• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip, dan Tujuannya

Share

Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip, dan Tujuannya

Tak hanya kehidupan sehari-hari, dalam dunia kerja terdapat etika profesi yang memiliki fungsi, prinsip, dan tujuan dalam pekerjaan. Simak selengkapnya.


Etika Profesi –  Etika merupakan aturan, norma, kaidah, atau tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman dalam melakukan perbuatan dan tingkah laku sehari-hari. Tak hanya dalam kegiatan bermasyarakat, etika juga digunakan dalam dunia kerja yang disebut dengan etika profesi.

Pengertian etika profesi adalah sebuah sikap hidup yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada seseorang yang sifatnya profesional. Etika ini berhubungan dengan masyarakat atau konsumen secara langsung.

Etika profesi berperan sebagai tata cara atau norma yang secara tegas menyatakan baik buruknya sikap seorang profesional untuk bertindak sesuai aturan yang sudah diterapkan. Etika profesi ini memiliki tujuan, manfaat, dan contohnya dalam pekerjaan. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 6 Contoh Motivation Letter dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Prinsip Etika Profesi

Prinsip Etika Profesi
Sumber Gambar: Pexels

Etika profesi memiliki prinsip-prinsip dasar untuk melandasi pelaksanaannya dalam pekerjaan. Beberapa prinsip yang merupakan etika profesi adalah prinsip otonomi, integritas moral, tanggung jawab, dan keadilan yang dijabarkan seperti penjelasan di bawah ini.

1. Prinsip Otonomi

Setiap orang memiliki wewenang dan kebebasan bekerja juga berpendapat sesuai dengan profesi yang dijalankannya. Dalam prinsip otonomi, seseorang memiliki hak untuk melakukan atau tidak melakukan pekerjaan atau suatu tugas berdasarkan kode etik yang berlaku dalam profesi tersebut.

2. Prinsip Integritas Moral

Seorang profesional wajib memiliki prinsip moral dan kejujuran yang masuk ke dalam integritas moral. Kamu harus memiliki sikap yang adil, mementingkan profesi, dan juga kepentingan konsumen atau masyarakat.

3. Prinsip Tanggung Jawab

Tak hanya dalam kegiatan bermasyarakat, ketika bekerja kita juga perlu menanamkan sikap tanggung jawab atas tugas atau pekerjaan yang dilakukan.

Sebagai seorang pekerja, kamu harus siap menerima hasil, kritik, saran dari orang lain atau konsumen lalu tanggung jawab secara profesional.

4. Prinsip Keadilan

Seperti sila ke-5, keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada pekerjaan juga, kita perlu menanamkan prinsip keadilan dalam pekerjaannya kepada rekan kerja atau konsumen.

Tujuan Etika Profesi

Tujuan Etika Profesi
Sumber Gambar: Pexels

Etika profesi dilakukan untuk mengembangkan sikap, norma, atau kebiasaan yang ditunjukkan sesuai dengan profesi mereka kepada rekan kerja atau konsumen. 

Etika profesi bertujuan untuk meningkatkan keterampilan intelek dalam berpikir dan juga membuat para profesional dapat bertindak dengan cara yang diinginkan secara moral untuk menuju komitmen moral dan perilaku bertanggung jawab. 

Secara spesifik, tujuan etika profesi adalah sebagai berikut.

  • Munculnya kesadaran moral atau kemahiran dalam mengenali masalah moral dalam profesi,
  • Memahami dan menilai pandangan berbeda dari pihak lain,
  • Koherensi moral dengan membentuk sudut pandang konsisten yang berdasarkan fakta,
  • Mengungkapkan dan mendukung pandangan seseorang kepada orang lain secara profesional,
  • Mampu bertanggung jawab secara profesional,
  • Menghormati orang lain dengan menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain,
  • Menerima perbedaan secara wajar dalam perspektif moral profesional dari segi apapun.

