Patungan Untuk Berbagi: Gerakan Sosial Tokopedia, OVO dan Grab Untuk Pendidikan Anak Indonesia

137
https://www.tokopedia.com/blog/patungan-untuk-berbagi

Jakarta, 10 Mei 2019 – Seperti yang dirasakan kebanyakan anak-anak pada umumnya, bulan Ramadhan menjadi momen yang begitu spesial. Untuk membeli baju baru untuk dipakai saat lebaran atau sekadar membeli jajanan buka puasa menjelang sore, momen-momen ini menjadi kebahagiaan yang mereka nanti setiap tahunnya.

Namun, bagaimana dengan anak-anak yang tidak bisa merasakannya? Tidak seperti anak-anak pada umumnya yang bisa mudah meminta kepada orang tuanya untuk apapun yang dinanti, masih banyak anak-anak yatim, piatu, maupun yang kurang beruntung di Indonesia yang bahkan belum tentu bisa melanjutkan pendidikannya.

Saat-saat berbahagia di bulan suci yang seharusnya mereka rasakan, mereka justru harus tegar untuk meneruskan perjuangan menghadapi hidup demi mewujudkan cita-cita mereka. Faktanya, menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) di tahun 2017, masih terdapat 4,4 juta anak Indonesia, termasuk yatim, piatu, dan kurang mampu, yang belum memiliki jaminan pendidikan.

Aksi Nyata Untuk Edukasi Indonesia

Kenyataan ini menggerakan Tokopedia untuk melakukan sesuatu dan membawa perubahan yang bermakna. Mengingat bulan suci Ramadhan tidak hanya membawa arti penting mengenai keberkahan, namun juga menjadi momentum yang tepat untuk beramal dan berbagi kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Momentum ini menjadi kian spesial dengan adanya Hari Pendidikan Nasional yang jatuh di tanggal 2 Mei.

Berkolaborasi dengan OVO dan Grab, Tokopedia membentuk gerakan sosial berbasis digital terbesar di Indonesia bertajuk “Patungan untuk Berbagi”. Gerakan sosial ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpatungan memberikan donasi melalui ketiga platform tersebut untuk mendukung keberlangsungan pendidikan anak-anak Indonesia yang kurang beruntung. Hal ini sesuai dengan tujuan Tokopedia yang selalu berusaha untuk menciptakan peluang bagi siapa pun. Tokopedia yakin, melalui pendidikan berkelanjutan, siapa saja dapat menciptakan peluangnya sendiri dan meraih mimpi yang sudah dicita-citakan.

Donasi Mudah Melalui Tokopedia, OVO, dan Grab

Tokopedia, OVO, dan Grab telah menyediakan platform yang memudahkan siapa saja untuk ikut berpartisipasi dalam misi kebaikan Patungan untuk Berbagi secara online. Dari seluruh total donasi yang terkumpul, jumlahnya akan dikalikan dua oleh Tokopedia, OVO, dan Grab sampai dengan 10 miliar rupiah untuk membantu anak-anak yatim, piatu, dan anak-anak yatim, piatu, dan yang rentan putus sekolah.

Donasi yang terkumpul akan disalurkan ke dalam bentuk paket-paket pendidikan, yaitu paket beasiswa dan juga paket perlengkapan sekolah untuk menunjang keberlangsungan pendidikan mereka. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat membantu anak-anak yatim, piatu, dan mereka yang rentan putus sekolah untuk mendapatkan akses pendidikan yang lebih layak dan meraih mimpinya.

Untuk berdonasi melalui Tokopedia, dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Temukan pilihan “Top-Up & Tagihan”  di halaman utama Tokopedia.
  2. Klik pilihan “Donasi”.
  3. Di halaman “Donasi”, pilih produk “Patungan untuk Berbagi Tokopedia”.
  1. Klik “Lanjut” untuk diteruskan ke proses pembayaran.
  2. Klik “Pilih Metode Pembayaran Lainnya” untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan.
  3. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.

Festival Meriah di Delapan Kota Besar di Indonesia

Selain melakukan donasi secara online, donasi juga dapat dilakukan secara offline melalui Festival Patungan Untuk Berbagi yang akan diselenggarakan di delapan kota besar di Indonesia. Kota-kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Palembang, Yogyakarta, dan Semarang. Pengunjung festival dapat berdonasi dengan mudah dengan cara memindai QR code yang tersebar di beberapa titik di lokasi festival.

Tidak hanya donasi, pengunjung juga dapat merasakan kemeriahan bulan Ramadhan di Festival Patungan untuk Berbagi. Terdapat ratusan merchants dari Tokopedia, OVO, dan Grab, permainan-permainan menarik, serta hiburan-hiburan lainnya yang akan melengkapi keseruan festival. Selain itu, ada juga kegiatan buka puasa bersama 500 anak yatim di setiap kota penyelenggara Festival Patungan Untuk Berbagi. Namun yang terpenting, pengunjung dapat menyaksikan langsung bertambahnya jumlah donasi dalam bentuk parsel pendidikan untuk anak-anak Indonesia.

“Patungan” merupakan suatu kearifan lokal Indonesia yang mencirikan semangat gotong royong. Melalui Patungan Untuk Berbagi, Tokopedia percaya gerakan ini dapat memfasilitasi semangat berbagi dan berbuat kebaikan untuk mereka yang membutuhkan. Tokopedia ingin mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan ini demi mewujudkan pendidikan anak-anak Indonesia yang berkelanjutan.

Bagikan Artikel