Review Redmi Note 9: Siap Jadi Penerus HP Terlaris Sedunia?

0
1438
review kelebihan dan kekurangan redmi note 9

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Redmi Note 9 yang jadi penerus mid-range murah Xiaomi. Sesukses Redmi Note 8?


Pasar handphone (HP) kelas mid-range di Indonesia semakin ‘menggeliat.’ Dengan begitu banyaknya pilihan menggiurkan dari berbagai merek yang siap dijadikan daily driver andalan.

Xiaomi dengan seri Redmi Note-nya, selalu menjadi salah satu pilihan utama bagi para pemburu smarphone baru di kelas menengah dengan harga terjangkau. Terkini, Xiaomi meletakkan beban berat kepada Redmi Note 9.

Karena mid-ranger terbaru pabrikan ponsel asal China ini harus mampu melebihi ekspektasi pecinta gadget di dunia, karena pendahulunya telah mampu menjadi salah satu smartphone terlaris sedunia.

Dengan angka penjualan yang mentereng, Redmi Note 8 pantas bersanding dengan iPhone 11 dan Samsung Galaxy A51 dalam daftar ponsel pintar terlaris di dunia. Akankah ini terulang pada Redmi Note 9?

Baca Juga: Review Redmi 9: HP Murah yang ‘Gagah’ dengan Fitur ‘Mewah’

Kelebihan Redmi Note 9

Redmi Note 9 tentu memiliki potensi untuk memenuhi ekspektasi fans setia Xiaomi alias Mi Fans. Ia mungkin saja mencatatkan prestasi penjualan yang luar biasa seperti pendahulunya dengan beberapa kelebihan yang dibawanya.

1. Chipset Lebih Powerful

review redmi note 9
Sumber Gambar: MediaTek

Mungkin banyak yang meragukan performa Redmi Note 9 karena HP ini tak lagi menggunakan chipset kelas menengah dari Qualcomm seperti pendahulunya. Namun, MediaTek Helio G85 yang tersemat di dalamnya mampu menunjukkan performa tangguh.

Dalam pengujian melalui aplikasi AnTuTu Benchmark 8, Redmi Note 9 mampu mencatatkan skor 205.946. Sementara Redmi Note 8 dengan Snapdragon 665 hanya memberi angka 169.585. Begitu juga Samsung Galaxy A51 sebesar 177.439 dengan Exynos 9611.

2. Unggul dalam Grafis dan Gaming

Jika mencari ponsel kelas menengah terjangkau yang sanggup dipacu performanya untuk memuaskan kebutuhan gaming, Redmi Note 9 bisa jadi pilihan yang tepat.

Kinerja graphic processing unit (GPU) pada Redmi Note 9 terbilang luar biasa, bahkan performa grafisnya naik sekitar 32 persen lebih baik dibanding pendahulunya. Performanya central processing unit (CPU) secara keseluruhan pun naik sebesar 22 persen.

Dengan performa yang sedemikian tangguhnya, tak salah mengandalkannya dalam bermain mobile game favoritmu.

3. Kapasitas Baterai Jumbo

review redmi note 9
Sumber Gambar: Pocket-lint

‘Otak’ yang powerful pada Redmi Note 9 ditemani dengan baterai berkapasitas besar untuk menunjang penggunaan awet hingga seharian. Kapasitas baterainya yang sebesar 5.020 miliampere hour (mAh) adalah di atas rata-rata.

Kapasitas tersebut juga lebih besar sebanyak 25 persen dibanding baterai yang tersemat pada seri sebelumnya.

4. Fast Charging dan Reverse Charging

Fitur pengisian daya baterai cepat berdaya 18 Watt (W) mungkin tidak bisa dibilang istimewa. Karena model sebelumnya juga memiliki kemampuan yang sama soal isi ulang daya baterai. Namun, mempertahankan fitur ini dirasa cukup penting.

Yang membuatnya berbeda dibanding ‘kakaknya’ adalah adanya dukungan fitur reverse charging. Dengan begitu, Redmi Note 9 mampu ‘menolong’ nyawa baterai handphone lain jika berada dalam kondisi darurat.

5. Layar Besar yang Bikin Puas

kelebihan dan kekurangan redmi note 9
Sumber Gambar: Trusted Reviews

Ukuran layar adalah hal mendasar yang penting dalam menyuguhkan pengalaman terbaik untuk kebutuhan multimedia. Xiaomi mengerti akan hal ini dengan memberi ukuran lebih besar.

Redmi Note 9 membawa layar full high definition plus (Full HD+) 6,53 inci yang perbedaannya cukup signifikan dibanding Redmi Note 8 yang hanya memiliki ukuran layar 6,3 inci.

