• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Nakama Tokopedia Berbagi Tips Persiapan Kuliah melalui Nakamate School in The Cloud

Share

Nakama Tokopedia Berbagi Tips Persiapan Kuliah melalui Nakamate School in The Cloud

Badan Pusat Statistik melalui Survei Angkatan Kerja Nasional Agustus 2020 menginformasikan bahwa dari total penduduk usia kerja, masih terdapat 13.17% lulusan tingkat diploma ke atas yang belum terserap oleh lapangan pekerjaan.

Selain karena kondisi perekonomian yang terdampak oleh pandemi COVID-19, kondisi ini juga dinilai sebagai akibat dari adanya kesenjangan antara keterampilan lulusan universitas dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh para penyedia pekerjaan. Kurangnya informasi serta pemahaman mengenai bidang studi dan pekerjaan, serta pengenalan minat, bakat, dan potensi dari setiap lulusan ini, juga menjadi salah satu faktor penyebab kondisi tersebut. 

Melihat kondisi ini, pada Sabtu, 27 Februari 2021 lalu, CSR Tokopedia bekerja sama dengan Zenius Education dan Yayasan Filantra untuk menyelenggarakan program kerelawanan bernama “Nakamate: School in The Cloud.” Program ini memfasilitasi siswa dan siswi sekolah menengah atas dari seluruh wilayah di Indonesia untuk berdiskusi mengenai rencana studi dan profesi mereka, serta mengikuti kegiatan mentoring intensif bersama Nakama (karyawan Tokopedia). Pada kegiatan ini, setiap Nakama yang berpartisipasi diberikan kesempatan untuk berdiskusi bersama dengan satu orang siswa. 

Terima kasih kepada kakak-kakak dari CSR Tokopedia. Saya sangat senang bisa bergabung dalam program ini karena saya dapat mengenal diri lebih dalam lagi dan terbuka terhadap peluang-peluang yang ada di setiap industri sebagai bekal masa depan saya,” ujar salah satu peserta Nakamate, Ferdi Yana, siswa kelas 12 SMK Negeri 1 Cipendeuy, Subang, Jawa Barat.

Program kerelawanan ini rutin diadakan oleh CSR Tokopedia setiap dua bulan sekali, di mana selama masa pandemi COVID-19, beragam kegiatan kerelawanan Tokopedia dilaksanakan secara daring. ada Nakamate kali ini, Nakama Tokopedia berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka saat menempuh pendidikan tinggi untuk dijadikan bekal persiapan bagi siswa SMA.

Selain itu, tim Zenius Education secara aktif memberikan semangat yang dapat memicu para siswa untuk berdiskusi di awal kegiatan. Zenius bersama Tokopedia Belajar juga memberikan voucher belajar online bagi para siswa yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi melalui paket Zenius Optima 3 bulan.

Program ini merupakan perwujudan dari salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR) Tokopedia, yakni edukasi dan teknologi, sebagai upaya untuk menciptakan gerakan sosial, meningkatkan literasi dan akses terhadap pendidikan yang berkualitas, serta penyediaan teknologi bagi putra-putri Indonesia. 

Setelah mengikuti program ini, para siswa dan siswi peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri mereka secara matang untuk menentukan rencana studi hingga profesi ke depan agar dapat menjadi tenaga kerja terampil, ataupun wirausaha sukses yang menjadi bukti atas kualitas sumber daya masyarakat Indonesia yang unggul.

—-

Tentang Nakamate

Nakamate merupakan program kerelawanan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Tokopedia yang mengajak para Nakama (karyawan Tokopedia) untuk memberikan waktu, tenaga dan pikirannya dengan berbagi kepada komunitas yang membutuhkan, serta menyalurkan aspirasi mereka untuk berperan lebih aktif dalam lingkungan sosial.

Share

Fardhan RamzyFardhan Ramzy

Related Articles

Tokopedia Serahkan TopDonasi100 ke Lapas Klas IIA Salemba
Uncategorized
Tokopedia Serahkan TopDonasi100 ke Lapas Klas IIA Salemba
© 2009-2024, PT Tokopedia