20 Objek Wisata Terbaik di Bogor dan Sekitarnya

0
3570
Wisata kota Bogor - Puncak

Tempat Wisata di Bogor

Makanan Khas Sunda

Wisata Kuliner Bogor

Pemandian Air Panas di Bogor


Objek Wisata Bogor – Dengan banyaknya tujuan tempat wisata di Kota Bogor, tak heran salah satu kota di Jawa Barat ini menjadi pilihan liburan favorit, terutama bagi masyarakat Ibukota.

Untuk Toppers yang berencana habiskan liburan akhir pekan dengan mengeksplorasi kekayaan wisata Bogor, simak rekomendasi objek wisata kekinian Kota Bogor dan sekitarnya yang tengah digandrungi berikut:

Baca juga: Destinasi Objek Wisata Alam Kota Bandung yang Bikin Adem

Tempat Wisata Bogor & Sekitarnya

1. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Wisata Kota Bogor
Sumber gambar: Kasih Berita

Untuk para pecinta Alam, objek wisata sekitar Bogor dan Puncak satu ini bisa jadi alternatif refreshing yang pas. Pesona hutan pinus di kawasan wisata ini populer sebagai tempat membidikkan lensa kamera dan juga sebagai lokasi foto Pre-wedding favorit.

Selain keindahan alamnya, di dalam kompleks wisata di sekitar Bogor ini juga terdapat tempat pemandian air panas yang menambah daya tarik wisata alam Gunung Pancar ini.

Lokasi: Kp. Ciburial Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor
Hari Tiket: Rp 5.000,00 (Senin – Jumat), Rp 7.500,- (Sabtu – Minggu)

2. Wisata Gunung Batu Jonggol

Wisata Kota Bogor
Sumber gambar: Merah Putih

Pilihan wisata alam Bogor dan sekitarnya selanjutnya adalah Gunung Batu Jonggol. Tempat ini paling pas untuk kamu yang gemar melakukan hiking. Dengan ketinggian sekitar 875 mdpl, tentu panotama di puncak Gunung Batu Jonggol sangat mempesona dan akan membuat rasa lelah karena hiking menjadi sirna.

Lokasi: Sukaharja, Sukamakmur, Bogor
Harga Tiket: Rp 15.000,00

3. De Ranch Megamedung

Wisata Puncak Bogor
Sumber gambar: Kompas

Keunikan dari tempat wisata Bogor satu ini adalah pengalaman mengeksplorasi dunia Koboi yang ditawarkannya. Tak hanya merasakan suasana pedesaan ala barat dan keindahan taman bunga, Toppers juga bisa mencoba menunggangi Kuda atau mencoba olahraga memanah layaknya seorang koboi.

Selain berbagai wahana menarik lainnya, tempat ini juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang dibisa dinikmati sembari memandang panorama alam Bogor yang asri.

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Cianjur No.428, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor
Jam Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Rp 20.000,00

4. Danau Quarry Jayamix

Objek Wisata Kota bogor Puncak
Sumber gambar: Trip Liburan

Berawal dari bekas tambang pasir yang tak lagi beroperasi, Danau Quarry menjelma menjadi salah satu tujuan wisata di Bogor dan sekitarnya yang sangat insatgramable. Dengan panorama indah serta permukaan air yang kebiruan, tentu tempat ini pas banget sebagai tempat menenangkan diri saat liburan tiba.

Lokasi: Tegalega, Cigudeg, Bogor
Harga Tiket: Rp2.000,-

5. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Pilihan wisata sekitar Bogor yang pas untuk mencari ketenangan lainnya adalah pemandian air panas. Bogor terkenal menyimpan banyak tempat pemanian air panas yang menarik, salah satu yang bisa Toppers kunjungi adalah Pemandian Air Panas Gunung Payek. Objek wisata di Bogor ini menawarkan pengalaman berendam air panas di tengah indahnya alam yang mempersona.

Lokasi: Jalan Pasar Ciseeng, Parung, Bojong Indah, Parung, Bogor, Jawa Barat 16330

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca juga: 5 Destinasi Pemandian Air Panas di Bogor dan Sekitarnya

6. Little Venice Puncak

Tempat Wisata di Bogor Puncak
Sumber gambar: Kompas

Tak perlu jauh-jauh ke Benua Eropa untuk merasakan keindahan kota Venesia. Little Venice Puncak adalah salah satu destinasi wisata Puncak berupa kawasan yang secara arsitektur dirancang menyerupai kota Venesia.

