• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Pengertian, Jenis dan Strategi Email Marketing

Share

Pengertian, Jenis dan Strategi Email Marketing

Ingin memulai strategi email marketing yang benar? Berikut ini merupakan daftar lengkap dari pengertian, jenis dan strategi email marketing.


Saat ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan atau mempromosikan suatu produk. Salah satu cara yang paling efektif di era digital ini tentu melalui email marketing. Dengan email marketing, proses promosi produk dan layanan bisnis bisa dilakukan dengan efisien dan efektif.

Tujuan yang bisa dicapai email marketing juga begitu besar dan luas, dari membangun hubungan dengan client hingga menciptakan brand awareness. Tidak begitu sulit untuk menerapkan strategi pemasaran satu ini bila kamu memahami jenis dan cara penggunaannya.

Lalu, apa itu email marketing, jenis-jenis beserta strateginya? Kamu bisa menyimak informasi selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: PENGERTIAN, KONSEP, DAN CONTOH MARKETING MIX 7P: PENTING DIKETAHUI

Jenis-jenis Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi yang banyak dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan pemasaran. Sederhananya, email menjadi media penghubung antara brand dan audiens. Melalui strategi tersebut, maka kegiatan promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Berikut adalah jenis-jenisnya:

1. Email Newsletter

Newsletter
Sumber Gambar: Freepik

Email Newsletter cukup populer dan sering digunakan untuk bisnis skala kecil hingga besar. Bagi para pebisnis kecil, email marketing satu ini cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Email newsletter bisa berisi berbagai konten menarik termasuk pengumuman mengenai layanan maupun produk terbaru dari bisnismu. Hal yang perlu kamu ingat pasti setiap kali membuat email marketing ini adalah apakah konten tersebut bisa membantu untuk menjaga hubungan kamu dengan pelanggan dan memperkuat loyalitas dari pelanggan tersebut.

2. Acquisition Emails

Email Akuisisi berfungsi untuk menargetkan calon pelanggan kamu yang belum melakukan transaksi. Kamu bisa membuat penawaran menarik dengan konten-konten yang informatif. Tunjukkan juga bahwa dengan menjadi pelanggan bisnismu, maka mereka bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang sepadan.

3. Retention Emails

Jika kamu baru saja membuka bisnis, penggunaan retention email bisa kamu pertimbangkan. Retention email akan meminta umpan balik serta jawaban dari penawaran yang diberikan kepada pelanggan yang belum bertransaksi. Bentuk email marketing ini bisa menjaga komunikasi dengan pelanggan sambil terus mempromosikan bisnis kamu.

4. Promotional Emails

Promotion
Sumber Gambar: Freepik

Email Promosi bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta membantu pelayanan dan promosi produk lebih efektif. Kamu juga bisa menggunakan email promosi untuk menawarkan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan pelanggan bila membeli produk usahamu.

Strategi Email Marketing

Email marketing tidak hanya cocok untuk berbagai skala bisnis, penerapannya pun mudah dan jauh lebih efektif. Saat ini penggunaan email marketing bisa jadi salah satu pilihan kamu untuk mengembangkan bisnis.

Namun, dalam penggunaannya, ada beberapa strategi yang bisa kamu gunakan. Sebab, dengan platform yang berbeda, maka hasilnya pun dapat berbeda.

1. Pahami Kebiasaan Calon Pelanggan 

Setiap jenis kegiatan marketing, membutuhkan analisa dari kebiasaan dan karakter sebagian besar target market. Tujuan dilakukannya riset tersebut untuk mengetahui informasi mengenai ketertarikan target market secara garis besar.

Setelahnya, kamu bisa mulai menentukan strategi marketing mana yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan bisnis kamu. 

2. Tetapkan Target Penjualan

Target Penjualan
Sumber Gambar: Freepik

Kamu bisa mencari tahu, berapa rata-rata penjualan yang kamu dapatkan melalui email. Gunakan angka tersebut sebagai acuan untuk menetapkan berapa penjualan yang kamu inginkan. Pastikan juga angka tersebut cukup realistis ujtuk dicapai bersama tim. 

3. Kelompokkan Pengguna

Jika kamu sudah mengetahui karakter utama dari calon pelanggan serta target penjualan yang kamu inginkan. Maka kamu bisa mengelompokkan mereka sesuai dengan minat maupun kecondongan dari domisili dan usia.

Tujuannya agar nanti mereka bisa menerima email marketing mengenai penawaran produk yang lebih spesifik dengan minat mereka.

4. Pilihlah Jenis Campaign yang Diinginkan

Tentukan campaign seperti apa yang kamu inginkan dalam strategi marketing milikmu. Campaign tersebut harus sesuai dengan target marketmu sambil menentukan jadwal pengiriman email secara rutin. Tujuan dari menentukan jadwal pengiriman ini akan berfungsi untuk menjaga hubungan dan kepercayaan pelanggan.

 5. Evaluasi Hasil

Evaluasi
Sumber Gambar: Freepik

Kamu bisa mulai mengevaluasi hasil dari strategi email marketing yang kamu lakukan dengan menetapkan standar keberhasilan atau KPI dan mencoba metode A/B testing. 

BACA JUGA: 6 CONTOH MOTIVATION LETTER DAN CARA MEMBUATNYA DENGAN MUDAH


Nah, itu dia Toppers pengertian hingga jenis dan strategi email marketing secara umum. Semoga dapat berguna dan menambah wawasan, Toppers!

Untuk memperdalam pengetahuan serta wawasan mengenai ilmu marketing dan strateginya, kamu bisa mempelajarinya melalui berbagai buku yang dijual di Tokopedia!

kartu pra kerja tokopedia
Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Share

Claudia JeheskielClaudia Jeheskiel

Related Articles

11 Persiapan Menyambut Ramadan: Semakin Berkah di Bulan Suci
Topik Seru Lainnya
11 Persiapan Menyambut Ramadan: Semakin Berkah di Bulan Suci
© 2009-2024, PT Tokopedia