20 Makanan dan Minuman Khas Makassar Populer

2257
Sumber Gambar : Tribun Makassar

Objek Wisata di Makassar

Oleh-oleh Khas Makassar

Makanan Tradisional Khas Makassar

Wisata Kuliner di Makassar


Makanan Khas Makassar – Kota Makassar adalah ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar dinobatkan sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Tak heran, banyak turis yang berdatangan untuk menikmati liburan di Kota ini. Kota yang disebut juga sebagai Kota Anging Mammiri ini ternyata menyimpan kekayaan kuliner khas Makassar yang berlimpah mulai dari makanan berat, makanan ringan hingga minuman segar dan menyehatkan.

Penasaran dengan cita rasa kuliner tradisional khas Makassar? Nah, berikut ini Tokopedia akan memberikan beberapa rekomendasi makanan tradisional khas Makassar yang wajib kamu coba!

Baca juga: Kumpulan Resep Makanan Ringan Sederhana yang Mudah Dibuat

Kuliner Khas Makassar Terpopuler

Coto Makassar

coto makassar
Sumber Gambar : Selerasa

Jika membicarakan kuliner khas Makassar, pertama kali yang terlintas di pikiran pasti adalah Coto Makassar. Kuliner soto khas Makassar ini berisikan daging sapi atau isian perut sapi (jeroan). Kuahnya yang kental dan kaya rempah akan memuaskan siapapun yang mencobanya.

Baca juga: 7 Resep Praktis Soto Khas Nusantara

Konro

konro
Sumber Gambar : Resephariini

Untuk kalian pecinta daging, pasti sangat senang jika mencicipi makanan khas makassar yang satu ini. Konro, adalah makanan berkuah khas Makassar yang menggunakan bahan dasar iga dan daging sapi yang direbus bersama rempah-rempah seperti kayu manis, asam jawa dan lain-lain. Tidak lupa ditambah kluwek yang menciptakan warna gelap pada kuah kuliner khas Makassar ini.

Pallu Basa

pallu basa
Sumber Gambar : TripAdvisor

Pallu Basa adalah makanan tradisional khas Makassar yang penyajiannya mirip dengan Coto Makassar. Pallu Basa juga menggunakan jeroan serta daging sapi  atau kerbau sebagai bahan utamanya. Perbedaannya adalah bumbu dapur khusus yang digunakan pada kuliner khas Pallu Basa ini.

Sop Saudara

sop saudara
Sumber Gambar : Steemit

Satu lagi kuliner berkuah khas Makassar yang menjadi kuliner terpopuler. Sop Saudara dibuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, paru sapi, bihun,  serta kentang goreng yang di potong-potong kecil. Hidangan makanan khas Makassar ini biasa disajikan bersama nasi putih dan sambal kacang, serta lauk tambahan berupa ikan bakar dan telur rebus.

Juku Pallu Ce’la

Juku Pallu Ce'la
Sumber Gambar : Bagooli

Juku Pallu Ce’la adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari bahan dasar ikan cakalang, ikan layang, ikan bolu atau ikan sibula. Juku Pallu Ce’la dibuat dengan bumbu masak yang sederhana, namun dengan teknik memasak khusus sehingga tercipta makanan khas Makassar yang lezat.

makanan sehat

Kapurung

Kapurung
Sumber Gambar : Ngetren

Makanan ini adalah makanan tradisional Makassar terutama pada masayrakat Luwu. Kapurung terbuat dari sari atau dari tepung sagu. Kapurung biasa dimasak dengan bahan tambahan seperti ikan atau daging ayam serta bermacam sayuran.

Es Palu Butung

es pallu butung
Sumber Gambar : Resepdanmasakan

Es Palu Butung adalah minuman khas Makassar yang cocok dijadikan hidangan penutup. Sekilas, minuman tradisional khas Makassar ini mirip dengan es pisang hijau, perbedaanya adalah tidak adanya lapisan pembungkus pisang berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras.

Es Palu Butung ini juga disajikan dengan bubur sumsum, sirup merah dan es batu. Cocok sekali untuk dinikmati pada siang hari sambil menjelajahi Kota Makassar.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Buras

Buras
Sumber Gambar : Wikipedia

Buras adalah makanan khas Makassar yang sekilas mirip dengan kuliner lontong. Sama-sama terbuat dari beras, namun Buras memiliki bentuk berbeda. Buras memiliki tekstur lebih halus dengan balutan daun pisang muda. Buras biasa disajikan dengan taburan kelapa kering, gula, garam, serta cabai. Buras umumnya disajikan pada acara-acara syukuran dan lain-lain.

Pisang Epe

pisang epe
Sumber Gambar : Liputan6

Kuliner olahan pisang khas Makassar ini terbuat dari pisang pilihan, khususnya pisang berjenis kepok. Pisang Epe adalah pisang kepok yang di memarkan kemudian dibakar dengan panggangan. Kuliner Makassar ini disajikan dengan gula merah cair, cocok banget untuk kamu yang suka makanan manis.

keripik pisang

Gogoso

gogoso
Sumber Gambar : Anekaresepmasakan

Gogoso adalah makanan khas dari orang Bugis Makassar yang biasa disajikan pada saat hari raya Idul Fitri. Kuliner ini terbuat dari beras ketan yang dibakar dan biasa disajikan bersamaan dengan telur asin dan kacang rebus. Jajanan khas Makassar ini bisa kamu temukan di sekitar pantai Losari dan pinggiran jalan kota Makassar.

