• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Tempat Camping Pangalengan Terbaik, Sensasi Kemah dengan Udara Sejuk

28 July 2022

Share

8 Tempat Camping Pangalengan Terbaik, Sensasi Kemah dengan Udara Sejuk

Deretan tempat camping Pangalengan terbaik, nikmati sejuknya berkemah di gunung dan sungai dengan sejuknya udara Bandung.


Wisata camping merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dan menikmati keindahan alam sepuasnya. Salah satu tempat yang ideal untuk camping karena keindahan alam dan hawanya yang sejuk adalah kota Bandung, khususnya di kecamatan Pangalengan.

Pangalengan sendiri menjadi destinasi wisata yang terkenal karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota. Selain itu, tempat ini dipenuhi dengan atraksi wisata sehingga akan lebih menyenangkan jika kamu bermalam di wilayah ini.

Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin healing dan menghilangkan penat karena menyajikan pemandangan pegunungan dan perbukitan hijau yang masih sangat asri. Jika kamu berencana untuk camping di Pangalengan, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat camping terbaik di yang patut kamu kunjungi.

Baca Juga: Deretan Tempat Wisata Bandung Terbaik yang Sedang Hits dan Ramai Dikunjungi

Tempat Camping Terbaik di Pangalengan

Selain pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk, tempat camping di bawah ini juga menawarkan fasilitas yang lengkap agar pengalaman camping kamu semakin menyenangkan. Simak rekomendasi tempat camping di Pangalengan berikut:

1. Taman Langit Pangalengan

tenda kemah di bawah langit senja

Sumber Gambar: Kompas

Rekomendasi tempat camping terbaik pertama adalah Taman Langit Pangalengan. Seperti namanya, tempat ini menyajikan pemandangan hamparan kebun teh yang diselimuti kabut sehingga kamu terasa seperti di atas awan.

Selain pemandangan kebun teh, tempat ini juga pas untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Kemudian di malam hari kamu akan disuguhkan dengan kelap-kelip cahaya kota dan juga langit yang bertabur bintang.

Kamu cukup mengeluarkan kocek sebanyak Rp25 ribu untuk berkemah di sini. Harga ini sudah termasuk fasilitas toilet dan kamar mandi, namun belum termasuk penyewaan tenda dan perlengkapan camping lainnya.

  • Alamat: Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Harga Tiket: Rp10.000

2. Sunrise Point Cukul

foto di hammock background lahan hijau

Sumber Gambar: Instagram @rianmuhtazan

Sunrise Point Cukul merupakan tempat camping di Pangalengan yang menawarkan pemandangan matahari terbit yang memesona. Di tempat ini terdapat beberapa spot foto dengan latar belakang perbukitan hijau yang ditutupi dengan aksen kabut.

Jika kamu berkemah di tempat ini, kamu juga berkesempatan melihat pemandangan bima sakti saat menjelang subuh. Tidak heran jika banyak komunitas fotografi yang berkemah di tempat ini hanya untuk hunting foto.

Untuk mendirikan tenda di sini kamu akan dikenakan biaya sebanyak Rp40 ribu. Harga ini merupakan harga paket yang dilengkapi dengan beberapa perlengkapan yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

  • Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional:
    Senin–Jumat, 05.00 – 17.00 WIB,
    Sabtu–Minggu, 24 jam
  • Harga Tiket: Rp10.000

3. Wayang Windu Panenjoan

jembatan kayu di tengah kebun teh

Sumber Gambar: Native Indonesia

Rasakan pengalaman camping di perkebunan teh dengan ketinggian 1.800 mdpl di Wayang Windu Panenjoan. Karena letaknya yang cukup tinggi, tempat ini memiliki hawa yang sejuk dan sering diselimuti oleh kabut terutama pada pagi hari.

Tempat ini juga ideal untuk menyaksikan sunrise dan sunset. Tersedia juga beberapa spot untuk berswafoto, seperti jembatan kayu yang memandang ke hamparan perkebunan teh yang luas.

Jika ingin berkemah di sini, kamu bisa membayar biaya tambahan sebanyak Rp20 ribu.

  • Alamat: Banjarsari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 05.30 – 18.15 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000

4. Gunung Artapela

tenda kemah di gunung artapela

Sumber Gambar: Bayu Saptoaji/ Today Dream

Gunung Artapela merupakan gunung yang terletak di antara perbatasan Pangalengan–Kartasari. Gunung ini menawarkan pemandangan perbukitan hijau yang luas dari ketinggian sekitar 2.194 mdpl.

Kamu bisa mendirikan tenda di camping ground yang terletak di puncak Sulibra yang luasnya sekitar 40 hektar. Walaupun terletak di atas pegunungan, tempat camping ini memiliki jalur trekking yang mudah untuk diakses sehingga cocok untuk pemula.

