8 Langkah untuk Lakukan Sapih pada Anak

48
Tips Menyapih Anak
Sumber gambar: Pixabay

ASI merupakan makanan yang paling sempurna untuk diberikan kepada anak. Namun, disarankan memberikannya hingga anak memasuki usia 2 tahun. Untuk itu, beberapa Bunda menggunakan teknik sapih untuk menghentikan anak dari ASI.


Cara Lakukan Sapih pada Anak – Memberikan ASI kepada anak memang sebaiknya dilakukan dari usia anak 0 hingga 6 bulan. Setelah itu, ASI bisa didampingi dengan berbagai macam makanan lunak dan sehat untuk memaksimalkan nutrisi si kecil, biasa disebut dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI) hingga anak berusia 2 tahun.

Setelah usia anak sudah mencapai 2 tahun, sebaiknya pemberian ASI di hentikan. Hal ini dilakukan demi kesehatan Bunda dan juga si kecil. Maka dari itu, diperlukannya teknik menyapih untuk menghentikan pemberian ASI pada anak. Namun, menyapih anak terkadang menjadi hal yang sulit bagi sang Bunda karena anak yang masih terus-terusan merengek untuk meminta ASI.

BACA JUGA: Makanan Pendamping ASI Sehat Terbaik untuk Buah Hati

Untuk mempermudah Bunda menyapih anak, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya:

Tips Lakukan Sapih pada Anak

1. Komunikasikan kepada Anak

Komunikasi adalah salah satu hal penting dan utama dalam menjelaskan berbagai kondisi kepada anak. Termasuk untuk menghentikannya dari ASI, Bunda harus memberikan penjelasan kepada anak. Meskipun usia anak masih kecil, memberikan pengertian kepadanya adalah hal penting.

Berikan pengertian kepada sang anak bahwa menyusui tidak lagi baik untuknya karena usianya yang semakin besar. Bunda bisa berikan penjelasan bahwa di usianya yang sekarang, dia tidak perlu lagi menyusui.

2. Kurangi secara Perlahan Sesi Menyusui

Untuk mempercepat menyapih anak, Bunda bisa mengurangi 1 sesi menyusui setiap harinya dalam jangka waktu seminggu. Untuk mengurangi waktu menyusui hingga berhenti, harus dilakukannya secara bertahap.

Jangan langsung sama sekali tidak memberikan ASI kepada anak, justru membuatnya merengek dan semakin sulit untuk dihentikan.

makanan yang aman bagi gigi anak
Sumber Gambar: Happy Family Organics

3. Mengubah Kebiasaan Makan Anak

Usahakan selalu bangun sebelum si kecil bangun. Hal ini dilakukan agar Bunda bisa menyiapkan makanan untuknya di saat ia bangun dan siap untuk dimakan. Sebagian besar anak merasa lapar di saat bangun tidur. Untuk menghindarinya dari permintaan ASI, sebaiknya siapkan makanan lezat dan bergizi untuk si kecil.

Pastikan juga makanan yang Bunda berikan adalah makanan yang disukai. Bisa juga Bunda menjadikan makanan dengan bentuk yang unik sehingga lebih menarik perhatian si kecil.

4. Menggendong Anak dengan Cara yang Berbeda

Ubahlah cara menggendong anak dari biasanya. Bunda bisa mencoba menggendong dengan posisi saling memeluk satu sama lain. Hindari posisi menggendong seperti biasanya yang dilakukan saat Bunda berikan ASI.

BACA JUGA: 10 Kegiatan di Rumah yang Bisa Melatih Anak Bertanggung Jawab

bubur bayi organik

5. Gunakan Pakaian yang Berbeda

Hindari pemakaian baju yang biasa Bunda gunakan saat menyusui anak. Hal ini dapat menghindari anak mengingat kebiasaan menyusui yang sudah berlalu. Disarankan juga untuk Bunda, jangan membuka baju di hadapan si kecil. Karena dapat membuat anak ingin menyusui kembali.

6. Alihkan Perhatian Anak

Bunda pasti tahu kapan waktu anak meminta untuk menyusui. Antisipasi waktu tersebut dengan cara mengalihkan perhatian anak. Caranya, Bunda bisa mengajak si kecil bermain, jalan-jalan di taman, atau lain sebagainya. Triknya, Bunda bisa menawarkan apapun sebelum si kecil meminta untuk menyusui.

cara atasi anak pemalu

7. Biarkan Anak Bermain Bersama Teman-temannya

Berikanlah waktu untuk si kecil bermain bersama teman-temannya. Dengan seru bermain, membuatnya lupa akan waktu menyusui. Si kecil bisa menghabiskan waktu bermain bersama teman dengan mainan kesukaannya. Sehingga anak akan lupa dengan keinginannya untuk menyusui.

8. Gunakan Cara Lain untuk Buat Anak Tertidur

Biasanya, saat sedang menyusui di siang dan malam hari merupakan cara jitu untu Bunda membuatnya tertidur. Namun, saat sedang menyapih hindari lah cara ini. Bunda bisa mencari cara lain untuk membuatnya tertidur tanpa meminta menyusui.

Seperti Bunda bisa membacakan dongeng kesukaannya, memutarkan lagu tenang yang bisa membuatnya mengantuk, atau Bunda bisa menidurkannya di kursi goyang.

BACA JUGA: 7 Resep Makanan Lezat Penuh Kreasi untuk Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Menyapih anak usia 2 tahun memang bisa dikatakan tidak mudah. Bunda harus memiliki trik dan cara sendiri untuk menghentikan anak dari ASI. Ada yang beranggapan bahwa dengan cara memberikan cabai dan brotowali. Namun, hal tersebut bisa membuat anak menjadi trauma dengan cabai dan bisa berisiko diare pada anak, jadi sebaiknya Bunda hindari cara tersebut ya!

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel