Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
6 Tips Membuat & Memilih Kandang Anjing Yang Aman dan Nyaman
18 June 2021
Visitor counter icon0Comment icon0
Share icon
Share
6 Tips Membuat _ Memilih Kandang Anjing
6 Tips Membuat _ Memilih Kandang Anjing

Berikan kandang anjing ternyaman untuk anjingmu. Simak ukuran kandang anjing, material pilihan, dan hal-hal lain yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih.


Memilih Kandang Anjing Yang Aman – Anjing memang dapat memberikan warna dan keseruan baru di rumah. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan kadang bisa menjadi pusat perhatian bagi semua anggota keluarga.

Nah, karena telah memberikan banyak kebahagiaan, tentunya kamu harus merawatnya dengan baik mulai dari menjaga kebersihannya, memberikan makanan bergizi, hingga memberikan tempat tinggal yang nyaman, ya, Toppers!

Tips Membuat dan Memilih Kandang Anjing

Untuk tempat tinggal anjing, beberapa orang memilih tinggal bersama di rumah namun beberapa lainnya memilih untuk memberikan kandang. Keduanya sama-sama boleh dilakukan, kok!

Namun, jika kamu memilih untuk membuat kandang untuk anjing peliharaanmu, kamu harus memastikan bahwa kandang itu nyaman bagi mereka. Nah, mau tahu kan, apa saja tips untuk membuat atau memilih kandang anjing? Simak langsung tipsnya di sini!

Baca Juga: 10 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

1. Siapkan Atap Yang Teduh

Siapkan Atap Yang Teduh
Sumber Gambar: Pexels

Untuk membuat kandang anjing yang nyaman tentunya kamu perlu memberikan atap. Hal ini sangat penting untuk menghalau cahaya matahari langsung agar teduh pada saat siang hari.

Tak hanya itu, atap juga berfungsi untuk melindunginya dari hujan.

2. Perhatikan Sirkulasi Udara

Perhatikan Sirkulasi Udara
Sumber Gambar: Pexels

Sirkulasi udara yang baik sangat penting diperhatikan dalam pembuatan kandang anjing. Hal ini diperlukan agar kandang tidak lembab.

kandang yang lembab dapat menjadi masalah bagi kesehatan anjing seperti berkembangbiaknya kutu hingga kesulitan bernapas.

3. Cahaya Matahari Yang Cukup

Cahaya Matahari Yang Cukup
Sumber Gambar: Unsplash

Urungkan niatmu jika kamu ingin membuat kandang di pojok rumah tanpa asupan sinar matahari. Selain memiliki sirkulasi udara yang baik, kandang anjing harus menerima sinar matahari yang cukup.

Hal ini dapat menghilangkan kelembaban agar kandang terhindar dari jamur dan bau sehingga anjing akan nyaman berada dalam kandangnya.

4. Sediakan Tempat Makan dan Tempat Minum

Sediakan Tempat Makan dan Tempat Minum
Sumber Gambar: Pexels

Tak kalah penting, nih, Toppers. Jangan lupa sediakan tempat makan dan minum untuk anjingmu, ya!

Tempat terpisah dari majikan membuatnya tak bisa meminta makanan secara langsung. Selalu berikan sediaan makanan anjing yang cukup saat kamu meninggalkan anjing misalnya saat bepergian.

5. Sediakan Tempat untuk Membuang Kotoran

Sediakan Tempat untuk Membuang Kotoran
Sumber Gambar: Pixabay

Tempat khusus untuk membuang kotoran sangat penting untuk ada dalam kandang anjing. Tempat kotoran anjing akan memudahkanmu membersihkan kandang.

Selain itu, kandang akan tidak nyaman untuk ditempati jika terdapat banyak kotoran yang bertebaran.

6. Tidak Menyatukan Peliharaan Lain di Kandang

Tidak Menyatukan Peliharaan Lain di Kandang
Sumber Gambar: Unsplash

Jika kamu memiliki hewan peliharaan lebih dari satu, jangan memasukkannya ke dalam kandang yang sama meskipun mereka adalah spesies yang sama. Akan lebih baik jika kamu memisahkannya pada kandang yang berbeda.

Namun, jika kamu ingin tetap memasukkannya dalam kandang yang sama, pastikan ukuran kandang cukup luas agar anjing bisa bergerak dengan bebas.

baca juga: 15 Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

tempat tidur anjing

Ukuran Ideal untuk Kandang Anjing

Ukuran Ideal untuk Kandang Anjing
Sumber Gambar: Pixabay

Selain hal-hal di atas, ukuran kandang adalah hal yang paling krusial untuk diperhatikan. Kandang anjing tidak boleh terlalu kecil dan juga tidak boleh terlalu besar.

Ukuran kandang anjing disesuaikan dengan tinggi dan berat badan anjing. Kamu bisa mengukur tinggi dan panjang badannya saat berdiri dan duduk. Setelah kamu dapatkan hasilnya, tambahkan 10 hingga 15 cm untuk ukuran kandang anjing.

Adapun jika kamu ingin menyesuaikan ukuran kandang anjing berdasarkan berat badannya, inilah daftar patokannya:

16–18 kg: 60–75 cm

18–32 kg: 90 cm

32–40 kg: 106 cm

40–50 kg: 122 cm

> 50 kg: 138 cm


Material Yang Aman & Nyaman untuk Kandang Anjing

Material Yang Aman _ Nyaman untuk Kandang Anjing
Sumber Gambar: Unsplash

Setelah menentukan ukuran, kamu juga harus memilih material untuk kandang anjing. Ada banyak tipe material yang bisa dipakai, yang paling populer adalah kandang anjing besi.

Kandang anjing besi atau logam cenderung akan awet jika dibandingkan dengan material lain. Namun, kamu juga bisa memilih material plastik jika yang kamu pelihara adalah anak anjing.

Jangan buat keseluruhan kandang anjing dengan material kayu. Jika terkena hujan, material kayu akan lebih menyerap dalam waktu yang cukup lama. Hal ini bisa membuat kandang lembab dan berjamur.

Baca Juga: 7 Cara Tepat Merawat Hewan Peliharaan: Nyaman dan Aman!


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli atau membuat kandang anjing. Sudah menemukan kandang anjing yang cocok untuk disimpan di rumah? Jika belum, tenang saja karena kamu bisa menemukan banyak pilihan kandang anjing di Tokopedia, Toppers!

makanan anjing
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia