Cari Tahu 5 Perbedaan Yamaha NMAX ABS dan NMAX Non ABS

11461
perbedaan yamaha nmax abs dan nmax non abs

Yamaha NMAX ABS vs NMAX Non ABS NMAX merupakan model sepeda motor matic berbodi besar yang dikeluarkan oleh Yamaha. Dilengkapi daya rem maksimal dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System), membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman. Selain itu, Yamaha NMAX berhasil meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 untuk kategori transportasi sepeda motor dari Kementerian Perdagangan.

Namun, Yamaha mengeluarkan varian baru NMAX terbaru Non-ABS yang lebih murah dari yang versi standar. Ingin tahu apa saja perbedaannya? Yuk simak Toppers!

Baca Juga: 7 Knalpot Racing Terbaik yang Bikin Motor Tambah Cepat

Perbedaan Yamaha NMAX ABS dan Non ABS

1. Desain dan Bodi

perbedaan yamaha nmax abs dan non abs
Sumber Gambar: Yamaha

Secara umum kedua varian NMAX tersebut tidaklah terlalu berbeda. Yamaha NMAX non-ABS dibuat dengan bodi bongsor dan dimensi yang cukup panjang. Sehingga, Yamaha NMAX Non-ABS sangat memanjakan pengendara ketika sedang melakukan perjalanan jarak jauh.

Namun terdapat perbedaan minor pada beberapa komponen kecil yang terdapat pada aksesoris bodi diantaranya stiker ABS dan indikator ABS pada speedometer yang tentunya telah ditanggalkan untuk versi non-ABS.

2. Perbandingan Performa

Baik Yamaha NMAX ABS dan Non-ABS sama-sama dilengkapi dengan mesin Bluecore berkapasitas 155 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 11,1 kW/8.000 rpm dan torsi maksimal 14,4 Nm/6.000 rpm. Teknologi mesin Bluecore yang dikenalkan Yamaha ini di lebih efisien, andal, dan bertenaga. Dengan kemampuan seperti ini, mesin dari NMAX ini dapat mudah dipacu hingga 67 km/jam dalam beberapa detik.

Sistem bahan bakar injeksi menjadikan motor ini lebih hemat. Karena, sistem bahan bakar Yamaha NMAX diatur oleh unit kontrol elektrik. Maka dari itu, ada baiknya kamu melakukan servis di bengkel resmi Yamaha agar tidak merusak komponen ini.

3. Sistem Suspensi

perbedaan yamaha nmax abs dan non abs
Sumber Gambar: Yamaha

Sistem suspensi adalah rangkaian komponen yang berfungsi menyerap getaran dari roda agar tidak mencapai bodi sepeda motor. Suspensi ini akan mempengaruhi kenyamanan berkendaramu. Yamaha NMAX ABS vs NMAX Non ABS menggunakan suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi unit swing di bagian belakang. Dengan kedua teknologi suspensi ini dijamin akan menambah kenyamanan berkendaramu.

jual box motor murah

Baca Juga: 12 Merk Ban Motor Terbaik Anti Licin untuk Harian

4. Sistem Pengereman

perbedaan yamaha nmax abs dan non abs
Sumber Gambar: Yamaha

Di sinilah letak perbedaan utama Yamaha NMAX ABS vs NMAX Non ABS, sistem Anti-lock Braking System (ABS). Teknologi ini adalah teknologi keamanan yang biasa dipasang pada pesawat, motor besar, dan mobil. Sebenarnya ini adalah teknologi pengereman yang penting apalagi ketika kondisi Indonesia saat musim hujan. Teknologi ABS memungkinkan kamu untuk mengerem lebih cepat dan lebih aman apalagi saat kondisi jalanan licin.

Pada Yamaha NMAX Non ABS, teknologi ABS ini dihilangkan. Sehingga komponen-komponen seperti hidraulik ABS, ECU ke ABS, dan indikator ABS pada speedometer ditiadakan. Dengan begitu, berat dari motor inipun menjadi berkurang 1 kilogram (kg).

5. Spesifikasi dan Harga

Yamaha NMAX ABS dapat diboyong dengan harga kisaran Rp 30,6 jutaan dan Yamaha NMAX Non ABS dijual dengan harga Rp 27,9 juta. Terdapat selisih harga sebesar Rp 2,7 juta. Cukup lumayan, bukan?

Nama Yamaha NMAX (ABS) Yamaha NMAX (Non-ABS)
Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 155cc 155cc
Diameter x
Langkah
58,0 mm x 58,7 mm 58,0 mm x 58,7 mm
Daya 11.1 kW/8000 rpm 11.1 kW/8000 rpm
Torsi 14.4 Nm/6000 rpm 14.4 Nm/6000 rpm
Starter Starter Elektrik Starter Elektrik
Pelumasan Basah Basah
Kapasitas Oli
Mesin
Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan
Bakar
Injeksi Injeksi
Tipe Transmisi V-belt Automatic V-belt Automatic
Tipe Rangka Underbone Underbone
Sistem
Pengereman
Single Disc Brake (ABS) Single Disc Brake
Sistem
Pengapian
TCI TCI
Tipe Busi NGK / CPR8EA – 9 NGK / CPR8EA – 9
Harga Rp 30.650.000 Rp 27.900.000

Baca Juga: Cara, Syarat dan Biaya Balik Nama Motor yang Harus Diperhatikan

Bagaimana Toppers, sudah mengetahui perbedaan Yamaha NMAX ABS dan Non ABS kan sekarang? Hayo, mana yang akan kamu bawa pulang? Apa pun pilihannya, kamu bisa membeli motor matic dengan penawaran harga terbaik dan lengkapi aksesoris sepeda motor termurah hanya di Tokopedia!

Bagikan Artikel