• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Cara Mendapatkan Passive Income yang Aman di Tahun 2024

06 May 2024

Share

6 Cara Mendapatkan Passive Income yang Aman di Tahun 2024

Sejumlah ide menarik berikut ini bisa kamu coba untuk mendapatkan passive income di tahun 2024. Yuk, pelajari lebih lanjut, siapa tahu cocok untuk kamu.


Selain bekerja, salah satu cara menghasilkan uang adalah dengan memiliki passive income. Apa itu passive income?

Passive Income adalah penghasilan yang diperoleh seseorang dengan melakukan aktivitas yang sangat minim atau tidak berkelanjutan. Oleh karena itu, orang yang memiliki passive income bisa tetap mengerjakan pekerjaan utamanya tanpa terlalu terbebani dengan pekerjaan tambahan.

Penghasilan pasif bisa menjadi cara yang baik untuk membantu kamu menghasilkan pundi-pundi uang, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini. Melalui passive income, kamu bisa lebih banyak menabung untuk berbagai macam kebutuhanmu di masa depan.

Pasif Income yang Menguntungkan

Nah, untuk kamu yang sedang mencari inspirasi passive income, berikut ini 8 ide menarik yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan passive income:

1. Menjadi Affiliate Marketer

Affliate marketing adalah strategi yang populer untuk menghasilkan uang secara online. Caranya dengan mempromosikan produk pihak ketiga di akun sosial media ataupun webiste yang kamu miliki.

Jangan lupa untuk menyertakan link halaman produk dari setiap konten promosi yang kamu buat. Pihak ketiga akan membayar komisi dari setiap produk yang terjual melalui link yang kamu tautkan.

Nah, bila Toppers ingin menjadi affiliate marketer, kamu bisa mencoba program afiliasi marketing Tokopedia.

Cukup dengan klik dan share, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Mulai dari komisi yang besar, bonus yang menarik, hingga asah skill gratis. 

Ditambah lagi, syarat untuk bergabungnya sangat mudah, Toppers. Cukup jadi pengguna Tokopedia yang aktif di sosial media tanpa minimum followers!

affiliate marketing tokopedia

Ayo bergabung bersama Tokopedia Affiliate Program & ciptakan sumber penghasilan baru! Dapatkan komisi hingga jutaan rupiah cukup dengan klik & share saja!

Baca juga: 5 Pilihan Investasi Jangka Panjang Paling Menguntungkan

2. Menjual produk informasi 

Salah satu strategi yang populer saat ini adalah dengan menjual produk informasi (Information product) melalui e-book, rekaman audio maupun video.

Jika kamu ahli dalam suatu bidang, seperti bermain musik, bahasa asing hingga skill coding misalnya, kamu cukup merekamnya dalam sebuah video dan mendistribusikan video tersebut melalui lembaga kursus, sepeti SkillShare, Coursera, Udemy dan lain sebagainya. Cara ini terbilang efektif untuk mendapatkan passive income. 

3. Flip Retail Products

Jika kamu suka berbelanja, kamu cocok melakukan cara ini. Pada dasarnya flip retail products adalah selisih harga yang kamu peroleh dengan membeli produk lebih murah dan menjualnya dengan lebih mahal.

Berinvestasi dalam properti sewaan adalah cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan pasif, karena pastinya manusia membutuhkan macam-macam barang yang tidak dimilikinya.

4. Investasi Saham

Menjadi investor saham adalah cara yang tepat untuk mendapatkan passive income. Sebab, selain kamu berpotensi mendapatkan untung dari selisih kenaikan harga saham, investor juga berpeluang mendapatkan dividen dari setiap keuntungan perusahaan. Dividen dibayarkan per saham, jadi semakin banyak saham yang kamu miliki, semakin tinggi dividen yang kamu peroleh.

BACA JUGA: 10 ORANG TERKAYA DI DUNIA & BISNIS YANG MEMBUAT MEREKA KAYA

5. Menyewakan Properti

Pilihan lain untuk mendapatkan passive income adalah dengan menyewakan ruang atau rumah kamu untuk jangka waktu tertentu. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak ruang tidak terpakai di dalam rumah atau sering meninggalkan propertimu dalam waktu yang lama. 

6. Menyediakan Ruang untuk Iklan

Kamu bisa bisa mendapatkan uang tambahan hanya dengan mengemudikan mobil keliling kota sambil beriklan.

Jika kamu gemar berpergian, cara ini patut kamu coba. Hubungi biro iklan terdekatmu dan pasang iklan sekarang untuk mendapatkan tambahan uang tanpa disadari.

Investasi untuk Melipatgandakan Kekayaan

Kedua instrumen di bawah ini memang tidak dapat kamu jadikan sebagai sumber passive income, Toppers.

Namun, emas dan reksa dana merupakan instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan menarik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Reksadana

Reksadana biasanya menjadi alternatif pilihan untuk para pemula yang ingin berinvestasi. 

Reksadana bisa disebut sebagai uang tidur yang hanya dapat diambil setelah jangka waktu yang sudah ditetapkan, baik 5 tahun hingga 10 tahun agar terhindar dari resiko penurunan harga.

  • Emas

Keuntungan investasi emas berasal dari perubahan harga beli dan harga jual emas. Keuntungan yang didapat jika kamu membeli emas ketika harga emas rendah dan menjualnya kembali saat harganya lebih tinggi.

Baca juga: Belajar Reksa Dana Sebelum Mulai Investasi, Ini Langkahnya

Itu dia Toppers, beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan pasif. Mana yang jadi pilihanmu, nih?

Penulis: Amir Faruqi Aziz

Share

Olga LaurenzaOlga Laurenza

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia