Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Pesta Ulang Tahun Anak

1437
persiapan ulang tahun anak

Pesta Ulang Tahun Anak – Pesta ulang tahun yang dirayakan di masa kecil pasti akan diingat terus oleh anak. Maka dari itu, pesta ulang tahun yang sempurna sangat penting perannya. Jadi apa saja yang harus dipersiapkan untuk pesta ulang tahun anak? Tak perlu bingung lagi, cukup cek daftar hal yang perlu dipersiapkan di pesta ulang tahun berikut:

Baca juga: Yuk Kenali 8 Cemilan yang Baik untuk Perkembangan Anak

Tips Persiapan Pesta Ulang Tahun Anak

Tanyakan tema pada anak

tips mempersiapkan ulang tahun anakSumber gambar: POPSUGAR

Sebelum memutuskan tema, ada baiknya “konsultasi” terlebih dahulu dengan anak. Tema seperti apa yang ia mau? Apakah itu serba serbi Dora, superhero, atau Frozen, pesta ulang tahun dengan tema sesuai keinginan anak pasti akan lebih memorable baginya. Selain itu, membeli peralatan pesta pun lebih mudah karena sudah ada gambaran tema. Sesuaikan semua elemen dalam pesta ulang tahun mulai dari hiasan kue ulang tahun hingga dress ulang tahun anak dengan tema agar nuansa dari tema lebih kuat dan terasa.

hiasan kue ulang tahun

Buat daftar tamu

Poin ini ada baiknya juga untuk didiskusikan dengan anak. Apa anak ingin satu kelas untuk datang atau hanya beberapa teman dekatnya saja? Apapun pilihannya, buat daftar tamu yang akan dikirim undangannya, dan tetapkan sistem RSVP untuk putuskan siapa saja yang fix akan datang.

Follow-up RSVP

Sistem RSVP memang lebih mudah, namun bukan berarti semua orang akan konsisten merespon undangan. Sekitar H-7, coba follow up para undangan yang belum konfirmasi untuk memastikan kedatangan mereka. Pasti tak mau kan bila anak merasa sedih di pestanya karena sahabatnya tidak bisa datang?

Buat daftar hiburan

Anak-anak cepat bosan dan harus beraktivitas setiap saat. Maka dari itu, agar pesta terasa semarak dari awal hingga akhir, buat daftar hiburan yang akan berlangsung selama pesta. Opsi untuk hiburan bisa dalam bentuk performance seperti sulap, games, face-painting, main bongkar-pasang, trampolin, dan lain lain.

persiapan ultah anakSumber gambar: Supermommy

Catat barang yang harus dibeli

Setelah semua tamu konfirmasi kedatangan, waktunya untuk catat barang yang wajib dibeli untuk pesta. Jangan lupa untuk masukkan benda penting seperti meja dan kursi lipat, alat makan, topi ulang tahun, perlengkapan pesta, serta stereo musik ke dalam daftar.

Atur menu

Makanan dan minuman tentu tak boleh ketinggalan dalam pesta ulang tahun anak. Jika kamu ingin membuat kue sendiri, buat dulu kue-nya dan baluri dengan krim di hari H agar tetap segar. Jika memesan kue, masih bisa dipesan hingga H-2 acara. Menu makanan kecil juga harus diatur, dan usahakan berisi makanan kid-friendly seperti kentang goreng atau nugget. Cek dulu dengan orang tua para anak yang akan datang ke pesta dan tanya apabila mereka memiliki alergi pada makanan tertentu.

Dekorasi

Jika pesta ulang tahun dilakukan di luar rumah, dekorasi dapat minta bantuan staf. Namun, bila pesta dirayakan di rumah, dekorasi rumah mulai H-1 agar tidak keteteran di hari berikutnya. Untuk mencegah tamu anak-anak untuk memasuki area rumah yang tak diinginkan, halangi dengan dekorasi pita-pita dan balon. Untuk sentuhan yang lebih seru, sewa alat peniup balon bubbles untuk kesan lebih semarak.

balon huruf

Jangan lupa goodie bags!

Setelah pesta usai, para tamu kecil pasti akan menunggu goodie bags. Kamu bisa isi goodie bags dengan aneka snack, kartu ucapan terima kasih, atau permen dengan hadiah-hadiah kecil di dalamnya. Goodie bag akan menunjukkan apresiasi pada tamu, dan mereka pun tak akan ragu untuk datang ke pesta ulang tahun selanjutnya.

Baca juga: Ini Pilihan Kado Ulang Tahun yang Bermanfaat Untuk Perkembangan si Kecil

Itulah 8 hal yang perlu dipersiapkan untuk pesta ulang tahun anak tak terlupakan. Selamat mencoba, dan semoga anak bersenang-senang dalam pesta ulang tahunnya.

souvenir ulang tahun

Bagikan Artikel