MAKERFEST Dukung Pemberdayaan UMKM Berkebutuhan Khusus di Yayasan Cheshire Indonesia

376
Siti Fauziah (Communication Lead Tokopedia) gave a plaque to Fendo Parama Sardi (Manager of Cheshire Foundation Indonesia)

JAKARTA, 6 Juli 2018 – MAKERFEST empowered by Tokopedia melakukan kunjungan ke Yayasan Cheshire Indonesia untuk memberikan edukasi mengenai bagaimana cara memasarkan produk secara online. MAKERFEST juga memberikan donasi berupa alat bantu produksi maupun pemasaran yang dapat digunakan pegiat UMKM berkebutuhan khusus di Yayasan Cheshire untuk mengembangkan bisnis.

Kegiatan sehari-hari UMKM berkebutuhan khusus di Yayasan Cheshire Indonesia adalah membuat berbagai handicrafts (produk kerajinan tangan), yakni: tas laptop, gift bag, sarung tangan, rumah boneka, dan masih banyak lagi. Setelah itu, mereka menjual produknya dengan cara menjajakan produk di wisma tempat mereka tinggal. Sejauh ini, mereka belum memasarkan produk secara online.

Fendo Parama Sardi, Manajer Yayasan Cheshire Indonesia, menyambut baik kunjungan Tokopedia, “Penyandang difabel biasanya kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Kehadiran Tokopedia adalah sebuah harapan baru bagi mereka dalam memulai dan mengembangkan bisnis lewat internet karena internet membuka kesempatan bagi siapa saja, termasuk penyandang difabel.”

Seorang pegiat UMKM berkebutuhan khusus di Yayasan Cheshire Indonesia, Upi, mengutarakan, “Setelah keluar dari wisma ini, saya ingin membuat dan menjual produk kerajinan secara online. Berjualan secara online akan mempermudah saya. Saya tidak perlu berpergian kesana kemari,” ucap Upi.

Erma, anggota Top Community (komunitas seller Tokopedia), menyimpan harapan untuk para penyandang difabel di Yayasan Cheshire Indonesia, “Saya berharap agar kelak teman-teman di sini lebih ‘melek’ teknologi agar bisa memanfaatkan internet dalam berbisnis. Keberadaan produk berkualitas seperti ini perlu diketahui oleh lebih banyak orang.”

Tentang MAKERFEST

MAKERFEST adalah sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal yang hadir untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan memberikan panggung offline dan online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka, sehingga bisa menjadi brand nasional yang mendunia. MAKERFEST bertujuan agar lebih banyak lagi bisnis kreatif lokal yang dapat berkembang menjadi IKM bahkan brand nasional, sehingga dapat mendukung Indonesia untuk jadi produsen di ekonomi digital global.  Selain berkolaborasi dengan Tokopedia, MAKERFEST turut didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku industri Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta JNE. Bagi makers yang ingin mendaftar dan juga ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai MAKERFEST dapat diakses di www.makerfest.id.