Selain menikmati berbagai spot yang instagramble, Toppers bisa menikmati keindahan kawasan ini melalui Gondola atau menjelajahi kota air ini menggunakan sampan layaknya di Venesia. Pokoknya, tempat wisata sekitar Bogor satu ini wajib masuk daftar liburan keluargamu selanjutnya

Lokasi: Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Ds. Sukanagalih Pacet, Cipanas, Cianjur
Jam Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Rp 20.000,00

Perlengkapan travelling bayi

7. Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Tempat wisata di Bogor selanjutnya yang cukup diminati adalah Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya. Di penangkaran Rusa ini, terdapat berbagai jenis Rusa diantaranya Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan juga Rusa Bawean. Di objek wisata alam Bogor ini Toppers bisa berinteraksi dengan rusa sembari menikmati pemandangan alam yang asri.

Selain itu, objek wisata di Bogor satu ini juga menyediakan berbagai saran outbond dan juga camping sebagai alternatif kegiatanmu saat singgah ke penangkaran Rusa ini.

Lokasi: Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Rp 2.500,00

8. Kampung Budaya Sindangbarang

Tempat Wisata di bogor
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Ingin mengenal dan merasakan lebih dalam kebudayaan Sunda? Objek wisata kota Bogor satu ini bisa jadi jawabannya. Di Kampung Budaya Sindangbarang, Toppers tak hanya bisa melihat berbagai adat dan pertunjukan tradisional Sunda, tetapi juga merasakan hidup layaknya masyarakat tradisional Sunda seperti ikut menumbuk padi dan berbagai aktivitas lainnya di Desa.

Lokasi: Jl. Endang Suma Wijaya, RT02 RW08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Rp 55.000,00/orang (minimal 40 orang)

9. Taman Safari Indonesia

Wisata Safari di Bogor Puncak
Sumber gambar: Wikipedia

Taman Safari Indonesia telah lama jadi pilihan tempat wisata yang populer di Bogor. Selain bisa melihat berbagai species fauna, Toppers bersama keluarga bisa melihat berbagai pertunjukkan dan juga berinteraksi langsung dengan berbagai fauna yang jinak.

Untuk menambah seru liburanmu, objek wisata keluarga di Bogor satu ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seru mulai dari yang menguji adrenalin hingga wahana permainan yang bisa dinikmati anak-anak kecil.

Lokasi: Jalan Raya Puncak No.601, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor
Jam Operasional: 08.30 – 17.00 WIB (hari biasa); 08.00 – 17.00 WIB (akhir pekan dan hari libur nasional)
Harga Tiket: Rp 180.000,00/orang , Rp 20.000,00 untuk mobil , Rp 10.000, untuk sepeda motor

10. Kebun Raya Bogor

Tempat Wisata di Bogor
Sumber gambar: Wikimedia

Setelah berkelanan dengan berbagai fauna di Taman Safari, objek wisata kota Bogor selanjutnya ini adalah tempat kamu bisa mempelajari mengenai berbagai flora di Nusantara.

Beridri sejak tahun 1817 di lahan seluas 87 hektar, Kebun Raya Bogor merupakan rumah bagi lebih dari 15.000 spesies tanaman dan merupakan tempat berdirinya istana presiden tertua di Indonesia, Istana Bogor yang dibangun pada 1744.

Lokasi: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Rp 15.000,00

11. Museum Zoologi

Wisata Kota Bogor Puncak
Sumber gambar: Merah Putih

Berselebahan dengan Kebun Raya Bogor, terdapat tempat wisata favorit kota Bogor lainnya yang bisa kamu kunjungi. Museum yang telah mulai mengumpulkan koleksi satwa sejak 1894 ini menyimpan jutaan fosil satwa mulai dari mamalia, unggas, hingga berbagai jenis serangga dan ikan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Djuanda No. 9, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Bogor
Jam Operasional: 07.30 – 16.00 WIB (Senin – Kamis), 07.30 – 11.30 WIB & 13.00 – 16.30 (Jumat), 08.00 – 17.00 WIB (Sabtu – Minggu dan hari libur nasional)
Harga Tiket: Rp 15.000,00

12. Taman Bunga Nusantara

Objek Wisata di Puncak Bogor
Sumber gambar: Taman Bunga Nusantara

Selain Kebun Raya Bogor, tempat wisata sekitar Bogor dan Puncak selanjutnya yang menawarkan kecantikan Flora Nusantara adalah Taman Bunga Nusantara. Menawarkan berbagai taman dengan konsep dari berbagai negara, Toppers seperti dibawa ke dalam negeri dongeng yang indah dengan berbagai bunga dan tanaman hias lainnya.

Lokasi: Jalan Mariwati Km7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB (Senin – Jumat), 08.00 – 17.30 WIB (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional)
Harga Tiket: Rp 30.000,00

13. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Objek Wisata di Bogor
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Objek wisata di Bogor selanjutnya adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Tujuan wisata religi di Bogor ini menjadi tempat bersemayamnya leluhur-leluhur dari Kerajaan Parahyangan dan juga merupakan Pura terbesar di Provinsi Jawa Barat serta terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di pulau Bali.

