Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Xiaomi POCO M3 Pro: HP Gaming 5G Eksotis!

15 July 2021
Share icon
Share
Review Xiaomi POCO M3 Pro: HP Gaming 5G Eksotis!

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Xiaomi POCO M3 Pro. HP gaming 5G murah bertenaga dengan layar dynamic switch.


POCO dari Xiaomi merupakan handphone (HP) khusus gaming dengan kinerja tinggi yang dibanderol terjangkau. Seri ini menargetkan pasar kelas menengah yang antusias dengan teknologi.

Andalan terbaru untuk seri ponsel berspesifikasi tinggi dengan harga terjangkau ini adalah POCO M3 Pro. Ia meramaikan segmen HP 5G dalam kelas menengah dan membuktikan bahwa smartphone dengan teknologi jaringan terkini tak hanya terdapat di flagship.

POCO M3 Pro 5G masih membawa ciri khas dengan lambang POCO di belakang. Desainnya yang elegan dan ramping akan membuat banyak orang tertarik. Sebagai pertimbangan, simak kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi lengkapnya berikut ini!

Kelebihan Xiaomi POCO M3 Pro

HP tangguh untuk gaming terbaru ini memiliki banyak fitur menarik, mulai dari dynamic switch, sistem operasi terbaru, hingga chipset bertenaga. Berikut ulasannya:

1. Mendukung Jaringan 5G

review poco m3 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Xiaomi POCO M3 Pro sudah mendukung jaringan 5G sesuai dengan julukannya, yaitu “The 5G Killer.” Meskipun perkembangan jaringan 5G di Indonesia masih dalam proses, POCO menyediakan smartphone 5G dengan harga yang terjangkau.

Jaringan 5G dalam ponsel ini ditenagai oleh MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G yang bisa memaksimalkan jaringan internet pengguna dengan akses kecepatan tertinggi.

Selain itu, Xiaomi menghadirkan fitur dual 5G sehingga kedua kartu SIM yang ada di ponsel sudah bisa mendapat jaringan 5G dengan kecepatan unduhan akan berkali-kali lipat lebih cepat dan latensinya rendah.

2. Triple Camera 48MP yang Memukau

review poco m3 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Bicara tentang handphone terbaru, kualitas kamera menjadi salah satu poin penting yang dipertimbangkan saat membeli HP. Meskipun spek tinggi, Xiaomi POCO M3 Pro mempunyai triple camera 48MP yang memukau dengan tambahan kamera makro 2 MP dan juga sensor portrait 2 MP.

Saat berfoto, kamu juga bisa memakai mode malam, mode AI, time lapse, dan slow motion yang cukup lengkap. Selain itu, mode perekaman ponsel ini memiliki resolusi hingga 1080p pada frame rate 30 FPS yang anti shaky karena sudah memiliki stabilisasi.

3. Layar FHD+ dengan Dynamic Switch 90Hz

kelebihan dan kekurangan poco m3 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Kualitas layar sangat berpengaruh ketika bermain game. POCO M3 Pro hadir dengan layar 6.5 inci berpanel IPS LCD yang cukup luas dan responsif. Selain itu, layar ini memiliki tampilan memukau di kelasnya saat menonton film atau streaming.

Ponsel ini memiliki pengaturan dynamic switch yang dapat mengubah refresh rate secara adaptif mulai dari 30 Hz, 50 Hz, 60 Hz, hingga 90 Hz menyesuaikan dengan aktivitas pengguna.

Refresh rate yang tinggi akan membuat permainan dalam game akan mulus tanpa nge-frame.

4. Chipset dengan Efisiensi Terbaik di Kelasnya!

kelebihan dan kekurangan poco m3 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Xiaomi seri POCO merupakan spesialis ponsel Android yang memiliki performa yang tinggi dengan bandrol harga terjangkau. Xiaomi POCO M3 Pro 5G ditenagai oleh chipset MediaTek yang sudah mendukung jaringan 5G. 

Chipset ini memiliki performa yang baik di kelasnya untuk menunjang berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk bermain game berat.

Prosesor ponsel ini memiliki konfigurasi CPU 8-core yang terbagi ke dalam 2-core Cortex-A76 2,2 GHz dan 6-core Cortex-A55 2,0 GHz dengan kartu grafis GPU Mali-G57 MC2.

5. Sudah Mendukung Fitur NFC dan IR Blaster

kelebihan dan kekurangan poco m3 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat dan canggih, kini kamu bisa bertransaksi dengan mudah hanya dengan NFC dalam sebuah handphone. 

Xiaomi POCO M3 sudah dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication) untuk berbagai kemudahan transaksi, membeli tiket, dan menyambungkan dengan perangkat lainnya. 

Kecanggihan lainnya juga terdapat pada fitur IR Blaster atau infrared yang bisa menjadikan handphone sebagai remote TV, AC, dan peralatan smart home lainnya.

