Tips Memilih Pakaian Interview Terbaik

0
1671
Tips Memilih Pakaian Interview

Tips Memilih Baju Interview – Wawancara kerja merupakan sebuah kesempatan untuk kamu memberikan first impression yang baik pada perusahaan. Karena pada saat inilah kamu bertemu untuk pertama kalinya dengan human resource suatu perusahaan yang kamu lamar. Lalu, penampilan merupakan aspek yang pertama kali akan dinilai oleh calon atasanmu. Pastinya kamu tidak akan mau kan memberi kesan pertama yang buruk. Oleh karena itu, yuk simak tips memilih pakaian interview terbaik untuk kamu tampil rapi dan menarik!

Baca juga: 5 Model Baju Batik Modern Cocok Untuk Kuliah atau Ngantor

Tips Memilih Baju Interview

Hindari Pemakaian Kaos dan Celana Jeans

Pertama, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu jangan memakai kaos ataupun celana jeans pada saat mengikuti sesi wawancara. Karena penampilan ini akan membuatmu menjadi terlihat tidak serius dan recruiter akan malas melakukan interview denganmu. Untuk mengikuti sesi interview dengan baik kamu wajib berpenampilan rapih dan professional tentunya.

Pakaian Interview untuk Wawancara di Perusahaan Bersifat Formal

Jika perusahaan yang kamu lamar bersifat formal seperti Bank atau Firma Hukum, wajib untuk kamu mengenakan suit resmi, seperti menggunakan blazer, blus, dan juga rok.

  • Rok Pensil Warna Hitam

Pastikan model rok yang kamu pakai adalah model pensil ya dengan warna hitam, agar memberikan kesan resmi dan menunjukkan bahwa kamu memiliki skill leadership. Tips untuk memakai rok pensil, gunakan yang panjangnya pas, jangan kurang dari lutut atau terlalu pendek.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
  • Perhatikan Warna Blus

Perhatikan warna blus yang akan kamu kenakan, karena setiap warna memiliki artinya masing-masing. Sesuaikan warna blusmu dengan karakter yang ingin kamu tunjukan. Dengan warna biru, kamu akan terlihat percaya diri, abu-abu akan menunjukkan kemampuan cara berpikir logismu, coklat akan memberikan kesan bahwa kamu adalah seorang yang bisa diandalkan.

  • Blazer Harus Pas Badan dan Berwarna Hitam

Agar terlihat lebih professional, sesuaikan warna blazer dengan rok hitammu. Pilih size yang fit dibadan ya, sehingga tampilan jadi semakin oke.

kemeja kerja wanita

Pakaian Interview untuk Wawancara di Perusahaan Kreatif

Berbeda dengan perusahaan formal, pada perusaahan kreatif kamu bisa menggunakan pakaian dengan gaya kasual. Tidak perlu berpakaian resmi namun harus tetap rapih ya.

  • Rok atau Celana Bahan

Untuk melakukan interview di perusahaan bidang kreatif kamu bebas mengenakan bawahan apapun selama bukan celana jeans. Usahakan pilih celana bahan, model chino bisa jadi pilihannya.

  • Tak Usah Pakai Blazer

Di perusahaan kreatif kamu tidak perlu memakai blazer. Cukup dengan memakai blus saja, tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan model blus yang digunakan, usahakan pakai yang berlengan panjang ya.

  • Aksesoris

Kerja di perusahaan bidang kreatif, tampilanmu juga harus kreatif bukan? Tunjukan sisi menarikmu dengan menggunakan aksesoris fashion sederhana seperti scarf, gelang, kalung, dan lain-lain.

Blazer fleece wanita

Pakai Sepatu Dengan Ujung Tertutup

Setelah cukup membahas pakaian, selanjutnya adalah sepatu. Selain pakaian, sepatu juga menjadi salah satu hal yang penting kamu perlu perhatikan. Usahakan pilih sepatu yang berwarna gelap seperti hitam atau cokelat. Jika ingin memakai hak, pilih hak yang tidak terlalu tinggi ya.

Tas Berukuran Medium

Gunakan tas berukuran sedang, jangan sampai kekecilan nanti bisa kerepotan membawa barang bawaan, juga jangan kebesaran karena penampilanmu bisa tertutup dengan tas.

Bersihkan Kuku

Jangan gunakan cat kuku saat interview, jika kamu sedang menggunakan cat kuku hapuslah terlebih dahulu. Gunakan perhiasan seperti cincin untuk mempermanis penampilanmu.

Tata Rambut

Sama halnya dengan pakaian, rambut juga memiliki peranan penting pada penampilanmu.

  • Ikat Rambut Panjang

Jika kamu memiliki rambut panjang, usahakan selalu diikat kuda agar penampilanmu jadi terlihat lebih rapi.

  • Jepit Rambut Pendek

Nah, jika rambutmu pendek, cukup jepitkan rambutmu ke sisi kanan atau kiri wajah kearah belakang.’

Baca juga: Ini Dia Cara Memilih Warna Baju Sesuai Warna Kulit!

Itulah beberapa tips memilih pakaian interview terbaik untuk kamu tampil rapi dan menarik. Apapun pakaiannya, pastikan sesuaikan dengan perusahaan yang kamu lamar. Jika perusahaan bersifat formal, gunakan pakaian yang professional den sedikit kaku, jika perusaahan di bidang kreatif gunakan pakaian bergaya kasual. Dengan mengenakan pakaian yang tepat, kamu juga akan lebih percaya diri dalam menghadapi interview. Semoga berhasil, Toppers!

celana kulot murah

Bagikan Artikel