Bertualang di 11 Destinasi Wisata di Wakatobi Terbaik

0
365
Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: MerahPutih

Tujuan Wisata di Wakatobi – Berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Wakatobi menyimpan pesona bahari yang sudah tak lagi diragukan. Untuk Toppers pecinta traveling, jelas pariwisata Wakatobi menggelitik untuk eksplor.

Tertarik kunjungi Wakatobi untuk liburanmu selanjutnya? Intip rekomendasi berbagai tujuan wisata di Wakatobi yang wajib Toppers kunjungi saat liburan ke Wakatobi!

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kuliner di Manado Terlezat

Objek Wisata di Wakatobi

1. Pantai Pulau Hoga

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: Tribunnews

Berbicara tentang keindahan pariwisata Wakatobi tak terlepas dari pantai-pantai eksotis yang terbentang di Indonesia bagian Timur. Salah satunya adalah pantai Pulau Hoga yang terkenal akan pasir putihnya yang halus yang sangat bersih.

Destinasi tempat wisata Wakatobi yang terpisahkan selat kecil dari pulau Kaledupa ini juga dikenal akan ombaknya yang jaug lebih tenang. Degan suasana yang sangat menenangkan ini, Toppers bisa dibawa lupa waktu saat menikmati keasrian dari obyek wisata di Wakatobi satu ini.

2. Desa Kulati Pulau Tomia

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: CNN Indonesia

Selain Pulau Hoga, pulau lainnya di Wakatobi yang juga kerap menjadi tujuan wisata favorit di Wakatobi adalah Pulau Tomia. Salah satu obyek wisata yang bisa Toppers kunjungi di Pulau Tomia adalah Desa Kulati, sebuah desa kecil yang berada di sisi timur dari Pulau Tomia.

Desa kecil yang masih kental akan atmosfer tradisional ini berada di area berbukit dan terkenal akan pemandangan bentang alam nan eksotis dengan tebing-tebing curam yang membingkai pantai berpasir putih dan permukaan laut biru yang luas.

3. Puncak Khayangan di Tomia

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: Wisatasia

Obyek wisata di Wakatobi yang bisa Toppers temukan di Pulau Tomia lainnya adalah Puncak Kahyangan. Puncak Kahyangan ini sendiri merupakan sebuah bukit rumput yang cukup luas dimana Toppers bisa menyaksikan eksotisme panorama lansekap Pulau Tomia dari ketinggian.

Destinasi tempat wisata Wakatobi ini juga terkenal akan keindahan panorama matahari terbenam yang sangat cantik. Selain itu, Toppers juga bisa bermalam dengan berkemah di perbukitan ini untuk bisa melihat indanya hamparan bintang di langit malam Wakatobi yang sangat cantik.

4. Danau Sombano

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: Wisatanesia

Berada di tengah-tengah kawasan Hutan Bakau Pulau Kaledupa, jernihnya air danau Sombano makin eksotis dengan beragam flora tropis seperti anggrek, beragam spesies pandan dan tentunya bakau yang mengelilinginya.

Selain keindahan panoramanya, tempat wisata di Wakatobi satu ini juga memiliki legenda mengenai buaya hitam yang dipercaya menghuni Danau ini sehingga banyak masyarakat lokal yang tak menganjurkan wisatawan untuk berenang di dalam danau.

5. Pemandian Alam Hendaopa

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: Wisatasia

Berlokasi di Desa Wawatimo, puncak Gunung Tomia, pemandian alam Hendaopa adalah destinasi tempat wisata di Wakatobi yang tak kalah menarik untuk dikun jungi. Untuk bisa masuk ke dalam pemandian Alam Hendaopa, Toppers sebelumnya harus masuk ke dalam gua kecil yang tampak seperti lubang biasa. Namun, siapa sangka didalamnya terdapat sebuah pemandian alam yang sangat indah.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kepulauan Talaud Terindah!