Tempat ini cocok bagi kamu yang mencari ketenangan karena lingkungannya yang masih sangat asri dan jauh dari keramaian.

  • Alamat: Sukapura, Kertasari, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Harga Tiket: Rp5.000 – Rp15.000
Baca Juga: Rekomendasi Rumah Makan Sunda di Bandung dengan View Bagus
tiket kereta murah tokopedia

Mau liburan anti macet? Pesan tiket keretanya di Tokopedia!

5. Situ Cileunca

tenda di tepi sungai (situ cileunca)

Sumber Gambar: Twitter @travelbloggerid

Jika kamu ingin camping di tepi danau, kamu bisa mencoba camping di Situ Cileunca. Tempat camping ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sehingga cocok untuk ditempati bersama keluarga.

Dengan harga Rp250 ribu untuk 3 orang, kamu sudah bisa menikmati fasilitas tenda, perlengkapan tidur, breakfast dan dinner, coffee break, free flow tea, api unggun, serta perahu untuk ke danau.

Selain berkemah kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya dengan biaya tambahan yang cukup terjangkau. Seperti offroad, memanah, bersepeda, outbound, arung jeram, hingga tur mengelilingi Pangalengan.

  • Alamat: Jalan Situ Cileunca, Danau Pangalengan, Wanasari, Bandung Selatan, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB.
  • Harga Paket Camping: Rp225.000 – Rp385.000

5. Hutan Pinus Rahong

tenda biru berkemah di tepi sungai

Sumber Gambar: RASA Journey

Kamu bisa camping sambil merasakan teduhnya hutan dan aroma pohon pinus di Hutan Pinus Rahong. Tempat ini cukup mudah untuk diakses kendaraan roda empat sehingga tidak heran jika banyak keluarga yang datang untuk berpiknik di tempat ini.

Camping di tempat ini dikenakan biaya sebesar Rp50 ribu. Biaya tersebut belum termasuk penyewaan tenda dan peralatan camping lainnya yang berkisar dari Rp150 ribu – Rp350 ribu.

Tersedia juga jenis penginapan glamping untuk kamu yang menginginkan pengalaman berkemah dengan fasilitas yang mewah seperti karaoke dan TV. Kabin glamping bisa disewa dengan harga sekitar Rp600 ribu per malamnya.

  • Alamat: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 06.30 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp5.000

6. Datar Pinus Camp

tenda dan hammpock di pohon pinus

Sumber Gambar: Datar Pinus Camp

Datar Pinus Camp bisa menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang ingin mencoba camping untuk pertama kalinya. Tempat ini masih berada dalam kawasan Hutan Pinus Rahong dan memiliki akses yang cukup mudah untuk dijangkau.

Tempat ini menyediakan beberapa pilihan paket camping yang bisa kamu pilih. Paket yang termurah merogoh kocek sebanyak Rp75 ribu dan sudah termasuk tenda, sleeping bag, serta matras.

Berkemah di sini dijamin tidak akan bosan karena terdapat banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti arung jeram, outbound, paintball, offroad, dan bersepeda.

  • Alamat: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional:
    Senin–Jumat, 08.00-17.00 WIB
    Sabtu-Minggu, 24 jam
  • Harga Tiket: Rp10.000 – Rp20.000

7. Pineus Tilu Camp Ground

tenda kemah malam hari di pineus tilu camp ground

Sumber Gambar: Instagram @iqbal.bayhaqi

Salah satu tempat camping terbaik di Pangalengan yang cocok untuk keluarga adalah Pineus Tilu Camp Ground. Tempat ini sudah menyediakan tenda untuk berkemah sehingga kamu tidak perlu membawa tenda sendiri.

Daya tarik dari tempat camping ini adalah letak tendanya yang menghadap langsung ke sungai yang aliran airnya berasal dari Situ Cileunca. Di sungai ini kamu juga bisa mencoba aktivitas arung jeram, lho!

Sementara itu, harga paket camping di tempat ini juga sudah termasuk fasilitas yang mencakup toilet, kamar mandi, kasur, sleeping bag, matras, stop kontak dan fasilitas lainnya.

  • Alamat: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Harga Paket Camping: Rp500.000 – Rp650.000
Baca Juga: Tempat Camping di Sentul, Terbaik untuk Keluarga, Sekolah, dan Organisasi

Itu dia, Toppers, tempat camping terbaik di kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh selalu fit sebelum camping agar seluruh aktivitas berjalan dengan lancar, ya!

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia, lengkapi aneka peralatan camping dengan harga murah meriah hanya di promo kemerdekaan Tokopedia!

*Informasi yang tertera berlaku saat artikel ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.

pesan hotel murah

Hotel berbintang harganya bisa bikin senang, dapatkan deals terbaiknya di Tokopedia!

Penulis: Abya Zara

© 2009-2024, PT Tokopedia