• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Tingkatan Permainan dalam Squid Games dan Penjelasannya

Share

7 Tingkatan Permainan dalam Squid Games dan Penjelasannya

Squid Game memiliki 7 tingkatan permainan yang harus diselesaikan oleh pesertanya. Berikut ini merupakan urutan permainan squid game dan penjelasannya.


Squid Game adalah serial drama survival Korea Selatan dari penulis-sutradara Hwang Dong-hyuk yang tayang perdana pada bulan September dan berhasil menduduki 10 teratas serial Netflix selama tiga minggu berturut-turut karena seru dan ceritanya yang cukup unik.

Seong Gi-hun (Lee Jung-jae), seorang ayah yang bercerai dan pecandu judi direkrut ke dalam turnamen 456 orang misterius dengan tantangan bermain Ddakji untuk memenangkan hadiah uang tunai yang cukup besar. 

Gi-hun dan para pemain lainnya menghadapi enam tantangan berisiko tinggi yang mengakibatkan pemain terbunuh atau diberi kesempatan untuk maju ke babak berikutnya.

Untuk kamu yang ingin mengetahui tingkatan permainan dan makna di balik setiap permainan Squid Games. Simak penjelasan berikut ini. Hati-hati spoiler ya, Toppers!

Tingkatan Permainan Squid Games

Tingkatan permainan dalam Squid Games ternyata terinspirasi dari permainan masa kecil atau tradisional, lho. Bedanya, dalam Squid Games, semua permainan ini dikemas secara menantang dan mengancam nyawa. Simak selengkapnya.

1. Ddakji

permainan dalam squid game
Sumber Gambar: Sportskeeda

Meskipun game ini bukan bagian dari turnamen Squid Game, ini adalah game yang menuntun Gi-hun bermain Squid Game, Toppers. Gi-hun didekati oleh seorang sales misterius yang menawarkan untuk membayar 100.000 won untuk setiap putaran permainan Ddakji.

Ddakji adalah permainan tradisional Korea yang menggunakan media kertas. Gi-hun dan sales bergiliran menggunakan potongan kertas yang dilipat untuk memukul kertas satu sama lain, dan yang pertama membuat kertasnya terbalik, ia yang akan menang.

Namun, Gi-hun gagal dalam permainan ini, sehingga berhutang pada sales karena tidak mempunyai uang. Sebagai gantinya, Gi-hun membiarkan dirinya ditampar. 

Tidak ada bahaya dalam permainan ini selain secara fisik dipermalukan di depan umum. Setelah permainan ini selesai, Gi-hun diberikan kartu telepon jika tertarik mengikuti Squid Game, Toppers.

Baca Juga: 15 Series Netflix Terbaik & Terbaru di Tahun 2021

2. Lampu Merah Lampu Hijau

permainan dalam squid game
Sumber Gambar: CNET

Permainan pertama dalam tingkatan permainan Squid Game adalah lampu merah, lampu hijau. Aturan permainannya adalah pemain berdiri di ujung lapangan di belakang garis start dan ketika permainan dimulai, pemain harus menyeberang ke sisi yang berlawanan dari lapangan.

Pemain bisa bergerak hanya ketika orang di sisi yang berlawanan yakni, boneka yang sangat besar mengatakan “Lampu Hijau” dan berhenti ketika mereka mengatakan “Lampu Merah.” Jika seseorang terlihat bergerak setelah Lampu Merah dipanggil, mereka dieliminasi dari permainan. 

Para pemain hanya memiliki waktu lima menit untuk melintasi lapangan hingga garis finish. Lagu Lampu Merah, Lampu Hijau adalah penentu nada yang sempurna untuk kengerian yang akan segera dialami peserta kompetisi.

3. Ppopgi atau Dalgona

permainan dalam squid game
Sumber Gambar: Mashable SEA

Dalgona adalah sebuah permen tradisional Korea yang terbuat dari gula cair dan soda kue yang ditekan dengan bentuk unik oleh pemotong kue. Tak disangka, permen yang manis berbentuk unik ini menjadi sebuah permainan dalam Squid Games yang cukup menantang.

Aturan permainan ini cukup sederhana, Toppers. Masing-masing pemain diberikan kaleng berisi permen yang dicap dengan salah satu dari empat bentuk yang mereka pilih secara acak sebelum permainan dimulai, yakni bentuk lingkaran, segitiga, bintang, atau payung. 

Untuk bertahan hidup, setiap pemain harus mengeluarkan permen dengan bentuk utuh dari kaleng permen dalam waktu 10 menit. Jika seorang pemain tidak dapat memenuhi salah satu dari persyaratan ini, mereka ditembak di tempat.

