• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Apa Itu Standby Loan dan Apa Manfaatnya?

Share

Apa Itu Standby Loan dan Apa Manfaatnya?

Pengertian Stand by Loan – Untuk perkara pinjam meminjam, tak bisa dipungkiri adanya berbagai istilah yang jarang diketahui orang pada umumnya. Dalam urusan bisnis, perkara peminjaman tak pernah luput, dan salah satu istilah yang harus dikenal adalah standby loan. Apa definisi dari standby loan? Lantas, apa manfaatnya? Dan bagaimana performa standby loan jika dibanding mekanisme pinjaman lainnya? Mari simak di bawah ini:

Pengertian stand by loan

Standby loan adalah komitmen pinjaman dengan mekanisme tersendiri di mana pemberi pinjaman menyertai komitmen tertulis terhadap pinjaman dana pada suatu kondisi di masa depan. Saat proses pinjam meminjam terjadi, ada kesepakatan di mana dana pinjaman tidak bisa digunakan kecuali suatu kondisi yang tertulis dalam persyaratan terjadi.

Standby Loan Tokopedia

Manfaat stand by loan

Standby loan bermanfaat sebagai cadangan dana sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu, dengan standby loan, dana bisa dipakai sesuai kebutuhan tanpa harus membayar bunga penuh.

Perbandingan dengan fixed loan dan rekening koran

Mari sejenak kita bandingkan standby loan dengan metode peminjaman fixed loan dan rekening koran. Pinjaman fixed loan adalah kredit modal kerja dimana pembayaran atau pelunasannya dilakukan bersamaan sesuai plafon kredit dengan pemberitahuan debitur pada bank. Debitur juga menandatangani Surat Pengakuan Hutang saat penarikan fasilitas kredit.

Bentuk kredit modal usaha lainnya adalah pinjaman Rekening Koran. Pinjaman ini berbentuk suatu fasilitas bagi debitur untuk melakukan penarikan melalui rekening koran hingga tercapai saldo negatif tertentu menggunakan cek/giro.

Baca juga: Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Ini 4 Hal untuk Diketahui

Dengan informasi dari 3 poin di atas, tentunya sudah jelas keunggulan dari standby loan dengan segala manfaatnya. Dengan menggunakan sistem standby loan, Anda dapat gunakan dana secara lebih fleksibel tanpa harus membayar bunga penuh.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia