• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Transformasi Si Putih Abu-abu

Share

Transformasi Si Putih Abu-abu

Seragam sekolah dari masa ke masa terus berubah seiring berkembangnya mode. Yuk, intip lagi perkembangan seragam SMA dari masa ke masa di artikel ini.


Momen di sekolah bersama teman dan guru, pastinya tidak mudah dilupakan. Mulai dari ngejailin teman sebangku sampai dihukum karena seragam sekolah yang tak sesuai aturan. Uniknya, seragam sekolah dari masa ke masa terus berubah seiring berkembangnya mode. Coba lihat keunikan perkembangan gaya seragam SMA dari masa ke masa, yuk.

Seragam Ala Gita Cinta dari SMA

Sumber: Cdn.beranda.co.id

Toppers, familiar dengan nama tokoh Galih dan Ratna? Nah, “Gita Cinta dari SMA” merupakan judul film yang keluar pada 1979. Di dalam film ini, kamu dapat melihat gaya berpakaian anak SMA pada masa itu. Kemeja putih berlengan hingga ke sikut dan dimasukkan ke dalam rok abu-abu bertali pinggang. Panjang rok tepat di bawah lutut. Sama juga dengan seragam untuk murid laki-laki, kemeja putih berlengan selutut dimasukkan dengan rapih ke dalam celana abu-abu gombrong. Lalu, kaos kaki yang digunakan terlihat panjang hingga mencapai bawah lutut. Dengan melihat seragam pada tahun 1979-an, tercermin juga kebiasaan disiplin dan rapih.

Seragam Tahun 90an

Sumber: Pendidikan.id

Model seragam pada 1990-an tidak terlalu jauh berbeda dengan seragam pada 80-an. Penggunaan rok selutut dan kemeja putih berlengan hingga sikut tetap terlihat. Pembedanya adalah panjang kaos kaki yang digunakan. Pada 1990-an, terlihat kaos kaki yang digunakan hanya semata kaki. Model seragam seperti ini membuat si pemakainya terlihat lebih santai dan sporty, namun tetap menjaga kerapihannya.

Seragam Era AADC

Sumber: Antiketombe.clear.co.id

Pada 2000-an, film “Ada Apa dengan Cinta” heboh dibicarakan, khususnya di kalangan anak muda. Uniknya, pemakaian seragam SMA dalam film tersebut sedikit menginspirasi cara berpakaian anak-anak SMA pada masa itu. Kemeja putih yang digunakan berlengan di atas sikut dan tidak lagi dimasukkan ke dalam rok. Panjang rok abu-abu sedikit di atas lutut dan tidak lagi terlihat mengenakan gesper. Sementara kaos kaki yang digunakan tampak kembali ke 1980-an.

Seragam Masa Kini

Sumber: Provoke-online.com

Memasuki abad kekinian, seragam sekolah pun mulai beragam. Ada yang tetap mempertahankan panjang rok selutut. Ada juga yang menetapkan aturan penggunaan rok semata kaki. Tak jarang, rok semata kaki yang digunakan oleh para siswi bermodel span dan terdapat belahan di belakang rok. Begitu juga dengan model celana para siswa, terlihat lebih ketat dan ada yang bermodel pensil. Sedangkan untuk kemeja putihnya, melepas kancing satu menjadi tren di kalangan para siswi, lho. Tak jarang, baik siswa maupun siswi, terlihat mengenakan kemeja putih dengan ukuran ketat di badan.  

Jadi Toppers, kamu termasuk murid berseragam SMA di era apa nih? Apapun era dan bentuk model seragamnya, kalau kata Alm. Chrisye, masa-masa sekolah merupakan masa paling indah lho. Akan lebih indah lagi kalau kita, sebagai murid, tetap mengikuti semua aturan yang berlaku di sekolah. Nah, buat Toppers yang sedang mencari seragam sekolah, coba cek di sini yuk. Cari yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan rasakan juga kenyamanan serta keamanan bertransaksi, hanya di Tokopedia.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Lagu Tiktok Viral: Hits Mei 2024, Familiar di Telinga
Entertainment
10 Lagu Tiktok Viral: Hits Mei 2024, Familiar di Telinga
© 2009-2024, PT Tokopedia