Tempat Liburan yang Asyik untuk Menyendiri

/   Info & Tips, Travel

Padatnya rutinitas maupun tingginya tekanan kerja perlu diimbangi dengan liburan yang melegakan pikiran. Ajukan cuti ke atasanmu, siapkan tiket, akomodasi, dan rencana perjalanan dari jauh hari. Jika memang tidak ada teman yang bisa diajak ikut serta, jangan takut untuk pergi sendirian! Malah, sebagian orang dengan kepribadian introver menyukai pilihan ini sejak awal, lho.

Menurut penelitian dari Queensland University, orang memilih ber-solo traveling karena memiliki kontrol penuh dalam penentuan keputusan. Liburan sendiri juga memungkinkan seseorang menyelami kepribadiannya, yang akhirnya mendatangkan kedamaian. Kalau kamu tertarik melancong tanpa mengajak siapa pun, berikut Tokopedia berikan lima jenis tempat liburan yang cocok!

Resort privat di tepi pantai

Sumber gambar: pinterest.com

Menghirup udara laut di pagi hari sambil menikmati es kelapa muda, berenang di bibir pantai menggunakan bikini, hingga menyaksikan tenggelamnya matahari. Semua itu bisa kamu lakukan saat menginap di penginapan yang memiliki pantai privat. Manfaatkan privasi yang ditawarkan untuk menyenangkan diri sendiri, supaya segala beban di kepala hilang seketika. Berdasarkan Deakin’s Australian Centre on Quality of Life, melewatkan liburan di pantai bisa membuat kinerja otakmu kembali maksimal dan emosimu stabil. Kedua kondisi itu akan membuat optimismu bangkit lagi!

Inspirasi destinasi:

Pulau Macan, Kepulauan Seribu

Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon

Nusa Penida, Bali

Dataran tinggi yang sejuk

Sumber gambar: pinterest.com

Sebagian orang membenci panasnya udara tropis yang membuat mereka senantiasa berkeringat atau uring-uringan. Jika kamu salah satunya, pergilah menyepi ke dataran tinggi. Manfaatkan waktumu untuk trekking menyusuri hijaunya perbukitan. Hirup segarnya udara di sana sembari menyesap teh hangat saat pagi atau sore hari. Ssst, suasana dataran tinggi yang sejuk dan sarat kesan romantis bisa dipakai untuk menuangkan kreativitas seperti menulis puisi atau membuat lagu, lho!

Inspirasi destinasi:

Dieng, Wonosobo

Ciwidey, Bandung

Wisata Kota Batu, Malang

Wisata spiritual bikin tenang

Sumber gambar: pinterest.com

Masih ingat film Eat, Pray, & Love yang syuting di Indonesia? Sesuai jalan ceritanya, kamu bisa mencari jati diri lewat perjalanan tanpa teman. Terutama buatmu yang baru saja dirundung masalah. Cari kedamaian dengan berkunjung ke tempat-tempat religi atau berwisata momen-momen keagamaan, tapi pastikan untuk tidak mengganggu jalannya ibadah ya. Liburan jenis ini juga makin mengasah toleransimu terhadap keberagaman, Toppers!

Inspirasi destinasi:

Gunung Bromo, Jawa Timur

Borobudur, Magelang

Kudus, Jawa Tengah

Berburu bacaan buat si kutu buku

Sumber gambar: pinterest.com

Orang yang gemar membaca buku kerap memiliki kepribadian tertutup. Alih-alih menghabiskan waktu dengan liburan atau nongkrong bareng teman, mereka lebih suka melahap lembar demi lembar bacaannya. Kalau kamu masuk tipe yang seperti ini, sebaiknya kemasi barangmu dan carilah lokasi-lokasi yang menjual buku-buku bekas atau spot yang asyik untuk membaca.

Inspirasi destinasi:

Perpustakaan Freedom Institute, Jakarta

Kineruku, Bandung

Gak punya waktu? Me time di hotel aja

Sumber gambar: pinterest.com

Opsi terakhir ini cocok buatmu si pekerja urban yang super sibuk! Hari libur yang cuma sehari, bisa tetap kamu manfaatkan, lho. Carilah promo hotel berbintang di situs-situs travel online. Habiskan waktumu dengan menikmati segala fasilitas dan keindahan interior yang disajikan. Lupakan segala beban yang menggelayuti pikiran, sebab kamu pantas menghabiskan waktumu sebebas-bebasnya! Jangan lupa cari menu andalan yang ditawarkan oleh restoran hotel, manjakan pula lidahmu supaya bisa benar-benar bahagia!

Menghabiskan waktu luang dengan berlibur adalah salah satu caramu menghargai diri sendiri, Toppers. Gak masalah kalau kawan-kawanmu enggan diajak berpetualang. Kamu bisa liburan sendiri! Biar hemat, perginya naik kereta aja. Bisa beli tiketnya di siniSemoga lima rekomendasi ini bisa membantumu dalam menentukan destinasi, ya.

THEAUTHOR

Amnesti Marta

Amnesti Marta has written 16 Article, See all posts