Review Oppo Reno 3 Pro, Perketat Persaingan Smartphone Premium

0
665
review oppo reno 3 pro
Sumber Gambar: Android Authority

Oppo baru saja merilis Reno 3 Pro yang digadang-gadang sebagai suksesor dari Oppo Reno 2. Saja sih keunggulan dan kekurangan dari Reno 3 Pro?


Awal Maret 2020 ini, Oppo baru saja merilis smartphone terbarunya, Oppo Reno 3 Pro. Smartphone ini merupakan suksesor dari Oppo Reno 2.

Dengan harga beda-beda tipis, Reno3 Pro menawarkan kelebihan dari spesifikasi yang tak dimiliki oleh Reno3. Cek kelebihan dan kekuranganya!

Campaign Gebyar Diskon Elektronik
Temukan barang-barang elektronik dan gadget idaman dengan harga dan diskon menawan di sini!

Baca Juga: Daftar Smartphone Oppo Terbaik, Unggulkan Kamera dan Desain Masa Kini

Kelebihan Oppo Reno 3 Pro

1. Desain Premium

desain premium

Oppo Reno 3 Pro mempunyai empat pilihan warna yaitu White, Black, Starry Night Blue, dan Sunrise. Desain premium HP Oppo Reno 3 Pro bisa dilihat penempatan kamera belakang yang layaknya smartphone kelas flagship.

Kamera belakang membujur secara vertikal yang diletakan di sisi kiri bagian atas body. Hal lain yang membuat smartphone ini terlihat premium adalah layar Oppo Reno 3 Pro seluas 6,5 inci dan dibuat curvy.

2. Kamera Selfie 44 Megapixel

kamera selfie

Salah satu fitur yang menjadi unggulan Oppo Reno 3 Pro adalah kamera selfie dengan sensor 44 megapiksel. Kamera selfie tersebut juga ditemani kamera sekunder 2 megapiksel.

Kamera 44 megapiksel tersebut memiliki bukaan lensa f/2.4, serta kamera 2 megapiksel di sebelahnya berperan sebagai depth sensor untuk menciptakan efek bokeh. Tidak lupa juga, kamera ini memiliki fitur Ultra Night Selfie.

3. Storage yang Besar

Media penyimpanan juga menjadi salah satu unggulan yang dimiliki Oppo Reno 3 Pro. Smartphone buatan Oppo ini sudah menggunakan UFS 2.1 yang dapat bekerja lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Oppo Reno 3 Pro memiliki kapasitas memori internal dan RAM yang sangat besar dengan 2 varian, yaitu varian RAM 8GB/128GB, dan RAM 128GB/256GB.

4. Fitur VOOC Flash Charge 4.0

Dari sisi pengisian baterai, smartphone ini didukung dengan fitur VOOC Flash Charge 4.0. Dengan fitur tersebut, proses pengisian daya baterai mampu berjalan lebih cepat dibandingkan dengan teknologi pengisian yang dimiliki generasi sebelumnya.

5. Layar Super AMOLED

Layar Oppo Reno3 Pro berukuran 6,5 inci dengan panel Super AMOLED. Ponsel ini memiliki rasio layar FullHD+, aspect ratio 20:9, dan untuk durabilitas, Oppo Reno 3 menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Layar tersebut juga memiliki deteksi sentuhan 180 Hz dengan refresh rate 90 Hz dan dibelaki sensor fingerprint. Sertifikat TUV Rheinland juga dimiliki smartphone ini untuk kenyamanan mata pengguna.

6. Kamera Belakang yang Versatile

kamera belakang
Sumber Gambar: Oppo

Di bagian belakang, terdapat empat kamera yang disusun secara vertikal. Jika diurutkan dari atas ke bawah, empat kamera itu terdiri dari 13 megapiksel telefoto, 64 megapiksel kamera utama, 2 megapiksel lensa monochrome depth sensor, dan 8 megapiksel ultrawide.

7. Peforma Kelas Atas

Dari segi performa, Reno 3 Pro menggunakan chipset MediaTek Helio P95 dengan kecepatan 2.2GHz. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dan dua pilihan kapasitas penyimpanan internal, yaitu 128 GB dan 256 GB.

Untuk menunjang performanya, Oppo Reno3 Pro menggunakan sistem operasi terbaru yakni ColorOS 7 yang dibangun berdasarkan Android 10.

Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

8. Daya Tahan Baterai yang Kurang

Walaupun smartphone ini telah ditanamkan baterai sebesar 4045mAh dengan pengisian daya cepat 30W, kekuatan daya tahan baterainya masih dianggap kurang, dan akan terasa ketika digunakan untuk melakukan aktivitas yang sangat berat seperti bermain game. Hal tersebut disebabkan kapasitas baterainya tidak jauh beda dengan generasi sebelumnya

9. Banyak Saingan di Kelasnya

Oppo Reno 3 Pro

Dengan harga dikelasnya, kamu ada banyak alternatif smartphone lain yang memiliki spek yang lebih tinggi atau harga yang lebih murah dari Reno 3 Pro. Yang pertama ada Redmi K20 dengan desain layar penuh dengan kamera pop-up untuk selfie.

Alternatif lainnya ada Realme X2 Pro dengan Snapdragon 855+ beast, tampilan 90Hz dan pengisian yang lebih cepat bisa didapat dengan harga yang hampir sama dengan Reno 3 Pro.

Ada juga OnePlus 7T yang akan memberi kamu pengalaman kamera yang lebih baik, Snapdragon 855+, tampilan 90Hz yang lebih halus, daya tahan baterai yang sebanding, teknologi pengisian cepat 30W.

Samsung Galaxy A71 adalah alternatif lain yang baru saja dirilis, A71 dilengkapi dengan layar Super AMOLED yang besar, chipset yang lebih baik dan masa pakai baterai yang hampir sama dengan solusi pengisian daya cepat yang kompetitif.

10. Chipset Helio P95 yang Kurang Gereget

Smartphone ini menggunakan chipset MediaTek Helio P95 yang baru dirilis. Sayangnya, Helio P95 tidak memiliki dongkrakan performa yang signifikan dibanding chipset terdahulunya, P90. P95 disebut-sebut hanya menawarkan peningkatan performa 6%.


Spesifikasi Oppo Reno3 Pro

  • Nama: Oppo Reno3 Pro
  • Rilis: 2 Maret 2020
  • Berat: 175 gram (g)
  • Jenis dan Ukuran Layar:  Super AMOLED, 6.5-inci
  • Resolusi Layar: 2.400×1.080 piksel
  • Chipset:  Mediatek Helio P95 (12 nm)
  • Prosesor:  Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128/256 GB
  • Kamera Belakang: Quad : 64MP, 8MP, 2MP, 2MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Bluetooth: Bluetooth 5.0
  • USB: USB Type-C
  • Sensor: Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • NFC: Tidak ada
  • Baterai:  4025 mAh, Fast charging 30W
  • Harga: Mulai dari Rp 7,9 juta (cek harga Oppo Reno 3 Pro selengkapnya)

Baca Juga: Review Oppo Reno 2F: Smartphone Semi-premium yang Layak Dilirik

Oppo Reno3 Pro mencakup semua yang seharusnya dimiliki dari sebuah smartphone terkini. Memiliki OLED yang dinamis dan cerah di kelasnya, baterai 4.025 mAh, dan pengalaman kamera secara keseluruhan mengesankan. Siap diangkut?

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Ramanov Barezki