• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tips Meringankan Pegal saat Hamil bagi Ibu Bekerja

Share

Tips Meringankan Pegal saat Hamil bagi Ibu Bekerja

Tubuh pegal-pegal saat hamil merupakan hal yang dapat dibilang wajar. Ingin mengetahui tips meringankan pegal saat hamil? Simak artikel berikut ini!


Saat hamil, tubuh pegal-pegal merupakan hal yang dapat dibilang wajar. Beberapa ibu pegal hanya di bagian-bagian tubuh tertentu, namun beberapa pegal bahkan di seluruh bagian tubuh. Karena, saat hamil seluruh jaringan penyokong dalam tubuh meregang alami secara bersamaan untuk menunjang perkembangan kandungan dan memudahkan proses persalinan. 

Walaupun merupakan kondisi yang sering terjadi, tubuh pegal dapat membuat ibu hamil dalam kondisi tidak nyaman. Apalagi bagi ibu bekerja, posisi terlalu sering duduk atau terlalu sering berdiri dapat membuat rasa nyeri menjadi bertambah dan akhirnya tidak fokus dalam bekerja.

Cara-cara apa saja yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi rasa pegal pada tubuh? Kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

Baca Juga: 12 Merk Handuk Bayi yang Bagus, Lembut dan Menyerap Air

Tips Meringankan Pegal Saat Hamil bagi Ibu Bekerja

1. Lakukan Olahraga Ringan

Sebelum memulai aktivitas kerja, sempatkanlah untuk melakukan sedikit olahraga ringan, yang cocok bagi ibu hamil seperti berjalan kaki atau yoga. Olahraga akan melenturkan otot dan melatihnya secara bertahap. Sehingga, saat otot-otot meregang karena kandungan yang kian membesar, tubuh tidak kaget dan rasa pegal akan berkurang. 

Berenang adalah latihan yang baik untuk wanita hamil karena dapat memperkuat otot perut dan juga punggung bagian bawah. Daya apung air pun dapat menghilangkan ketegangan pada sendi dan ligamen.

2. Buatlah Suasana Nyaman di Kantor

Duduk seharian saat bekerja dapat membuat pegal khususnya di bagian tulang punggung dan leher. Massa tubuh yang bertambah juga akan menekan otot paha sehingga dapat membuat kaki terasa pegal. Karena itu, gunakan bantal untuk menyangga bagian punggung agar pegal yang dirasakan berkurang.

Apabila dirasa sudah duduk terlalu lama, berdirilah sejenak dan berjalanlah sedikit. Kamu juga dapat melakukan gerakan-gerakan stretching untuk melemaskan otot yang pegal. 

Sediakan juga minyak oles di kantor untuk membantu apabila sudah dirasa terlalu pegal. Namun pastikan obat oles yang kamu gunakan aman bagi ibu hamil.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi akan membantu juga meredakan pegal dari dalam. Konsumsilah makanan sehat dengan gizi yang seimbang seperti ikan, kacang-kacangan, serta sayuran hijau untuk mengurangi inflamasi pada sendi-sendi. 

Tak hanya itu, jangan lupa untuk meminum banyak air agar tubuh terhidrasi dengan baik.

4. Mandi Air Hangat

Selepas bekerja, mandilah dengan air hangat. Tubuh yang dialiri air hangat akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar serta membuat kamu menjadi lebih rileks. Dengan demikian, membantu rasa pegal pada tubuh jadi berkurang.

5. Pijat dengan Aman

Pijat bagian yang pegal secara perlahan untuk mengurangi rasa pegal. Tak hanya itu, peredaran darah juga akan menjadi lebih lancar setelah pemijatan. Namun demikian, selalu hati-hati saat melakukan pijat. Selalu konsultasikan pada dokter kandungan mengenai keamanannya dan hindari memijat area perut dalam kondisi apapun.

6. Aturlah Posisi Tidur

Tidur dengan posisi miring telah terbukti membantu mengurangi rasa pegal saat hamil. Letakkan bantal penyangga di antara kaki, di bawah perut atau di belakang punggung untuk membantu meringankan rasa pegal. Namun, bila posisi tidur lain membuat ibu merasa lebih nyaman, pastikan posisi tersebut baik untuk kondisi janin setelah berkonsultasi dengan dokter kandunganmu.

7. Melatih Postur Tubuh

Postur tubuh yang telah dilatih dengan baik dapat membantu mengurangi rasa pegal pada tulang, terutama punggung dan pinggang. Caranya, selalu berdiri dengan posisi tegak, angkat dada sedikit lebih tinggi untuk menghindari bungkuk, dan tarik bahu ke belakang namun tetap rileks. Dengan demikian, beban yang bertambah di bagian perut dapat terbagi di 3 posisi tadi.

Semoga tips-tips di atas membantu ya, Toppers!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Cara Ajarkan Pentingnya Tata Krama Pada Anak, Wajib Tahu!
Kids and Parenting
Cara Ajarkan Pentingnya Tata Krama Pada Anak, Wajib Tahu!
© 2009-2024, PT Tokopedia