• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Walikota Jaksel: Keberhasilan UMKM Ada di Tangan Semua Pihak

Share

Walikota Jaksel: Keberhasilan UMKM Ada di Tangan Semua Pihak

Keberhasilan UMKM ada di tangan semua pihak. Hal ini diungkapkan oleh Tri Kurniadi, Wali Kota Jakarta Selatan, pada Kamis (17/11/2016) di kantornya saat menghadiri pembinaan UMKM naungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan oleh Tokopedia.

“UMKM merupakan salah satu pondasi perekonomian. Di Jakarta Selatan sendiri sudah ada 6.800 UMKM binaan yang tercatat dan pengembangannya perlu terus-menerus dilakukan. Bukan hanya oleh pemerintah, UMKM yang bersangkutan juga harus memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan kualitas produknya agar bisa bersaing,” kata Tri.

Ia juga menerangkan bahwa pihak swasta seperti Tokopedia juga bisa ikut membantu dalam hal pemasaran online yang pada dasarnya menawarkan berbagai kemudahan. “Misal dari segi modal, UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya sewa toko fisik, lalu dari pengiriman karena Tokopedia terhubung dengan berbagai logistik,” ujar Tri. Menurutnya, UMKM harus lihai memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengembangkan usaha.

Hal tersebut didukung oleh pernyataan Kepala Dinas Koperasi, UMKM, serta Perdagangan DKI Jakarta Irwandi. Ia mengungkapkan bahwa ada tiga kendala dalam pengembangan UMKM, yaitu permodalan, akses pemasaran dan SDM.

“Kami sangat berterima kasih kepada Tokopedia karena turut memberikan solusi untuk tiga kendala itu. Melalui Tokopedia, UMKM bisa membuka dan mengelola toko onlinenya secara mudah dan gratis. Akses pasar pun menjadi lebih luas karena pembeli di Tokopedia berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, Tokopedia juga ternyata rutin mengadakan pelatihan kepada UMKM berkaitan dengan pemasaran online,” jelas Irwandi. Peran-peran itulah yang menurut Irwandi ikut mendorong kemajuan UMKM di Indonesia. Ia pun berharap Tokopedia selalu konsisten melakukan sosialisasi pemanfaatan internet dalam berbisnis kepada UMKM.

Pembinaan ini sebenarnya sudah yang kali kedua. Sebelumnya, Tokopedia menggandeng Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dan ke depannya, Tokopedia akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, Barat dan Selatan.

“Sosialisasi seperti ini akan terus kami lakukan karena kami ingin memastikan siapa saja masyarakat Indonesia dapat menikmati akses pemerataan ekonomi secara digital, baik dalam mencari dan menemukan produk kebutuhan mereka dengan harga terbaik yang transparan, juga kesempatan mereka memulai dan membangun mimpi, serta usaha mereka lewat Tokopedia,” tutup Vice President Tokopedia Melissa Siska Juminto.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Lulusan SMP Ini Gapai Mimpi Setinggi Langit Lewat Internet
Press Release
Lulusan SMP Ini Gapai Mimpi Setinggi Langit Lewat Internet
© 2009-2024, PT Tokopedia