4. Tarik Tambang

permainan dalam squid game
Sumber Gambar: Polygon

Permainan berikutnya adalah tarik tambang. Tak hanya di Korea, permainan tarik tambang tentunya ada di Indonesia dan biasa dimainkan saat pagelaran lomba 17 Agustus, Toppers. Permainan ini butuh koordinasi tim yang kompak agar bisa memenangkan pertandingan.

Satu tim pemain memegang salah satu tali besar yang dikepang sementara tim lain memegang sisi berlawanan dari tali tersebut.

Tujuan permainan ini adalah untuk mengalahkan tim lawan dengan menarik tali pada saat yang sama, menyeret mereka melintasi garis pemisah yang ditarik di tengah di antara keduanya.

Penyelenggara kompetisi di Squid Game meningkatkan kesulitan dengan meminta peserta dirantai ke tali tersebut dan berdiri beberapa ratus kaki di atas jurang yang sangat tinggi. Jika sebuah tim dikalahkan dan kalah, mereka diseret di atas jurang dan memotong tali menjadi dua, mengirim mereka jatuh ke kematian yang akan segera terjadi.

Jenis permainan yang menekankan sikap “bunuh atau dibunuh” dan harus mereka lakukan jika memiliki harapan untuk selamat dari turnamen dan mengklaim hadiah 45,6 miliar won.

5. Permainan Kelereng

permainan dalam squid game
Sumber Gambar: Amazfeed

Untuk anak-anak, kelereng adalah permainan yang menyenangkan untuk menghabiskan sore hari di luar rumah bersama teman-teman. Dalam Squid Game, kelereng akan mengancam nyawa para pemainnya.

Dalam tingkatan ini, pemain perlu memainkan permainan apapun yang membuat dengan pasangan permainan menggunakan 20 kelereng dan siapa pun yang memiliki semua kelereng pada akhir babak ini adalah pemenangnya.

Permainan ini cukup berat dilalui oleh para pemain Squid Game, karena sebagian besar teman bermain kelereng mereka adalah orang yang cukup dekat dengan mereka dan terpaksa harus gugur dalam tingkatan kelereng ini.

6. Permainan Pijakan Kaca

permainan dalam squid game
Sumber Gambar: Game Rant

Game berikutnya dalam tingkatan permainan Squid Game adalah permainan pijakan kaca atau Glass Bridge. Pada awal permainan, masing-masing dari enam belas pemain yang tersisa berdiri di ujung ruangan raksasa yang cukup tinggi. 

Di antara pintu masuk dan pintu keluar ruangan terdapat dua “jembatan” dari panel kaca yang berdampingan, masing-masing dengan 18 panel melintang. Pemain harus menyeberangi jembatan ke sisi lain ruangan dalam waktu 16 menit. 

Masing-masing kacal di antara dua jembatan terbuat dari salah satu dari dua jenis kaca: kaca tempered, yang dapat menahan beban setidaknya dua pemain, dan kaca biasa, yang akan pecah saat terkena benturan dan membuat pemain jatuh ke kematian mereka. 

Jembatan Kaca adalah game yang paling menakutkan, dan sulit di permainan Squid Game karena tantangannya sangat menegangkan dan cukup banyak memakan korban.

7. Ojingeo Nori atau Squid Game

permainan dalam squid game
Sumber Gambar: kbizoom

Ojingeo Nori atau Squid Game adalah tantangan terakhir dalam permainan ini yang menentukan pemenang utama yang dapat mengantongi 45.6 miliar won. Permainan ini merupakan permainan masa kecil yang biasa dimainkan oleh anak-anak di Korea.

Pada tingkatan ini, Gi-hun melawan teman semasa kecilnya untuk berusaha memenangkan pertandingan namun dikemas dengan perkelahian yang menggunakan pisau. Squid Game dimainkan di lapangan yang digambar di pasir, memisahkan pemain menjadi tim penyerang dan pembela yang berlawanan. 

Tujuan penyerang adalah untuk menyeberangi tengah lapangan dengan satu kaki sebelum mencoba mencapai kotak “rumah” yang ditarik di sisi berlawanan dari lapangan, sementara tujuan pemain bertahan adalah untuk menghentikan mereka dengan segala cara, salah satunya menggunakan pisau.

Baca Juga: 10 Film Action Korea Terbaik, Cerita Seru & Aksi Menegangkan!

Nah, itu dia 7 tingkatan permainan Squid Games yang membuat penonton deg-degan karena setiap tingkatannya mengancam nyawa seseorang. Untuk kamu yang ingin membeli aksesoris pemainan Squid Game terbaik hanya di Tokopedia.

Penulis: Zihan Berliana

© 2009-2024, PT Tokopedia