• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Sofiyuddin: Soluca – Solusi Tepat Untuk Bikers

Share

Sofiyuddin: Soluca – Solusi Tepat Untuk Bikers

Halo tokopediawan dan tokopediawati, apa kabar semuanya? Semoga sehat-sehat semuanya. Dengan kondisi cuaca yang tak menentu begini, banyak sekali yang jatuh sakit. Terlebih yang suka bepergian dengan sepeda motor, perlu lebih hati-hati dalam berkendara dengan cuaca seperti ini.

Kebetulan sekali, kali ini kami akan berbagi kisah sukses dengan seorang seller Tokopedia yang menjual berbagai perlengkapan dan aksesoris untuk bikers. Pernah tau toko Soluca yang ada di Tokopedia? Toko ini baru 5 bulan hadir di Tokopedia dan sudah berhasil menjual lebih dari seratus produk.

soluca pic

 Soluca

Sofiyuddin atau Apy (panggilan kecilnya) adalah seorang lulusan S1 IISIP Lenteng Agung dan merupakan owner dari toko Soluca. Tidak ada hal yang istimewa di balik nama soluca, hanya pemberian dari sang pacar (sepertinya ini keistimewaannya hehe). Keseharian Apy selain berjualan online adalah menjadi seorang gitaris dan soundman.

 APY(edit)resize

Ingin tahu lebih banyak tentang Apy? Yuk langsung disimak wawancaranya:

Hai Apy bisa dijelaskan bagaimana awal mulanya anda bisa berjualan online? Dan sejak kapan sih mulai berjualan online?

Awalnya saya memang suka berjualan di beberapa provider online shop dan suka sekali dengan yang namanya usaha offline (dalam skala lebih besar). Dan memang merupakan salah satu tujuan saya dalam berbisnis.

Pertama kali saya berjualan online itu di awal tahun 2012 dan itu pun bukan secara profesional. Saya menjual barang-barang bekas saya sendiri seperti gitar dan sepatu.

Bagaimana pengalaman pertama berjualan online?

Pengalaman awal berjualan online, saya menjadi reseller sebuah produk yang modalnya di bawah satu juta. Awalnya cuma iseng mau pakai produk itu untuk kendaraan saya. Namun ternyata khasiatnya berasa banget dan akhirnya saya langsung memutuskan untuk jadi reseller. Dan ternyata dalam waktu 3 minggu, modal awal saya kembali. Dan dengan tambahan dari uang gaji, saya gunakan lagi untuk membeli barang-barang lainnya untuk dijual kembali.

Lalu apa visi dan misi Anda dalam berjualan online?

Saya tidak munafik, visi misi berjualan online dengan nama toko Soluca ini untuk mencari uang. Untuk jangka panjangnya siapa tahu Soluca bisa menjadi besar dan mempekerjakan orang lain atau membuka lapangan pekerjaan.

Boleh cerita sedikit bagaimana akhirnya bisa mengenal dan berjualan di Tokopedia?

Awalnya saya dengar berita dari mulut ke mulut sesama seller bahwa ada provider online shop yang bikin kita ga ribet sama sekali dengan calon buyer. Dan ternyata benar! Awal pertama jualan di Tokopedia berasa lebih santai, karena tidak perlu lagi balas-balas sms buyer hahaha :D

Bagaimana anda bisa tertarik untuk berjualan bikers apparel, fuel efficiency, power booster dan perlengkapan kendaraan bermotor?

Seperti kebanyakan pria yah, hobi saya adalah bermotor. Saya juga mengenal berbagai komunitas bikers. Dari situ saya dapatkan info seputar barang-barang apa saja yang bisa bermanfaat buat motor. Karena seperti yang kita ketahui pasaran sepeda motor di Indonesia ini sangat berkembang pesat, dan sudah pasti menjadi pasar yang sangat potensial untuk menjual aksesoris pendukung lainnya. Terutama dengan isu penghematan BBM dan “kenikmatan” berkendara.

Produk apa yang banyak diminati pembeli dari toko anda? Dan kalau boleh tahu dari sekian banyak produk di toko Anda, produk apa yang anda jagokan dan apa fungsinya?

Kebanyakan buyer membeli sarung jok dingin “cooltech”. Gunanya untuk menyalurkan udara ketika berkendara dan membuat lebih betah berkendara.

Cooltech

Cooltech

Kalau produk yang saya jagokan di toko saya yaitu: filter udara FERROX . Fungsinya untuk meningkatkan akselerasi dan performa motor. Karena perawatannya sangat mudah serta masa pakai yang tidak terbatas ,beli sekali untuk selamanya.

Adakah standar dalam memilih bahan dan kualitas produk untuk para bikers?

Tentu saja, pertama saya harus tanya info ke pengguna lain. Lalu saya coba sendiri, kalau menurut saya oke (sebagai konsumen) baru saya jual lagi.

Bagaimana cara Anda menjaga kepercayaan dan kepuasan dari para pembeli?

Menurut saya, berjualan di Tokopedia tidak perlu berusaha keras untuk menjaga kepuasan dan kepercayaan para pembeli. Karena dengan sistem yang dijalankan Tokopedia sekarang ini sudah sangat cukup membuat buyer percaya dan puas terhadap setiap transaksinya. Sebagai seller hanya cukup menjaga kualitas barang, packing dan kecepatan pengiriman saja. Selebihnya Tokopedia yang bekerja

Adakah saran dari Anda untuk para seller yang juga baru memulai berjualan di Tokopedia?

Saran saya, karena proses order transaksi (mulai dari buyer hingga paketnya terkirim) di Tokopedia cukup panjang, maka jangan pernah menunda pengiriman paket. Sedikit tips dari saya, seller harus selalu cek Tokopedia 1 jam sebelum waktu pengiriman paket setiap harinya. Kalau bisa sih jangan dropship, demi kecepatan pengiriman dan aktualisasi tersedianya stok.

 

Segitu dulu ya cerita hari ini, langsung saja yuk mampir ke Soluca.

 

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
Seller Story
Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
© 2009-2024, PT Tokopedia