• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Mengenal 5 Tempat Miqat Umroh, Ada di Mana Saja Kah?

06 October 2022

Share

Mengenal 5 Tempat Miqat Umroh, Ada di Mana Saja Kah?

Bagi yang ingin melaksanakan ibadah umroh, sebaiknya ketahui lebih dulu tempat miqat atau titik awal memulai umroh. Simak daftarnya di sini!


Bagi jamaah haji atau umroh yang sedang ataupun pernah menginjak tanah suci pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah miqat saat menjalankan ibadah. Dalam rangkaian ibadah haji atau umroh, miqat menjadi salah satu rukun yang pertama kali harus dilakukan sebelum jamaah memulai rangkaian ibadah di Masjidil Haram.

Miqat menjadi patokan tempat untuk mengenakan pakaian ihram dan memulai niat ihram untuk melakukan ibadah umrah. Dengan kata lain, jamaah wajib mengganti amalan tersebut dengan dam atau denda apabila meninggalkannya.

Untuk tempat melakukan miqat sendiri, sudah ditetapkan oleh Rasulullah SAW. Untuk Toppers yang akan segera melakukan ibadah ke tanah suci, yuk, kenali tempat-tempat miqat berikut ini beserta lokasinya!

Baca Juga: Ini Rukun Umroh yang Wajib Dilaksanakan Umat Muslim

Apa Itu Miqat? Ini Makna dan Jenisnya

Miqat umroh.

Sumber Gambar: Unsplash

Miqat adalah bagian wajib dalam rangkaian haji atau umroh yang menjadi tempat melakukan ihram. Miqat juga merupakan tempat yang ditentukan oleh Rasulullah SAW atau para khalifah yang telah diberi petunjuk sebagai titik awal pelaksanaan haji bagi semua jamaah dari empat arah.

Lalu miqah terdiri dari dua jenis, yaitu Miqat Zamani (batas waktu dan Miqat Makani (batas letak tanah). Miqat Zamani adalah ketentuan waktu untuk melaksanakan ibadah haji yang dimulai sejak 1 Syawal hingga terbit fajar di 10 Zulhijah. Semantara Miqat Makani merupakan ketentuan tempat di mana seseorang harus memulai niat haji atau umrah.

Baca Juga: Deretan Persiapan Umroh Bagi Perempuan dan Laki-Laki

Tempat Miqat Umroh

Ibadah haji atau umrah memiliki beberapa tempat yang ditentukan sebagai tempat dimulainya ihram. Terdapat 5 lokasi Miqat Makani yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW, sebagai berikut:

1. Dzul Hulaifah atau Bir Ali

tempat miqat umroh

Sumber Gambar: Wikipedia

Tempat miqat umroh yang pertama adalah Dzul Hulaifah atau Bir Ali. Tempat miqat umroh ini jaraknya sekitar 450 kilometer dari Mekkah. Miqat ini sering dilalui oleh mereka yang tinggal di Madinah.

Selain itu, yang tinggal berdekatan dengan Mekkah dari arah yang sama pun juga kerap melewati miqat ini.

2. As Sail atau Qarn al-Manazil

tempat miqat umroh

Sumber Gambar: Hajj and Umrah Planner

Kedua, tempat miqat umroh As Sail atau Qarn al-Manazil. Jarak miqat As Sail terletak 75 kilometer dari Kota Mekkah. Ia menjadi tempat miqat umroh bagi penduduk Najed dan Thaif serta bagi para jamaah haji dan umroh yang datang dari arah timur Mekkah.

Di atas miqat ini terdapat jalan menuju Thaif dari arah Al-Huda dan terdapat tempat yang disebut Lembah Muhrim. Bila diukur dari Bandar Udara King Abdul Aziz, jarak miqat menuju Kota Mekkah kurang lebih sekitar 220 kilometer.

3. Juhfah

tempat miqat umroh

Sumber Gambar: Hajj and Umrah Planner

Selanjutnya, tempat miqat umroh Juhfah. Al-Juhfah ini merupakan miqat makani untuk penduduk Syam atau wilayah Suriah, Mesir, Maroko. Tempat miqat umroh ini berdekatan dengan Kota Rabigh, yang mana jaraknya kurang lebih 183 kilometer dari Kota Mekkah.

Seiring Kota Al-Juhfah yang kosong dan tidak lagi berpenghuni, kebanyakan orang mulai berihram sejak ada di Kota Rabigh yang posisinya sebelum Al-Juhfah.

4. Dzat IRQ

tempat miqat umroh

Sumber Gambar: Khairo Tour

Tempat miqot umroh berikutnya adalah Dzat IRQ. Dzat IRQ atau Dzatu Irqin ini sekarang bernama Adh-Dharibah. Saat ini tempat miqot umroh ini tidak memiliki penghuni. Jaraknya berada tepat 100 kilometer dari sebelah timur Kota Mekkah.

Tempat miqot umroh ini dilewati oleh penduduk wilayah timur seperti Irak, Iran, dan wilayah sekitarnya. Meski tidak disebutkan dalam sebuah hadits, namun hasil Ijtihad dan ketetapan Umar bin Khattab membuat lokasi ini resmi menjadi tempat miqat umroh.

5. Yalamlam

tempat miqat umroh

Sumber Gambar: Hajj and Umrah Planner

Terakhir, Yalamlam. Toppers pasti sudah sering mendengar soal tempat miqat umroh yang satu ini. Miqat Yalamlam merupakan sebuah lembah luas yang berada di daerah perbukitan sekitar 92 kilometer dari sebelah tenggara Kota Mekkah.

Nama lain dari miqat ini adalah miqat As-Sa’diyah. Tempat miqat umroh ini dilalui oleh penduduk Yaman dan semua yang datang dari arah tersebut.

Miqat ini juga merupakan miqat yang dilalui oleh jamaah dari Asia seperti China, Jepang, India, juga Indonesia lho Toppers.

Baca Juga: Ini Deretan Syarat Dokumen Umroh yang Harus Kamu Persiapkan

Itulah informasi mengenai tempat miqat umroh Toppers. Jadi, kamu sudah paham dong soal tempat miqat umroh? Jangan sampai keliru ya. Pastikan kamu juga membawa kebutuhan umroh mulai dari pakaian hingga makanan selama beribadah.

Lengkapi perlengkapan ibadah juga kebutuhan umroh lewat Tokopedia Salam agar lebih mudah dan berkah! Tokopedia Salam, mulai pilihan yang baik untuk jalani hidup penuh keberkahan! Cek juga promo 10.10, promo bulan ini dan promo minggu ini di Tokopedia untuk belanja apapun yang lebih hemat dan murah.

perlengkapan fashion muslim

Tampil rapi dan sopan, namun tetap menawan dengan kebutuhan fashion muslim terlengkap di sini!

Share

Melly Yustin AuliaMelly Yustin Aulia

Related Articles

Ingin Naik Kereta Cepat Jakarta - Bandung WHOOSH? Ini Harga Tiket & Rutenya
Travel dan Kuliner
Ingin Naik Kereta Cepat Jakarta - Bandung WHOOSH? Ini Harga Tiket & Rutenya
© 2009-2024, PT Tokopedia