Lokasi: Kampung Warungloa RT03/09, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, kaki Gunung Salak.
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

14. Curug Leuwi Cibaliung

Tempat Wisata di Bogor
Sumber gambar: Rekomendasi ORG

Bogor juga terkenal akan wisata air terjun yang memukau, salah satunya adalah Curug Leuwi Cibaliung. Objek wisata di Bogor satu ini memungkinkanmu merasakan kesegaran alam dan bermain air sembari menikmati panorama yang masih sangat alami

Lokasi: Jl. Raya Gn. Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor
Harga Tiket: Rp 15.000,00 untuk masuk wilayah Leuwi Hejo dan Rp 5.000,00 untuk masuk ke Leuwi Cibaliung.

15. Curug Cilember

Tempat Wisata di Bogor Puncak
Sumber gambar: Merah Putih

Curug alias air terjun lainnya di Bogor yang bisa jadi pilihan wisata sekitar Puncak selanjutnya adalah Curug Cilember. Memiliki 7 tingkatan air terjun yang indah, air terjun satu ini termasuk salah satu yang cukup mudah untuk di akses.

Lokasi: Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor
Harga Tiket: Rp 12.000,00

perlengkapan traveling

16. The Jungle Waterpark

Bingung ingin mengajak keluarga kecil kemana akhir pekan ini? The Jungle Waterpark bisa jadi destinasi wisata sekitar Bogor pilihanmu. Layaknya taman bermain air umumnya, objek wisata Bogor ini menawarkan berbagai wahana permainan seru yang ramah anak tapi juga dapat dinikmati orang dewasa.

Lokasi: Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Selatan
Jam Operasional: 10.00 – 18.00 WIB (Senin – Jumat), 09.00 – 18.00 WIB (Sabtu – Minggu dan libur nasional), 09.00 – 20.00 WIB (high season)
Harga tiket: Rp 80.000,00 (Senin – Jumat), Rp100.000,- (Sabtu – Minggu dan libur nasional)

17. Goa Agung Garunggang

Tempat wisata di Bogor
Sumber gambar: Kompasiana

Goa Agung Garunggang merupakan salah satu tujuan wisata sekitar Bogor, Jawa Barat yang masih jarang diketahui wisatawan. Padahal, objek wisata Bogor satu ini menawarkan pesona alam yang sangat cocok untuk Toppers yang gemar berburu foto, lho. Belum lagi sensasi menjelajahi keindahan stalaktit di dalam gua yang tentu tak akan terlupakan membuat tempat wisata di Bogor satu ini wajib kamu kunjungi.

Lokasi: Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul.

18. Taman Wisata Mekar Sari

Dari namanya saja Toppers bisa menebak bahwa di tempat wisata Bogor satu ini kamu bisa menikmati kebun buah serta merasakan memanen berbagai jenis buah serta mencicipi langsung kesegarannya.

Namun, selain itu tempat wisata favorit di Bogor ini juga menawarkan aktivitas lainnya seperti outbond dan juga serunya mengayuh sepeda air ditengah-tengah danau buatan.

Lokasi: Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor
Jam Operasional: 06.00 – 16.00 WIB
Tiket Masuk: Rp25.000,00/orang, Rp 15.000,00 untuk mobil, Rp 5.000,00 untuk sepeda motor

19. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Objek Wisata Bogor
Sumber gambar: Pxhere

Aktivitas wisata seru di Puncak lain yang bisa jadi pilihan saat berlibur ke Bogor dan sekitarnya adalah paralayang. Meskipun terdengar sedikit ekstrem, dengan panduan pemandu tentu aktivitas ini sangat aman dan menarik, terutama untuk kamu yang menggemari liburan yang memacu adrenalin.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak, West Java, Tugu Sel., Cisarua, Bogor
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Rp 13.000,00 (tarif masuk), Rp 350.000,00 (per penerbangan)

20.  Bukit Alesano

Objek Wisata Kota Bogor
Sumber gambar: Kaskus

Untuk Toppers yang suka camping, Bukit Alesano adalah salah satu destinasi wisata Bogor yang tepat. Dikenal dengan nama Bukit Bintang, disini kamu bisa menikmati pemandangan malam penuh bintang serta panorama matahari terbit indah dari celah-celah Gunung Salak dan Gunung Gede.

Lokasi: Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor

Baca juga: Wisata Kuliner Bandung untuk Kamu Pemburu Kuliner Lezat!


Tak sedikit bukan pilihan wisata di Bogor dan sekitarnya yang bisa jadi pilihanmu menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau para sahabat. Yuk, segera lengkapi perlengkapan traveling milikmu dan pilih lokasi wisata di Bogor yang akan kamu eksplorasi pertama!

tiket kereta api

Bagikan Artikel