• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tips Mudah dan Praktis Menjaga Kesehatan Mata

Share

Tips Mudah dan Praktis Menjaga Kesehatan Mata

Melindungi penglihatan serta kesehatan mata adalah salah satu hal terpenting yang nggak boleh terlewat untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Meskipun tidak semua penyakit mata dapat dicegah, ada beberapa langkah mudah untuk menjaga kesehatan mata serta mengurangi kemungkinan kehilangan penglihatan di masa depan.

Baca juga: 8 Cara Merawat Wajah agar Tetap Sehat dan Segar


Tips Menjaga Kesehatan Mata

Makan Makanan Sehat

tips menjaga kesehatan mataSumber gambar: kitchensanctuary

Kesehatan mata yang baik dimulai dengan asupan makanan Toppers. Nutrisi seperti omega-3, zinc, vitamin C dan E dapat membantu mencegah masalah penglihatan. Riset membuktikan bahwa orang-orang dengan tingkat vitamin C dan E yang lebih tinggi, zinc, zeaxanthin, asam lemak, omega-3, DHA serta EPA cenderung memiliki mata lebih sehat.

Sejumlah penelitian juga telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat mengurangi risiko katarak. Antioksidan ini diperoleh dari konsumsi buah dan sayuran hijau.

Mitos bahwa mengonsumsi wortel meningkatkan penglihatan adalah benar, namun juga beragam sayuran, terutama sayuran hijau juga harus menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan mata.

 

Hindari Merokok

tips menjaga kesehatan mataSumber gambar: usatoday

Merokok memiliki banyak efek samping. Tidak hanya memiliki efek kepada kesehatan mata, tapi juga ke seluruh tubuh. Perokok aktif beresiko lebih besar terkena katarak, uveitis hingga masalah mata lainnya.

Jika kamu belum pernah merokok, jangan memulai. Jika kamu sudah kebiasaan merokok, coba hindari perlahan dan lama-kelamaan kamu pun akan berhenti. Konsultasikan ke dokter mu jika kamu memang benar-benar ingin berhenti merokok.

 

Gunakan Kacamata Hitam

tips menjaga kesehatan mataSumber gambar: theodysseyonline

Saat di luar rumah di siang hari dengan matahari terik, gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko katarak, pinguecula hingga masalah mata lainnya.

Gunakan kacamata yang melindungi 99% sampai 100% sinar UVA dan UVB. Kacamata hitam juga melindungi kulit kelopak mata  untuk mencegah keriput di sekitar mata hingga resiko kanker kulit.

Baca juga:  6 Cara Memutihkan Gigi Yang Wajib Kamu Coba!

Cek ke Dokter Mata

tips menjaga kesehatan mataSumber gambar: scripps

Periksalah matamu minimal satu kali dalam dua tahun. Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak kecil sekalipun. Ini membantu melindungi penglihatan mu dan memungkinkan kamu melihat lebih baik.

Pemeriksaan mata juga bisa memberikan kamu informasi tentang penyakit, seperti glaukoma, penyakit mata yang tidak memiliki gejala apapun. Pemeriksaan mata sangat penting mengetahui penyakit mata yang mungkin kamu derita saat masih bisa diobati sebelum semuanya terlambat.

 

Bersihkan Lensa Kontak

tips menjaga kesehatan mataSumber gambar: webmd

Membersihkan contact lens atau lensa kontak sangatlah penting. Mungkin kamu pernah lupa melepas lalu tertidur dan masih menggunakan lensa kontak, atau menggunakan cairan pembersih lensa kontaki kadaluarsa, dan menggunakan lensa kontak sekali pakai lebih dari sekali. Ini semua dapat menyebabkan corneal ulcers atau luka pada kornea mata, bahkan hingga kehilangan penglihatan.

 

Istirahatkan Mata mu

tips menjaga kesehatan mataSumber gambar: news.dm

Jika mata lelah setelah bekerja dan melihat layar komputer secara terus-menerus, istirahatkanlah matamu dengan menjauhi mata dari monitor komputer. Jika mata sering lelah dan kamu merasa tidak normal, itu bisa jadi salah satu pertanda beberapa kondisi mata, seperti mata kering, presbiopia, atau kacamata dengan lensa yang tidak tepat. Konsultasikan masalah matamu ke dokter spesialis mata.

 

Cek Tekanan Darah

tips menjaga kesehatan mataSumber gambar: choice

Tekanan darah tinggi meningkatkan resiko terkena stroke. Stroke terjadi saat pembuluh darah di otak berdarah atau tersumbat. Hal ini dapat mempengaruhi penglihatan mu jika terjadi di bagian otak yang gunakan untuk melihat. Hal ini juga dapat menyebabkan titik-titik buta dalam penglihatan mu, yang membuat mu akan memiliki kesulitan membaca dan tidak dapat lagi mengemudi.

Jika pembuluh darah di bagian belakang mata berdarah atau tersumbat, hal ini dapat mempengaruhi penglihatan mu secara serius dan dalam beberapa kasus menyebabkan kehilangan penglihatan total pada mata.

Memiliki tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko terkena glaukoma. Glaukoma adalah saat tekanan di dalam mata merusak saraf optik di bagian belakang mata.


Mengerikan bukan, hal-hal yang dapat terjadi jika kamu tidak merawat serta menjaga kesehatan mata? Dari hal kecil sampai penyakit sangat parah seperti kanker mata semua adalah resiko jika kamu lalai dalam menjaga kesehatan mata. Yuk, mulai jaga kesehatan mata dari sekarang!

Share

Namira FazaNamira Faza

Related Articles

8 Obat Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat di Apotek
Kesehatan
8 Obat Kolesterol yang Efektif dan Mudah Didapat di Apotek
© 2009-2024, PT Tokopedia