Manfaat Etika Profesi

Manfaat Etika Profesi
Sumber Gambar: Pexels

Etika profesi merupakan sesuatu yang melekat pada diri seseorang yang bekerja secara profesional. Hal ini memiliki manfaat dalam menjalankan pekerjaan, yakni sebagai berikut.

1. Memiliki Tanggung Jawab

Sebagai orang profesional, kamu perlu memiliki tanggung jawab atas pekerjaan yang kamu lakukan. Hal ini bermanfaat untuk hasil pekerjaan yang berkualitas dan kamu dapat dipercaya oleh atasan, kolega, dan konsumen.

2. Menjadi Tertib

Dengan etika profesi, segala pekerjaan yang dilakukan di kantor akan menjadi tertib. Tugas akan dilaksanakan tepat waktu dan sesuai deadline yang sudah ditentukan.

3. Lingkungan Kerja Sehat

Etika profesi menyangkut sikap dan norma seseorang dalam berperilaku profesional. Dengan hal ini, lingkungan kerja menjadi sehat karena semua dilakukan sesuai dengan SOP dan etika dalam profesinya.

Temukan Berbagai Kebutuhan Tulis dan Menggambar di Tokopedia! Dapatkan juga Bebas Ongkir Sepuasnya!

baca juga: Jenis dan Faktor Perilaku Konsumen: Strategi Bisnis Efektif

4. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Berkaitan dengan tertib dan tanggung jawab, etika profesi tentunya meningkatkan produktivitas kerja karena akan membuat suasana kerja yang nyaman karena setiap karyawan akan menghargai, bekerja sama, dan berlaku profesional dengan baik. Tentunya, hal ini juga akan mendukung situasi produktif para pekerja secara profesional.

5. Menyokong Perubahan Lebih Baik

Dengan keempat manfaat di atas, hal ini tentunya menyokong perubahan perusahaan dan diri secara profesional menjadi lebih baik lagi. Kamu bisa menjadi seseorang yang diandalkan, dipercaya, dan tentunya bertanggung jawab dalam pekerjaan.

Contoh Etika Profesi

Contoh Etika Profesi
Sumber Gambar: Pexels

Setiap pekerjaan pasti memiliki etika profesi, berikut ini contoh etika profesi secara spesifik seorang dokter dan orang yang berbisnis:

1. Dokter

Seorang dokter memiliki kode etik yang dikeluarkan oleh lembaga kedokteran, yakni sebagai berikut:

  • Seorang Dokter wajib menjunjung tinggi, menghayati, dan mengamalkan sumpah atau janji dokternya.
  • Seorang dokter tidak boleh dipengaruhi oleh sesuatu yang mengekang kebebasan atau kemandirian profesinya.
  • Seorang dokter wajib memberikan surat keterangan yang telah diperiksa sendiri kebenarannya .

2. Pelaku bisnis 

Pelaku bisnis juga mempunyai etika profesi dalam berkomunikasi dengan para klien atau konsumennya, yakni sebagai berikut:

  • Menjaga kerahasian dan privasi informasi tentang klien saat bekerja sama.
  • Perusahaan menetapkan pedoman bagi karyawan yang dijalankan oleh karyawan agar jalan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: 7 PERTANYAAN INTERVIEW USER DAN TIPS SUKSES!


Etika profesi sangat penting dijalankan oleh seorang karyawan secara profesional, Toppers. Hal ini tentunya memberikan kemajuan sikap diri sendiri dan tentunya perubahan perusahaan agar lebih baik.

Untuk kamu yang mencari alat kantor untuk kebutuhan kerja sehari-hari agar lebih produktif, cek Tokopedia sekarang juga.

kartu pra kerja tokopedia
Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Share

Zihan Berliana Ram GhaniZihan Berliana Ram Ghani

Related Articles

Peraturan Sepak Bola Mendasar, Wajib Tahu Sebelum Nonton Piala Dunia!
Topik Seru Lainnya
Peraturan Sepak Bola Mendasar, Wajib Tahu Sebelum Nonton Piala Dunia!
© 2009-2024, PT Tokopedia