik yang dapat mendukung kerja bakteri baik di saluran pencernaan kamu, sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. 

Agar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh tetap sehat, konsumsi susu kambing yang bisa membantu proses pencernaan dan melawan bakteri jahat yang bisa membuat sakit.

3. Menjaga Kesehatan Saraf

Selain kandungan kalium yang dijelaskan di poin pertama, susu kambing juga mengandung asam amino triptofan. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan saraf.

Bahkan, nutrisi tersebut juga membantu pembentukan hormon serotonin yang merupakan hormon untuk mengatur suasana hati.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Hormon serotonin yang diproduksi dari asam amino triptofan juga berfungsi untuk membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini bisa dicapai dengan cara mengendalikan bagian otak yang mengatur waktu bangun dan tidur.

Sehingga siklus teratur dan kualitas tidur jadi lebih baik.

5. Sumber Energi yang Baik

Sama seperti susu sapi, susu kambing juga bisa jadi sumber energi yang baik untuk aktivitas sehari-hari. Kamu bisa mengkonsumsi susu kambing di pagi hari, karena kandungan protein yang tinggi akan diolah oleh tubuh menjadi energi.

Menjalani hari jadi lebih semangat, deh!

jual susu kacang kedelai
Hidup lebih sehat dengan susu kedelai berkualitas terbaik di sini!

Baca Juga: 12 Merk Susu Kedelai Terbaik, Sehatkan Jantung hingga Turunkan Kolesterol

6. Mengatur pH dalam Tubuh

Manfaat susu kambing lainnya adalah menstabilkan tingkat pH di dalam tubuh, agar kamu tetap sehat. Kandungan asam Amino L Glutamine bersifat basa.

Sehingga dapat menetralisir pH tubuh yang asamnya sering meningkat ketika kondisi tubuh sedang kurang fit. 

7. Membantu Mencegah Kanker

Mineral yang terdapat di dalam susu berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan ini dapat memperbaiki kerusakan dalam kulit dan juga dipercayai dapat mencegah kanker kulit.

Manfaat Susu Kambing untuk Kecantikan

8. Meningkatkan Kelembapan Kulit

Nah, sekarang ada manfaat susu kambing untuk kecantikan nih Toppers. Kandungan pH yang setara dengan kulit dapat membuat kulit lebih lembab dan terasa lembut.

Kamu bisa memasukkan susu kambing ke dalam rezim skincare kamu dengan menggunakan masker wajah susu kambing secara rutin. 

Selain kandungan pH yang setara dengan kulit, terdapat juga kandungan anti-flammation yang dapat memperbaiki kulit yang kering dan rusak menjadi lebih lembut, dan kandungan trigliserid yang jadi pelembab alami untuk kulit. 

9. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jika wajah kamu memiliki masalah jerawat, penggunaan produk olahan susu kambing di wajah dapat membantu pencegahan dan mengobati jerawat.

Sama dengan poin sebelumnya juga, kandungan anti-inflammation di susu kambing bisa mengurangi kemerahan jerawat yang sedang meradang.

Kandungan (AHA) yang terdapat di dalamnya bisa secara efektif mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit, sehingga flek atau noda bekas jerawat juga bisa hilang jika kamu menggunakan produk berbasis susu kambing secara rutin.

10. Melawan Radikal Bebas

Susu kambing juga memiliki kandungan lain yang sangat bermanfaat untuk kulit, yaitu niasin—vitamin B3. Niasin berperan dalam melawan radikal bebas yang bisa menimbulkan keriput di kulit, dan juga menghaluskan bagian yang sudah ada keriputnya.

Anti oksidan di susu kambing juga berperan penting dalam melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

jual body lotion susu
Ingin kulit cantik lembut dan putih bersinar? Ini rahasianya!

Baca Juga: 10 Merk Sabun Mandi dengan Moisturizer Terbaik untuk Kulit Kering

11. Merawat Kulit Kusam

Selain melembabkan, menghaluskan, dan mencegah kulit dari berbagai partikel jahat, susu kambing juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit.

Gunakan sabun susu kambing setiap hari atau lakukan scrubbing menggunakan produk dengan bahan utama susu kambing untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kulit kamu pun akan terhindar dari kekusaman ataupun kekeringan. 

12. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini biasnya terjadi karena kulit kekurangan kolagen dan menjadi kering keriput. Susu kambing bisa mencegah penuaan dini dengan menutrisi kulit dengan kandungannya yang berlimpah.

13. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat lain dari kadar AHA yang terdapat dalam susu kambing adalah mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Kulit baru yang dinutrisi produk dengan susu kambing akan menjadi lebih lembut dan cerah.

14. Eksfoliator Alami

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, AHA memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kandungan ini bekerja sebagai eksfoliator alami yang bisa meregenerasi kulit dengan sangat baik. Bahkan, sampai menghilangkan flek atau noda bekas luka di wajah.

15. Mengontrol Kadar Minyak

Nah, di dalam susu kambing juga terdapat kandungan seng. Seng ini dapat mengontrol kadar minyak di wajah agar tetap pada porsinya, tidak kekurangan atau berlebihan. Kulit pun akan jadi lembut: tidak kekeringan, juga tidak terlalu berminyak.

Baca Juga: Kandungan & 15 Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itu dia, manfaat susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat berlimpah. Untuk merasakan manfaat dan mendapatkan hasil yang optimal, kamu bisa mengonsumsi susu kambing secara langsung atau produk olahan dari bahan tersebut.

Temukan berbagai macam produk kecantikan yang mengandung susu kambing terlengkap, hanya di Tokopedia!

jual susu kambing
Mau minum susu kambing dengan rasa enak dan pasti kaya vitamin yang baik untuk tubuh kamu? Pesan aja langsung Susu Kambing berkualitas di Tokopedia!
© 2009-2024, PT Tokopedia