Baca juga: 6 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Ada saat Lebaran

Mie Titi

mie titi
Sumber Gambar : Klikhotel

Mie Titi adalah makanan khas Makassar yang cocok disantap pada malam hari. Mie tipis dengan kuah kental yang hangat serta potongan daging atau seafood dan aneka sayuran membuatnya sangat cocok untuk menemanimu saat menikmati malam di Kota Makassar.

Bebek Palekko

bebek palekko
Sumber Gambar : Makassarkuliner

Buat Toppers yang suka dengan kuliner olahan bebek, Bebek Palekko ini adalah pilihan yang tepat. Makanan khas Makassar ini menggunakan bebek muda (itik) sebagai bahan utamanya, sehingga menghasilkan olahan bebek yang lembut dan empuk. Ditambah dengan bumbu spesial Palekko yang tidak ditemukan di daerah lainnya.

Kue Dange

kue dange
Sumber Gambar : Rullinguist

Kue Dange adalah salah satu kue khas Makassar yang sangat populer. Kue Dange ini sekilas mirip dengan kue rangi. Bedanya, Kue Dange ini memiliki isian gula merah tidak seperti kue Rangi. Untuk yang ingin mencicipi kuliner khas Makassar ini, Toppers perlu meluangkan waktu ekstra, karena jajanan Makassar ini sekarang sulit ditemui.

Sarabba

sarabba
Sumber Gambar : Resepkoki

Sarabba adalah minuman khas Makassar yang cocok dinikmati pada malam hari karena berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Karena Sarabba menggunakan bahan utama jahe, gula merah, santan serta kuning telur. Selain menghangatkan tubuh, Sarabba dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh dan menyembuh kan penyakit seperti masuk angin.

Sokko

sokko
Sumber Gambar : Masyarakatmediasosial

Sokko adalah makanan tradsional khas Makassar yang terbuat dari beras ketan putih  atau ketan hitam yang di kukus, kemudian dihidangkan dengan taburan kelapa parut goreng. Makanan khas Makassar ini biasa dikonsumsi bersamaan degan lauk ikan asin kering atau telur asin.

Jalangkote

Sumber Gambar : Tribun Makassar

Jajanan khas Makassar ini biasanya di buru ketika bulan ramadan tiba sebagai hidangan takjil saat buka puasa. Jalangkote memiliki bentuk yang serupa dengan pastel, namun memiliki kulit yang lebih tipis. Isian dari Jalangkote juga berbeda, Jalangkote berisi potongan sayuran seperti wortel, kentang, serta tauge dan soun.

Doko Doko

doko doko
Sumber Gambar : Youtube

Jajanan khas Makassar, Doko Doko terbuat dari tepung beras, kentang, gula serta santan dan berbentuk kerucut dilapisi daun pisang. Pada bagian dalam jajanan ini berisi gula merah serta kelapa parut. Doko Doko ini sering disajikan pada saat acara-acara besar di wilayah kota Makassar.

Barangko

barangko
Sumber Gambar : Selerasa

Barangko adalah makanan penutup khas Makassar yang terbuat dari pisang. Barangko memiliki tekstur lembut dan halus. Selain menggunakan pisang, kue khas Makassar yang dilapisi daun pisang ini juga terdiri dari telur, gula, garam serta susu bubuk.

Putu Cangkiri

putu cangkiri
Sumber Gambar : Burpple

Jajanan khas Makassar, Putu Cangkiri adalah jajanan yang terbuat dari ketan dengan bentuk unik menyerupai bagian bawah cangkir jika posisinya dibalik. Putu Cangkiri umumnya memiliki dua varian rasa, yaitu varian rasa manis dengan gula merah atau gula putih.

Baje Canggoreng

baje canggoreng
Sumber Gambar : Bacabaca

Baje Canggoreng adalah kue tradisional Makassar yang berbahan dasar kacang tanah dan gula merah. Perpaduan rasa manis dan gurih dari kacang akan membuatmu ketagihan. Baje Canggoreng juga mudah ditemui di sekitaran Kota Makassar, karena banyak pedagang yang menjajakan kue tradisional Makassar ini.

Baca juga: Cobain 12 Makanan Khas Malang yang Menggoda Lidah

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Medan yang wajib kamu coba! Jika kamu berniat mencobanya, kamu bisa mendatangi langsung Kota Medan agar mendapatkan cita rasa kuliner yang asli. Sekarang, kamu bisa pesan tiket pesawat dengan mudah dan praktis lewat Tokopedia. Tersedia bermacam rute domestik dan internasional dari berbagai macam maskapai penerbangan. Yuk mulai liburan mu bersama Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel