Top Donasi, Cara Baru Untuk Berbagi di Era Digital

0
192

Pendidikan mempunyai peran yang penting dalam pembentukan masa depan. Melalui proses belajar, siapapun bisa mengembangkan keahlian dan keterampilannya untuk memilih jalan untuk masa depan.

Namun, tidak semua orang mempunyai akses pendidikan yang sama. Kenyataannya, Indonesia masih memiliki angka putus sekolah yang tinggi. Berdasarkan data tahun 2017/2018 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat sekitar 123.015 siswa putus sekolah di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti situasi ekonomi, keluarga, dan lingkungan yang membuat mereka terpaksa berhenti dari sekolah.

Sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia menanggapi masalah ini dengan serius dan berinisiatif untuk mengambil langkah guna membantu orang lain mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik. Sesuai dengan pedoman CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, yang percaya bahwa kesuksesan dapat diraih dengan cara membantu orang lain menjadi sukses, Tokopedia berkomitmen untuk memberi dampak yang positif dan membantu semua orang meraih kesuksesannya.

Sebagai upaya untuk meningkatkan tingkat akses pendidikan di Indonesia, Top Donasi CSR Tokopedia bekerja sama dengan Nara Kreatif, sebuah kewirausahaan sosial yang berfokus untuk memberi akses pendidikan bagi yang membutuhkan. Yayasan Nara Kreatif dibentuk pada Juni 2012 dengan misi untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan kesejahteraan tunawisma, yatim piatu, siswa putus sekolah, kebutuhan khusus, dan lainnya. Nara Kreatif menyediakan kelas “kejar paket” bagi siswa yang putus sekolah agar mereka dapat mengikuti ujian yang setara dengan tingkat nasional.

Selain pendidikan formal, Nara kreatif juga mengajarkan para siswa untuk mengembangkan keterampilan dan pola pikir. Contoh aktivitas yang dilakukan adalah mendaur ulang sampah menjadi karya seni. Setelah itu, produk yang dihasilkan dijual pada platform online sehingga mereka bisa mandiri secara finansial. Kini, Nara Kreatif memiliki 614 siswa kerja paket dan 30 anak asuh. Pada tahun 2017, yayasan Nara Kreatif telah membantu 104 siswa lulus sekolah, menyekolahkan 6 siswa ke perguruan tinggi, dan membantu para siswanya mencari pekerjaan.

Melalui kerjasama ini, CSR Tokopedia resmi menggandeng Nara Kreatif sebagai penerima manfaat dari fitur TopDonasi untuk periode 25 Desember 2018 hingga 24 Juni 2019. Melalui TopDonasi, Toppers dapat berdonasi Rp200 sampai Rp500 pada setiap transaksi pembelian. Berkat Toppers, donasi yang dikumpulkan lewat TopDonasi mengalami peningkatan yang signifikan. Saat periode pengumpulan donasi selesai, dana yang terkumpul mencapai Rp. 566.239.100,- suatu jumlah menakjubkan yang mencerminkan kebaikan pengguna Tokopedia.

Siti Fauziah, Senior Corporate Communication Lead di Tokopedia, mengatakan bahwa fitur ini dibuat dengan tujuan membantu orang yang membutuhkan. Setiap periode pengumpulan dana, CSR Tokopedia bekerja sama dengan organisasi sosial yang bergerak di berbagai bidang pemberdayaan masyarakat.

“TopDonasi 200 dan TopDonasi 500 adalah bagian dari inovasi untuk pengguna Tokopedia yang ingin melakukan kebaikan dengan cara yang mudah. Setiap bulannya, jumlah donasi yang kami dapatkan melalui TopDonasi terus meningkat. Kami harap fitur dan ini dapat membantu orang yang membutuhkan agar mempunyai hidup dan kesempatan yang lebih baik sebagai penerus bangsa,” ujar Siti.

Pada hari Rabu, 10 Juli 2019, Tokopedia mendapatkan kesempatan untuk datang melihat siswa-siswa Nara Kreatif yang mempunyai banyak talenta. Saat kelas berlangsung, para siswa sangat antusias untuk bertanya dan belajar dari pembimbing. Penampilan “Tunjuk Satu Bintang” dari para siswa pun menjadi pembukaan, menggambarkan semangat mereka untuk menggapai mimpi. Selain berbagi kesenangan, Tokopedia juga mendapatkan motivasi dari antusiasme para siswa untuk belajar hal-hal baru.

Di hari yang sama, Tokopedia secara resmi menyalurkan donasi dari Toppers untuk Nara Kreatif. Donasi yang terkumpul dari pengguna Tokopedia telah membantu lebih dari 614 siswa dan anak-anak di Nara Kreatif mendapatkan fasilitas pendidikan yang lebih memadai. Selain itu, ratusan siswa dapat lulus sekolah tahun ini.

“Kami sangat mengapresiasi ketulusan pengguna Tokopedia yang telah membantu pendidikan siswa kami untuk perkembangan masa depan mereka. Dukungan ini telah memotivasi Nara Kreatif untuk terus memberikan kontribusi ke masyarakat,” tutur Nezatullah Ramadhan selaku pendiri Nara Kreatif. 

Author: Syafrie Renaldo
Editor: Nadira Wandari & Sylvania Tharina

Bagikan Artikel