6. Baterai Super Awet

spesifikasi poco m3 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Handphone dengan baterai super awet adalah impian semua orang, kita tidak perlu repot-repot untuk sering melakukan pengisian daya.

POCO M3 Pro memiliki baterai berkapasitas besar 5.000 mAh yang mendukung fast charging 18W. Xiaomi mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga 2 hari pemakaian.

Namun, keawetan baterai juga bergantung dengan jaringan dan aplikasi yang sering dipakai. Pemakaian baterai ponsel ini cukup awet karena saat bermain game, kondisi baterai akan berkurang hanya dengan 10% saja.

7. MIUI 12 Berbasis Android 11

spesifikasi poco m3 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Ponsel terbaru dengan sistem operasi terbaru. POCO M3 Pro hadir dengan POCO Launcher yang dikombinasikan dengan MIUI 12 berbasis Android 11. 

Ada beberapa fitur terbaru yang dihadirkan dalam sistem operasi ini, yaitu fitur control center, floating screen, dark mode 2.0, fitur memories di galeri, dan tentunya health tracking yang mengontrol kesehatanmu di kala pandemi, Toppers!

Kekurangan Xiaomi POCO M3 Pro

Meski punya banyak keunggulan, termasuk performa chipset yang kencang dan dukungan jaringan 5G. Tetapi, ada juga kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai berikut:

8. Tanpa Lensa Kamera Ultrawide

Sama seperti seri sebelumnya POCO M3, ponsel dengan triple camera ini tidak memiliki lensa ultrawide untuk pengambilan foto dengan jangkauan yang lebih luas.

POCO lebih memilih lensa makro untuk pengambilan foto objek yang kecil dalam kamera belakangnya. 

Namun, hal ini bukan suatu hambatan yang besar, kamu masih bisa berfoto dengan teman-teman memakai tongsis, tripod atau membatasi jumlah orang dalam pengambilan gambar.

Dengan kualitas sensor kamera utama 48MP juga kamu masih bisa mengambil foto yang jernih dan tajam.

9. Tidak Ada Dukungan Dual Speaker

Sebenarnya kekurangan yang ada di ponsel ini tidak terlalu berpengaruh dengan performa HP saat digunakan sehari-hari.

Tidak adanya dukungan dual speaker juga tidak begitu merugikan kamu sebagai pengguna karena ponsel ini masih memiliki resolusi suara tinggi atau Hi-Res yang sangat memukau.

Namun, jika adanya dual speaker, suara game yang memukau akan lebih terdengar dan suara musik akan lebih mengasyikan.

10. Belum Memiliki Rating IP53

Xiaomi POCO M3 Pro belum memiliki sertifikasi IP53, yang artinya ponsel ini tidak memiliki resistensi terhadap debu dan percikan air.

Maka, kamu perlu berhati-hati saat menyimpan handphone, usahakan untuk tidak sembarangan dan tidak diletakkan di tempat yang kotor.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi POCO M3 Pro

  • Nama: Xiaomi Poco M3 Pro 5G
  • Rilis: 22 Mei 2021 (Global), 30 Juni 2021 (Indonesia)
  • Berat: 190 gram (g) 
  • Dimensi: 161,8 × 75,99 × 8,7 mm
  • Material: Bodi dan bingkai berbahan plastik polikarbonat
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS LCD 6.5 inci (rasio layar ke bodi ~83.7%)
  • Resolusi Layar: Resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (~405 ppi)
  • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Sistem Operasi: Android 11, MIUI 12
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (f/1.8, wide, PDAF) + 2 MP (f/2.4, macro) + 2 MP (f/2.4, depth)
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.0, wide)
  • Bluetooth: 5.1, A2DP, LE
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai:  5.000mAh non-removable (fast charging 18W)
  • Harga Resmi: Mulai dari Rp2.600.000 (cek harga Xiaomi POCO M3 Pro 5G selengkapnya)

Baca Juga:

Itu dia kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Xiaomi POCO M3 Pro yang bisa kamu pertimbangkan.

Secara garis besar, ponsel ini cocok digunakan untuk bermain game dengan chipset-nya yang bertenaga dan baterainya yang awet. Refresh rate yang adaptif juga dapat menghemat baterai ponsel saat dipakai.

Bagaimana Toppers, apakah kamu tertarik? Beli handphone Xiaomi POCO M3 Pro hanya di Tokopedia!

Beli Xiaomi POCO M3 Pro 5G di Sini

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

14 Laptop 4 Jutaan Terbaik 2022, RAM 8 GB hingga SSD 512 GB!
Gadget dan Teknologi
14 Laptop 4 Jutaan Terbaik 2022, RAM 8 GB hingga SSD 512 GB!
Editor Picks
10 Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala hingga Kaki, Apa Artinya?
10 Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala hingga Kaki, Apa Artinya?
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia