Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Tanaman Hias Cantik Pengusir Nyamuk Paling Ampuh di Rumah

09 July 2019
Share
7 Tanaman Hias Cantik Pengusir Nyamuk Paling Ampuh di Rumah

Ada lho tanaman hias berpenampilan cantik yang memperindah rumah sekaligus mengusir nyamuk. Simak daftar tanaman yang tidak disukai nyamuk berikut!


Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk – Nyamuk merupakan serangga yang bisa sangat menyebalkan, karena dapat membuatmu gatal-gatal akibat gigitannya dan mengganggu tidur kamu di malam hari. Selain itu, nyamuk juga dapat membawa penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk, yakni dengan memanfaatkan obat nyamuk, lotion anti nyamuk, dan lainnya. Nah, sebenarnya ada cara yang paling mudah lho untuk menghindari ganasnya nyamuk di rumah, yakni hanya dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Selain bebas nyamuk, menanam tanaman hias pengusir nyamuk juga bisa menambah estetika ruangan di rumah tentunya. Yuk simak daftar tanaman pengusir nyamuk paling ampuh berikut ini!

Baca Juga: 5 Ciri Nyamuk Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai

Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh di Rumah

1. Selasih

tanaman pengusir nyamuk paling ampuh
Sumber Foto: Pexels

Mungkin kamu familiar dengan nama selasih? Tanaman ini ternyata sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lho, Toppers! Hal ini karena selasih mengandung senyawa seperti linalool, eugenol, dan geraniol.

Biasanya, tamanam pengusir nyamuk ini tumbuh secara liar di pekarangan rumah. Kamu dapat mengambilnya dan menanamnya dalam sebuah pot untuk diletakkan di rumah.

2. Citrosa atau Mosquito Plant

Tanaman citrosa banyak dikenal sebagai tumbuhan yang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Inilah kenapa citrosa saat ini juga disebut dengan nama mosquito plantSeperti yang kamu bisa tebak dari namanya, tanaman pengusir nyamuk ini memiliki bau citrus kuat yang tidak disukai nyamuk.

Untuk merawat dan menjaga tanaman ini sangat mudah kok, Toppers. Kamu hanya perlu menyimpan tanaman anti nyamuk ini di dalam sebuah pot dan meletakkannya di tempat yang terkena sinar Matahari dengan cukup

3. Rosemary

tanaman pengusir nyamuk
Sumber Foto: Pixabay

Pernahkah kamu disuruh ibumu untuk menggunakan minyak kayu putih agar tidak digigit nyamuk ketika main di luar ketika masih kecil? Ternyata, nyamuk tidak suka bau minyak kayu putih, Toppers!

Maka dari itu, tanaman anti nyamuk berikut ini juga mempan! Rosemary memiliki bau yang mirip dengan minyak kayu putih, sehingga nyamuk juga tidak suka dan menghindari kamu.

4. Geranium

Sama seperti tanaman anti nyamuk pertama tadi, geranium juga mengandung senyawa geraniol. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini juga mengandung sitronelol. Kombinasi tersebut membuatnya sangat tidak disukai nyamuk.

Letakkan tanaman ini di sudut-sudut ruangan, agar nyamuk tidak nyaman untuk tinggal.

jual lampu tidur anti nyamuk
Tidur lebih nyenyak dengan lampu tidur anti nyamuk!

Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah dengan Mudah

5. Lavender

tanaman anti nyamuk
Sumber Foto: Pexels

Beberapa dari kamu mungkin tidak tahu kalau lavender juga merupakan tanaman pengusir nyamuk kan? Sama halnya dengan bahan untuk lotion dan pelembab, lavender sering digunakan sebagai bahan utama dalam krim anti nyamuk. Karena nyamuk tidak suka dengan baunya.

6. Zodia

Nah, kalau tanaman pengusir nyamuk ini sudah sangat terbukti khasiatnya, Toppers! Karena dari dulu, orang Papua menggosokkan tanaman anti nyamuk ini ke kulit.

Tanaman ini ampuh untuk mengusir nyamuk, karena memiliki kandungan rutaecarpine dan juga evodiamine yang sangat tidak disukai nyamuk.

7. Kecombrang

tanaman pengusir nyamuk paling ampuh
Sumber Foto: Flickr

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya, yaitu kecombrang. Tanaman ini malah banyak dikenal sebagai bahan untuk masakan. Tapi selain untuk memasak, ternyata tanaman ini juga dapat menangkal datangnya nyamuk lho.

Bentuk bunganya juga terlihat unik, sehingga ia cocok untuk menjadi hiasan di rumah.

Baca Juga: Basmi Nyamuk dengan 8 Merk Obat Nyamuk Paling Ampuh

Itulah beberapa tanaman yang bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk, Toppers! Sepertinya bau yang kita anggap harum justru tidak disukai nyamuk ya. Jika rumahmu banyak didatangi nyamuk, letakkanlah beberapa tumbuhan pengusir nyamuk ini di rumahmu!

Selain bebas nyamuk, rumahmu juga akan menjadi lebih harum dan segar tentunya. Jika ingin hasil yang instan dan lebih maksimal, kamu bisa mengandalkan lampu tidur anti nyamuk dan  obat nyamuk terbaik dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

Jual Kelambu Tempat Tidur Bagus Murah
Tidur enggak lagi diganggu oleh nyamuk berkat kelambu tempat tidur terbaik!
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

Wajib Tahu! Ini Fungsi MCB, ELCB, dan RCBO untuk Cegah Kebocoran Arus Listrik di Rumah
Home and Living
Wajib Tahu! Ini Fungsi MCB, ELCB, dan RCBO untuk Cegah Kebocoran Arus Listrik di Rumah
© 2009-2023, PT Tokopedia