START Summit Extension Februari: Mengenal Sistem Di Balik Dashboard Penjual Tokopedia

0
849

Selama lebih dari satu dekade, Tokopedia terus bertransformasi untuk menjadi Super Ekosistem yang dapat memudahkan setiap masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Tentunya, tanpa terkecuali para penjual di Tokopedia yang saat ini jumlahnya telah mencapai lebih dari 10 juta. Dengan pertumbuhan angka penjual yang signifikan tersebut,  Tokopedia perlu menghadirkan sistem yang dapat mengakomodasi kebutuhan para penjual dalam mengelola toko online mereka secara mudah, efektif, dan memungkinkan untuk memproses transaksi dengan waktu yang efisien. 

Lalu, bagaimana tim teknologi Tokopedia berupaya untuk mengembangkan sistem yang dapat menjawab kebutuhan para penjual? 

Melalui START Summit Extension yang diadakan pada 24 Februari lalu, para engineer Tokopedia mengajak para pegiat teknologi di Indonesia untuk berdiskusi dan membagikan praktik terbaik mereka tentang bagaimana merancang dan mengimplementasikan sistem Modular, serta sistem Real-Time Statistik Tokopedia pada halaman dashboard atau modul yang diakses oleh para penjual Tokopedia. 

Dihadiri oleh lebih dari 1,500 peserta secara virtual

Pada sesi tersebut, sebanyak lebih dari 1,500 peserta yang hadir secara virtual melalui Tokopedia Play dan Tokopedia Academy website begitu antusias untuk menyimak pemaparan para engineer Tokopedia. Para engineer Tokopedia tersebut adalah Somesh Singh, Engineering Manager Tokopedia, Arshi Sharma, Engineering Manager Tokopedia, Husein Alhamid Software Engineer Lead Tokopedia, dan Alfian Dhimas Nur Marita Senior Software Engineer Tokopedia. 

Mengangkat temaMerchant Insights: Modular & Reliable Statistics Platform”, START Summit Extension terbagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama dibawakan oleh Somesh Singh dan Arshi Sharma dengan penjelasannya seputar Designing Modular and Scalable Seller Insights System, dan sesi kedua dibawakan oleh Husein Alhamid dan Alfian Dhimas dengan topik yang dibawakan yaitu Learning from Delivering Real-Time Statistics to Seller. 

Di Balik Kemudahan Platform Penjual Tokopedia

Sesi pertama menjelaskan tentang bagaimana sistem di balik platform penjual Tokopedia yang disebut dengan dashboard penjual memiliki tampilan yang berbasis pada beberapa widget tertentu, dimana widget tersebut dapat memberdayakan penjual untuk membuat keputusan informatif berdasarkan metrik yang ditampilkan tentang bagaimana kinerja toko dan produk pada platform Tokopedia. 

Metrik ini dapat berupa informasi tentang seberapa cepat penjual dapat menjawab dan menanggapi pertanyaan pembeli, berapa banyak pesanan yang dimiliki penjual selama periode yang dipilih, serta berapa banyak waktu dan pendapatan yang dihasilkan penjual dalam durasi tersebut, sehingga penjelasan pada pemaparan sesi ini adalah semua hal tentang platform statistik modular yang mendukung ketersediaan metrik utama untuk penjual.

Peran Penting Data bagi Penjual Tokopedia

Pada sesi kedua, tim engineer Tokopedia berdiskusi tentang bagaimana pentingnya sebuah data statistik secara real-time bagi para penjual. Statistik yang ditampilkan pada dashboard penjual merupakan sebuah data yang merepresentasikan pergerakan dari satu titik data ke titik data lainnya, sehingga dapat memudahkan para penjual untuk melihat performa penjualan. 

Kebutuhan akan statistik secara real-time juga dapat membantu penjual dalam mengatasi peningkatan permintaan secara tiba-tiba. Selain itu, ini juga dapat membantu penjual dalam mengelola stok barang ketika jumlah pesanan melonjak. Berdasarkan temuan dan penelitian, terdapat beberapa metrik pada sistem real-time statistik yang penting untuk ditampilkan, di antaranya adalah metrik untuk melihat pesanan baru, produk yang telah terjual, serta data pendapatan. Data yang ditampilkan merupakan data yang akurat dan dapat memudahkan penjual untuk mengelola produk dan toko. 

Untuk menyaksikan kembali sesi START Summit Extension edisi Februari dan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana tim engineer Tokopedia membangun sistem akurat yang dapat membantu jutaan penjual Tokopedia, silakan kunjungi halaman berikut: bit.ly/SSEFebruary2021

Kedepannya, Tokopedia akan kembali mengadakan acara START Summit Extension sebagai komitmen untuk menghadirkan wadah belajar bagi para pegiat teknologi Indonesia dengan membawakan berbagai praktik serta inovasi dari para engineer Tokopedia untuk mendorong perkembangan talenta digital masa depan.