7 Perayaan Imlek di Berbagai Negara, Intip Kemeriahannya!

0
176
perayaan imlek di berbagai negara
Sumber Gambar: PXHere

Selain di Indonesia, Chinese New Year disambut dengan meriah. Berikut ini tempat perayaan Imlek di berbagai negara yang speaktakuler!


Perayaan pergantian tahun berdasarkan kalender lunar ini tentu banyak dinanti, terutama oleh etnis Tionghoa. Di China sendiri, libur di saat perayaan Imlek menjadi ajang pulang kampung terbesar.

Selain di Tiongkok dan Hongkong, yang memiliki festival meriah saat Imlek, di berbagai belahan dunia dan kota lainnya, Imlek juga dirayakan dengan meriah, lho!

Ini dia kemeriahan perayaan Imlek di berbagai negara di dunia!

promo imlek
Lengkapi berbagai kebutuhan Imlek-mu yang semuanya bisa kamu temukan di sini!

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Tahun Baru Imlek 2020 DIY Terbaik

1. Perayaan Imlek di Sepanjang West End, Inggris

1. Perayaan Imlek di Sepanjang West End, Inggris
Sumber Gambar: Nusa Trip

Beberapa tahun lalu, festival perayaan Imlek dilakukan sebelum tahun baru. Sejak tahun 2018 perayaan Imlek diselenggarakan setelah Tahun Baru Imlek. Perayaan Imlek di London digelar sepanjang West End, mulai dari Shaftesbury Avenue sampai Trafalgar Square.

Di sini kamu dapat melihat tarian naga dan singa mulai dari Charing Cross Road hingga Chinatown, pertunjukkan seni bela diri khas Tiongkok seperti Tai Chi Chuan, pertunjukkan tari tradiosonal Tiongkok, dan festival kuliner khas Tiongkok di Trafalgar Square.

Festival perayaan Imlek di London selalu ramai setiap tahunnya. Buat kamu yang merasakan hal baru dari Imlek, bisa banget untuk merayakan Tahun Baru Imlek di London.

2. Imlek Ria di Yaowarat, Thailand

2. Imlek Ria di Yaowarat, Thailand
Sumber Gambar: PXHere

Bangkok menjadi salah satu komplek Pecinan terbesar di dunia, loh! Saat perayaan Imlek di Thailand, hal yang paling ditunggu-tunggu adalah festival kulinernya. Tentu ada pertunjukkan Barongsai, musik, dan kembang api di sana.

Pemerintah Thailand juga bekerja sama dengan Pemerintah Cina dalam menyelenggarakan acara Imlek Ria di Yaowarat. Acara tersebut diselenggarakan untuk memeriahkan Imlek yang di dalamnya ada akulturasi budaya dari Thailand dan Cina.

3. Perayaan Imlek di San Francisco dan Los Angeles

3. Perayaan Imlek di San Francisco dan Los Angeles
Sumbr Gambar: Kontan

Dua kota di Amerika Serikat yang memiliki perayaan Imlek paling meriah adalah San Fransisco dan Los Angeles. Di Los Angeles, festival perayaan Imlek dimeriahkan dengan games, tampilan tari tradisional Cina, menikmati street food, dan bermain petasan. Festival biasanya dimulai pada tengah malam tahun baru di salah satu kelenteng.

Kalau di San Fransisco, kamu bisa menikmati festival khas Imlek pada malam hari. Festival di San Fransisco itu salah satu yang meriah di dunia, loh! Kamu akan melihat parade naga barongsai dengan naga yang sangat panjang dan dragon boat yang akan diarak keliling kota, 

4. Dragon Boat Race, Sydney

4. Dragon Boat Race, Sydney
Sumber Gambar: indomedia

Perayaan Imlek di kota Sydney awalnya hanya dilakukan oleh komunitas kecil, Toppers. Seiring berjalannya waktu, perayaan Imlek di Sydney menjadi salah satu perayaan yang meriah.

Banyak lampion berwarna-warni yang akan menghiasi kota. Selain itu juga barongsai, tarian naga dan singa, dan pameran lentera. Tentu perayaan Imlek paling ramai berada di Chinatown. 

Momen yang ditunggu-tunggu dari perayaan Imlek di Sydney adalah dragon boat race di Darling Harbor. Para pendayung akan beradu kecepatan di sampan naga sepanjang 12 meter dan akan ditemani tabuhan drum di setiap sampan.

dekorasi imlek
Imlek lebih meriah dan sempurna dengan dekorasi wajib ini!

Baca juga: Ingin Tampil Cantik di Hari Imlek? Ini Dia Rules Yang Harus Diikuti

5. Perayaan Imlek di Vietnam

5. Perayaan Imlek di Vietnam
Sumber Gambar: okezone

Imlek di Vietnam disebut dengan Tet, yang merupakan singkatan dari Tet Nguyen Dan dan memiliki arti perayaan pagi pertama di hari pertama. 

Perayaan Tet di Vietnam dilakukan selama tiga hari sampai seminggu dengan menyediakan beragam makanan khas seperti Mut (manisan buah), banh cing (kue ketan yang berisi babi dan kacang).

Orang-orang di Vietnam akan menghabiskan waktu bersama keluarganya saat Imlek. Seperti perayaan Idul Fitri di Indonesia, para orang tua di Vietnam akan memberikan angpao kepada anak-anaknya.

Di Vietnam juga ada parade barongsai, tabuhan gendang, pesta kembang api, dan warga akan menggunakan pakaian yang berwarna terang. Mereka mempercayai bahwa suara bising dan warna yang terang akan mengusir roh jahat.

6. River Hangbao, Singapura

6. River Hangbao, Singapura
Sumber Gambar: straitstime

Singapura juga memiliki perayaan Imlek yang meriah, Toppers. Kawasan yang bisa kamu kunjungi untuk merayakan Imlek adalah Chinatown. Chinatown memiliki acara Chinatown Street Light Up yang akan menampilkan barongsai, atraksi memakan api, dan tarian yang akan memeriahkan Kreta Ayer Square.

Area F1 di Singapura juga akan disulap menjadi tempat festival Chingay Parade saat Tahun Baru Cina. Di sini kamu akan menyaksikan festival kostum ini dari berbagai etnis seperti Melayu, India, dan Tionghoa.

Acara yang paling ditunggu-tunggu adalah River Hangbao yang digelar di Marina Bay. Kamu bisa melihat lentera yang berukuran besar, tokoh legenda Tiongkok, dan pesta kembang api yang meriah!

7. Perayaan Imlek di Paris, Prancis

Perayaan Imlek di Paris, Prancis
Sumber Gambar: xinhuanet

Prancis juga memiliki perayaan Imlek yang meriah, Toppers. Tepatnya di Paris, 13th Arrondissement atau Distrik 13. Sebelum menuju puncak acara, yaitu parade, terdapat berbagai macam lomba, pameran foto, dan acara musik untuk memeriahkan tahun baru.

Chinatown di Paris akan bernuansa merah dan emas, dan parade barongsai pun digelar. Lampu Menara Eiffel juga akan berubah berwarna merah saat perayaan Imlek.

Baca Juga: Menjelajahi Jejak Pecinan di Jakarta yang Bersejarah

Nah, itu dia perayaan Imlek di berbagai negara di dunia. Kalau kamu ingin merasakan suasana Imlek baru, negara-negara di atas dapat menjadi pilihannya!

discovery tokopedia imlek
Temukan beragam makanan wajib Tahun Baru Imlek terlengkap di sini!

Penulis: Felly Eliza Putri