6. Goa Kontamale

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: Indonesia KayaDestinasi Wisata di Wakatobi

Tak cuma keindahan pantai-pantainya, eksotisme wisata alam di Wakatobi juga didominasi dengan goa-goa unik dengan aliran air tanah yang berada di dalamnya. Salah satunya yang paling populer adalah Goa Kontamale yang berada di Pulau Wangi-Wangi.

Dikenal juga dengan nama Goa Telaga karena genangan air yang berada di bibir Goa, Toppers bisa menyusuri eksotisme tempat wisata di Wakatobi yang berhiaskan stalagnit serta aliran air jernih lainnya di dalam goa.

7. Pantai Pulau Anano

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: Okezone

Memiliki julukan sebagai “Pulau Seribu Penyu” menjadikan Pulau Anano daya tarik wisata tersendiri di Wakatobi. Pulau kecil tak berpenghuni ini memang merupakan lokasi bertelur koloni penyu hijau dan juga penyu sisik sehingga banyak wisatawan yang kerap mendatangi pulau ini untuk melihat proses menetasnya telur-telur penyu.

Meskipun tak di musim bertelur, keindahan dari pantai di pulau Anano menjadikannya tempat wisata di Wakatobi yang tetap menarik untuk disambangi untuk sekedar menikmati indahnya panorama matahari terbenam.

8. Hutan Lindung Tindoi

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: Native Indonesia

Berada di ketinggian 800 meter dari permukaan laut di Pulau Wangi-Wangi, Hutan Tindoi merupakan hutan lindung yang cukup dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Namun, dibalik legenda tersebut, destinasi wisata di Wakatobi ini menyimpan kekayaan hayati khas hutan hujan tropis yang menakjubkan sehingga cocok untuk dijelajahi saat berkunjung ke Wakatobi, khususnya Toppers yang memang memiliki jiwa petualang.

9. Benteng Liya Togo

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: Kompasiana

Tak cuma wisata alam saja, Wakatobi juga menyimpan tempat wisata sejarah yang bisa dijelajahi yakni Benteng Liya Togo yang masih berdiri kokoh dengan dinding-dinding benteng yang terbuat dari batu karang dengan perekat putih telur. Unik, bukan?

Di dalam komplek tempat wisata di Wakatobi satu ini Toppers juga bisa berkunjung ke sebuah masjid yang merupakan masjid tertua yang ada di Indonesia bagian Timur.

10. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: MerahPutih

Masih belum puas dengan keindahan lansekap alam di Wakatobi, Toppers bisa coba kunjungi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai yang berada di Pulau Wakatobi. Dengan luas melebihi 1.050 km2, Toppers bisa menyusuri beragam bentang alam mulai dari Savana, Gunung, hingga hamparan hutan bakau.

Dengan eksotisme alam dengan kekayaan flora dan fauna-nya, tempat wisata di Wakatobi satu ini menjadi destinasi favorit pecinta fotografi alam. Belum puas menyusuri Taman Nasional Rawa Aopa seharian? Cobalah berkemah dan bermalam dengan keindahan alam di tempat ini.

11. Air Terjun Moramo

Destinasi Wisata di Wakatobi
Sumber gambar: GoCelebes

Dengan tinggi sekitar 100 meter dan memiliki banyak tingkatan, air terjun Moramo disebut-sebut sebagai salah satu air terjun terindah yang ada di Indonesia, lho! Dengan landasan berbatuan granit dan beberapa kolam alami yang menghiasi kawasan wisata alam di Wakatobi ini menjadikannya sangat menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya 10 Makanan Khas Mamuju Sulawesi Barat

Memiliki ragam keindahan alam yang sangat cantik, jelas menjelajahi tempat-tempat wisata di Wakatobi merupakan ide liburan yang menarik. Untuk Toppers yang tertarik untuk liburan ke Wakatobi, buat rencana liburan jadi lebih praktis dengan Tokopedia. Mulai dari pesan tiket pesawat dan kereta api, hingga tiket hiburan dan berbagai perlengkapan traveling bisa ditemukan dengan mudah cukup menggunakan satu aplikasi saja!

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel