10 Tempat Wisata Populer yang Buka Saat Ini

0
355
tempat wisata yang buka saat ini

Memasuki tahap kenormalan baru, sejumlah tempat wisata populer mulai kembali menerima wisatawan setelah PSBB transisi. Berikut ini 10 di antaranya.


Sejumlah daerah tujuan wisata di Indonesia kini tengah memasuki masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke peralihan menuju kondisi kenormalan baru.

Dengan adanya Pelonggaran kebijakan PSBB, sejumlah tempat wisata populer yang tutup beberapa waktu lalu mulai melakukan simulasi dengan mempersiapkan diri agar memenuhi standar protokol kesehatan.

Bahkan, sejumlah tempat wisata juga berangsur-angsur mulai beroperasi. Nah, bagi kamu yang berencana mengunjungi tempat wisata dalam waktu dekat, di bawah ini adalah sejumlah tempat wisata yang sudah dapat dikunjungi.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini 10 tempat wisata populer yang buka sekarang.

Daftar Wisata yang Sudah Buka Sekarang

tiket kereta api
Perjalanan lebih mudah dan praktis dengan memesan tiket kereta api di Tokopedia!

Jakarta

1. Taman Ismail Marzuki

tempat wisata yang buka saat ini
Sumber gambar: mapio

Taman Ismail Marzuki merupakan pusat kawasan kesenian dan kebudayaan yang terletak di Jalan Cikini Raya Nomor 73.

Selain dapat menyaksikan pertunjukan kesenian seperti teater, musik dan pameran kesenian, di tempat ini kita juga bisa menemukan planetarium dan observatorium yang menyajikan sejumlah kegiatan seperti teater pertunjukan, hingga pengamatan bintang dan matahari menggunakan teropong. Taman Ismail Marzuki mulai beroperasi sejak 8 Juni 2020.

2. Museum Sejarah Jakarta

tempat wisata yang buka saat ini
Sumber gambar: letsgo2museum

Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Museum Fatahillah merupakan bekas bangunan balai kota di era kolonial Belanda.

Museum yang terletak di Jalan Fatahillah Nomor 1 ini memiliki sejumlah koleksi peninggalan era kolonial Belanda seperti mebel, keramik, buku hingga senjata.

Meski mulai beroperasi, pengelola museum ini menerapkan sejumlah aturan yakni jam operasi yang lebih singgkat (09.00-15.00), maksimal pengunjung dibatasi hanya 250 orang dan hari operasi yang dimulai sejak Selasa hingga Minggu.

BACA JUGA: 35 TEMPAT WISATA DI BANDUNG DAN SEKITARNYA YANG HARUS KAMU DATANGI DI TAHUN 2020

3. Museum Wayang

tempat wisata yang buka sekarang
Sumber gambar: thecrazymuseum

Museum selanjutnya yang sudah buka di masa transisi PSBB ini adalah museum wayang. Sesuai namanya, museum yang berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta ini memiliki koleksi wayang yang lengkap.

Seperti semua tempat publik di Jakarta yang mulai beroperasi, museum ini menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengunjung.

4. Wisata Kepulauan Seribu

tempat wisata yang buka saat ini
Sumber gambar: pixabay

Bagi kamu yang rindu berlibur di pantai, wisata kepulauan seribu yang ditutupt total saat masa PSBB, kini sudah mulai beroperasi kembali. Namun, belum semua kawasan dan pantai dibuka untuk umum.

Kawasan wisata ini dibuka bertahap mulai 13 Juni 2020 hingga 2 Juli 2020. Namun, kunjungan dibatasi hanya 50% dari rata-rata kunjungan dalam kondisi normal.

Bandung

5. Saung Angklung Udjo

Dari Bandung, salah satu tempat wisata populer yang mulai buka adalah Saung Angklung Mang udjo yang terletak di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Saung Angklung Udjo merupakan salah satu destinasi wisata budaya dan edukasi populer di Kota Bandung. Di sini kita dapat menyaksikan pertunjukan angklung hingga pusat kerajinan tangan dari bambu.

6. Glamping Lakeside

tempat wisata yang buka saat ini
Sumber gambar: ig lakeside_rancabali

Setelah lama di rumah saja, tentu saja keinginan untuk liburan ke alam sangat besar. Bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam sambil berkemah atau mengitari danau dengan perahu, kamu sudah bisa mengunjungi Glamping Lakeside.

Tempat ini sudah dibuka oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung dengan tetap menerapkan sejumlah protokol kesehatan.

7. Situ Cileunca

tempat wisata yang buka saat ini
Sumber gambar: ig budi_fitriana

Situ cileunca adalah tujuan wisata berupa danau dengan luas mencapai 1.400 hektar. Danau luas ini dikelilingi pepohonan hijau dan perbukitan yang membuat tempat wisata ini terlihat sangat cantik.

Saat ini kamu sudah bisa mengunjungi tempat wisata yang terletak di Kabupaten Bandung ini dengan pembatasan hanya sampai 30% dari jumlah rata-rata pengunjung di waktu normal.

8. Situ Cisanti

tempat wisata yang buka saat ini
Sumber gambar: ig bimanisekali

Untuk mencegah penularan virus corona, pengunjung yang mendatangi Situ Cisanti juga hanya dibatasi sebanyak 30% saja. Selain itu, pengelola setempat melarang pengunjung yang bergerombol atau wisatawan rombongan.

Lembang

9. Floating Market

tempat wisata yang buka sekarang
Sumber gambar: floating.market.lembang

Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat juga sudah mulai menerima kunjungan wisatawan. Salah satu tempat wisata yang buka saat ini adalah Floating Market.

Hanya saja, pengunjung dari luar daerah Bandung dan Jawa Barat masih belum diperbolehkan untuk memasuki kawasan. Ketika memasuki tempat ini sejumlah protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, masker dan face shield menjadi kewajiban.

10. Farm House

tempat wisata yang buka saat ini
Sumber gambar: ig @hanummm

Tempat wisata yang juga berda di kawasan Kabupaten Bandung Barat ini juga sudah menerima kunjungan wisatawan sejak 13 Juni 2020.

Di tempat ini pengunjung diharuskan mengenakan masker dan face shield yang dibagikan gratis serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air sebelum memasuki kawasan.

BACA JUGA: 22 TEMPAT WISATA GARUT TERBAIK DAN TERBARU

Nah, itulah Toppers sejumlah tempat wisata yang sudah mulai dibuka di Jakarta dan Jawa Barat.

Namun, tetap ingat Toppers, agar melengkapi diri dengan sejumlah peralatan seperti masker, face shield, hand sanitizer, sarung tangan dan mematuhi peraturan yang berlaku di masing-masing tempat wisata.

Temukan hotel terbaik dan booking melalui aplikasi Tokopedia! Dapatkan harga menarik di setiap penawarannya.