Meski ukuran layarnya lebih besar, namun dimensi bodinya tidak berbeda jauh karena memiliki bingkai yang tipis dan rasio layar ke bodi semakin besar.

tukar tambah tokopedia
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi Note 8: Pilihan Mid-range Menggiurkan

6. Lapisan Water-repellent

Salah satu keunikan yang dimiliki Redmi Note 9 tak hanya soal performa gaming-nya yang memukau. Dari sisi desain, ia dibekali lapisan water-repellent pada bagian bodinya.

Ini bukan berarti Redmi Note 9 tahan air hingga kedalaman tertentu. Lapisan p2i nano-coating hanya membuatnya tahan terhadap cipratan air. Sehingga jangan coba-coba menceburkannya ke dalam bak atau kolam.

7. Versi Bluetooth Terbaru

spesifikasi redmi note 9
Sumber Gambar: SamaGame

Ini mungkin merupakan salah satu kelebihan Redmi Note 9 yang tak terduga. Tahun sebelumnya, Redmi Note 8 datang hanya dengan membawa koneksi Bluetooth versi 4.2. Sementara ‘adiknya’ kini menggunakan teknologi Bluetooth 5.0.

Untuk diketahui, Bluetooth versi 5 sendiri memiliki beberapa kelebihan, seperti jangkauan yang lebih jauh, pengiriman data lebih cepat dan efisiensi daya.

Kekurangan Redmi Note 9

8. Absennya Fitur NFC

Meski telah dibekali teknologi nirkabel Bluetooth terbaru, sayangnya Xiaomi tidak mengaktifkan fitur near field communication (NFC) pada Redmi Note 9. Padahal, secara kapasitas, perangkat ini mendukung teknologi NFC.

Xiaomi menjelaskan, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memerlukan NFC. Sehingga diputuskan untuk tidak menanamkannya demi menekan harga jual.

9. Kamera Utama Sama Saja?

spesifikasi redmi note 9
Sumber Gambar: Pocket-lint

Jika dibandingkan, konfigurasi kamera utama pada Redmi Note 9 terlihat tak ada bedanya dengan sang pendahulu. Yakni empat kamera yang masing-masing memiliki lensa wide, ultrawide, makro dan depth.

Bahkan, resolusinya pun mirip. Yaitu 48 megapiksel (MP) dengan bukaan f/1.8 untuk kamera utama, 8 MP (f/2.2) untuk lensa ultrawide, makro 2 MP (f/2.4) dan 2 MP (f/2.4) untuk depth camera.

10. Tak Ada Perekaman 4K

Karena chipset Helio G85 besutan MediaTek berfokus pada performa gaming, sektor fotografi bukanlah yang menjadi fokus. Sehingga kemampuan perekaman video 4K absen pada kamera utama Redmi Note 9.

Cukup disayangkan memang, padahal Redmi Note 8 sebelumnya mampu memberikan video beresolusi tinggi itu. Namun, jika dilihat lagi tujuan dan fokus pembuatan produk Redmi Note 9, kita akan mengerti maksud dari keputusan Xiaomi ini.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

BACA JUGA: DAFTAR HP XIAOMI KAMERA TERBAIK, JAGO FOTO DAN TETAP MURAH

Spesifikasi Redmi Note 9

  • Nama: Xiaomi Redmi Note 9
  • Rilis: 30 April 2020
  • Berat: 199 gram (g)
  • Material: Kaca depan Gorilla Glass 5, bingkai plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,53 inci (rasio layar ke bodi ~83,5%)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.340 piksel (~395 piksel per inci)
  • Chipset: Mediatek Helio G85 (12 nm)
  • Prosesor: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 + 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • RAM: 4 GB atau 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB atau 128 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (f/1.8, lensa wide 26mm, PDAF) + 8 MP (f/2.2, ultrawide 118 derajat) + 2 MP (f/2.4, lensa makro, AF) + 2 MP (f/2.4, depth)
  • Kamera Depan: 13 MP (f/2.3, lensa 29mm)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: USB Type-C
  • Sensor: Fingerprint (di belakang), accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: 5.020 mAh (fast charging 18W)
  • Harga: Resmi mulai dari Rp 2.499.000 (cek harga Xiaomi Redmi Note 9 selengkapnya)

BACA JUGA: DAFTAR HP XIAOMI TERBAIK, LOW-END HINGGA FLAGSHIP ANDALAN

Xiaomi Redmi Note 9 dihadirkan untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih baik berkat chipset bertenaga, layar luas hingga kapasitas baterai jumbo. Sektor kamera bukanlah alasan untuk Toppers memilih smarpthone ini untuk jadi andalan.

Karena targetnya adalah para pengguna yang ingin merasakan pengalaman gaming lebih maksimal menggunakan HP mid-range dengan harga yang ramah kantong.


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!