• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Gamepad Logitech F310: Kekurangan dan Kelebihan

02 April 2020
Share
Review Gamepad Logitech F310: Kekurangan dan Kelebihan

Logitech F310 disebut-sebut sebagai gamepad yang memiliki kualitas premium dikelasnya. Namun sebelum kamu membeli, simak review berikut!


Gamepad sudah menjadi salah satu alternatif pada saat mouse dan keyboard udah tidak lagi relevan untuk sebuah game, dalam artikel kali ini akan membahas tentang gamepad wired Logitech F310.

Logitech sudah memperkenalkan produk gamepadnya sejak tahun 2003, gamepad seri F adalah lini gamepad terbarunya dan F310 adalah produk pertama dari seri F tersebut. Dengan harga Rp.299.000 F310 bisa dibilang paling baik di kelasnya.

Kelebihan Logitech F310

1. Desain yang Friendly untuk PS4 User

Desain gamepad ini sekilas mirip dengan gamepad atau controller Playstation, yang menjadi pembeda yaitu pemilihan warna untuk action button dan juga simbol yang digunakan dari gamepad Xbox.

2. Build Quality

logitech f310 review
Sumber Gambar: Thingiverse

F310 tidak akan membuat tangan kamu cepet lelah dikarenakan desainnya yang ergonomis dan nyaman untuk digunakan. Faktor lain yang membuatnya ringan yaitu gamepad Logitech ini hanya memiliki berat 210 gram dan menggunakan bahan plastik untuk bodynya.

3. Kabel USB yang Fleksibel

Untuk konektivitas, F310 menggunakan USB 2.0 yang cukup responsif. Untuk bagian kabel, panjang kabelnya 1.8 meter sehingga cukup untuk dapat bermain sambil bersantai di kasur atau di sofa.

BACA JUGA: 10 Game Horor PC Terbaik untuk Dimainkan di Tahun 2020

4. Tombol-tombol yang Terasa Solid

Sebagian besar tombol di Logitech F310 ini terasa sangat solid dan terpasang dengan baik. F310 memliki 4 digital action key, 8 way keypad button, 2 buah shoulder button, 2 buah trigger button, dua buah analaog, tombol start, back, home, mode selector, dan Xinput Dinput switch button di bagian belakang.

5. Fitur Xinput Dinput

logitech f310 review
Sumber Gambar: Fast Click

Di bagian belakang F310 ada Xinput Dinput switch button yang membuat kamu dapat memilih antara preset input atau custom input. Untuk custom input, bisa kamu atur melalui software yang dapat diunduh di website resmi Logitech atau CD driver bawaan. Hanya beberapa game yang mampu mengubahnya secara on the fly. Untuk mode Xinput biasanya komputer akan membacanya sebagai Xbox Controller.

6. Software yang Dapat Custom Input Button

Logitech F310 mampu mengcustom tombol-tombol yang ada dan mampu meng-save key banking-nya. Secara tampilan, software Logitech ini nampak sangat klasik dan mudah untuk user atur.

promo official store
Ingin beli barang yang dijamin ori? Cek di sini!

Kekurangan Logitech F310

1. Tombol Trigger yang Kurang Nyaman

logitech f310 review
Sumber Gambar: Pavan Computers

Tombol trigger yang ada diatas jaraknya bisa dibilang pendek dan cukup keras ketika pertama kali digunakan. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan bermain, khususnya saat memainkan game balapan yang dapat menyebabkan jari mudah lelah.

2. Tidak Cocok Untuk Xbox User

Walaupun menggunakan action button ala Xbox, mungkin F310 akan di lewati bagi kamu para pengguna Xbox karena desain yang digunakan sama persis dengan controller PlayStation yang akan membuat kamu beradaptasi lagi dengan skema kontrolnya.

BACA JUGA: Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Komputer

3. Tidak punya fitur Vibration

Sayangnya untuk seri F310 tidak memiliki fitur vibration. Fitur vibration hanya ada di seri Logitech F510 dan gamepad Logitech F710.

4. Bahan Plastik Mudah Tergores

Double Grip yang terletak di sisi kiri dan kanan handheld membuat tangan tidak mudah tergelincir ketika menggengamnya. Namun, plastik yang ada dibagian bawah bodynya mudah tergores, sehingga kamu harus lebih berhati-hati saat menggunakannya.

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

Gamepad dengan harga yang terbilang murah ini memiliki kualitas yang bagus, bahkan yang terbaik di kelasnya. F310 masih konsisten dengan desain klasik dikombinasikan dengan teknologi yang kekinian.

Desain yang ergonomis dan bobot ringan, membuatnya nyaman dan ringan dalam genggaman. Logitech F310 merupakan salah satu pilihan alternatif untuk kamu yang mencari gamepad dengan budget yang tidak terlalu menguras dompet.

Harga gamepad Logitech F310 ini tergolong bersahabat, bisa langsung kamu beli di Official Store Logitech yang ada di Tokopedia!

Game console portable
Hilangkan stres dan temukan kebahagiaan dengan konsol game terbaik di sini!

Penulis: Ramanov Barezki

© 2009-2023, PT Tokopedia