Bertualang Menejelajahi 16 Destinasi Wisata di Cirebon

0
111
Destinasi Tempat Wisata di Cirebon
Sumber gambar: Cirebon

Tempat Wisata di Cirebon – Tak cuma terkenal sebagai Kota Udang dan Kota Wali, Cirebon yang berada di provinsi Jawa Barat juga merupakan kota yang memiliki daya tarik wisata yang cukup menarik untuk dijelajahi. Kota Cirebon juga merupakan kota yang memiliki kebudayaan menarik hasil perpaduan antara Sunda, Jawa, Arab, Cina, serta pengaruh Eropa pada masa kolonialisasi.

Untuk Toppers yang punya rencana untuk berkunjung ke Cirebon, berikut rekomendasi tempat wisata di Cirebon paling favorit yang bisa dijelajahi selama kamu berada di Cirebon!

Baca juga: Mencicipi 15 Kuliner Khas Cirebon Paling Populer

Rekomendasi Objek Wisata di Cirebon

1. Keraton Kesepuhan Cirebon

Destinasi wisata di Cirebon
Sumber gambar: Gala Media News

Dibangun sejak 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin, Keraton ini menjadi saksi sejarah Kesultanan Cirebon. Kini, Toppers bisa mengunjungi obyek wisata di Cirebon ini untuk melihat berbagai koleksi benda-benda kuno peninggalan Kesultanan Cirebon seperti Gamelan Degung yang dibuat pada 1426, rebana peninggalan Sunan Kalijaga, Lukisan Prabu Siliwangi yang antik, hingga meriam dan benda-benda bersejarah lainnya.

Lokasi: Jl. Kasepuhan No. 43 Desa Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

2. Keraton Kanoman

Destinasi Wisata di Cirebon
Sumber gambar: Situs Budaya

Selain Keraton Cirebon, obyek wisata bersejarah di Cirebon lainnya adalah Keraton Kanoman yang dibangun oleh Pangeran Muhammad Badridin yang kala itu bergelar Sultan Anom I pada 1678. Hingga saat ini, bangunan bersejarah ini masih berdiri kokoh dan difungsikan sebagai tempat tinggal Sultan XII, Raja Muhammad Emirusin.

Seperti halnya Keraton Cirebon, tempat wisata di Cirebon satu ini juga menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah seperti Kereta Kencana Paksi Naga Liman, Kereta Jempana, hingga pusaka-pusaka milik keraton yang usianya telah mencapai ratusan tahun.

Lokasi: Jl. Winaon Kampung Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon.

3. Taman Sari Goa Sunyaragi

Destinasi wisata di Cirebon
Sumber gambar: Tribunnews

Destinasi tempat wisata Cirebon selanjutnya ini merupakan salah satu pilihan wisata yang unik di Cirebon. Dahulu, kawasan cagar alam seluas kurang lebih 15 hekatr ini merupakan tempat bermeditasi bagi para pembesar kerajaan dan prajurit Keraton.

Panorama unik nan eksotis dari objek wisata Cirebon satu ini menjadikannya tujuan hunting foto bagi para pecinta fotografi.

Lokasi: Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

4. Telaga Nilem

Destinasi wisata di Cirebon
Sumber gambar: Tribunnews

Dikenal juga dengan nama Telaga Biru Cicerem, Telaga Nilem adalah destinasi wisata alam Cirebon yang tengah populer karena pemandangannya yang instagramable. Selain panorama hijau yang menyejukkan, daya tarik lain dari destinasi wisata di Cirebon satu ini adalah ikan mas warna-warni yang hidup di telaga ini.

Lokasi: Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan.

tas traveling

5. Telaga Remis

Tempat Wisata di Cirebon
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Selain Telaga Nilem, ada pula Telaga Remis yang memiliki pemandangan alam yang tak kalah cantik. Nama ini sendiri didapat karena banyaknya kerang air tawar yang ditemukan di telaga ini.

Berada di sekitar kaki gunung Ciremai, suasana di tempat wisata Cirebon ini sangat menyejukkan. Tak cuma bisa bersantai di pinggiran telaga, Toppers juga bisa bersepeda air di tengah-tengah telaga.

Lokasi: Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, Jawa Barat.

6. Cirebon Waterland

Destinasi Tempat wisata di Cirebon
Sumber gambar: Wisata Cirebon

Jika Toppers berlibur ke Cirebon bersama keluarga, objek wisata di Cirebon satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Dahulu Cirebon Waterland adalah Taman Ade Irma Suryani yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah taman bermain air lengkap dengan berbagai restaurant-restaurant yang memiliki konsep desain sangat menarik.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

7. Desa Wisata Cikalahang

Destinasi Tempat wisata di Cirebon
Sumber gambar: Cirebon

Dengan jarak sekitar 2km dari pusat kota, Toppers bisa mengunjungi Desa Wisata Cikalahang yang terkenal akan keasrian alamnya. Salah satu daya tarik utama dari destinasi tempat wisata di Cirebon ini adalah kolam pemancingan dimana Toppers bisa menangkap ikan dan kemudian meminta restaurant mengolahnya menjadi menu ikan bakar yang populer di tempa ini.

Lokasi: Desa Wisata Cikalahang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat

8. Hutan Kera Plangon

Destinasi Tempat wisata di Cirebon
Sumber gambar: Liputan 6

Alternatif destinasi wisata alam di Cirebon lainnya adalah Hutan Kera Plangon yang merupakan salah satu objek wisata purbakala di Cirebon. Sesuai namanya, di tempat wisata Cirebon ini merupakan rumah bagi satwa kera. Selain itu, Toppers juga bisa mengunjungi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan di kawasan wisata Plangon ini.

Lokasi: Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon, Jawa Barat

Baca juga: Destinasi Objek Wisata Alam Kota Bandung yang Bikin Adem

9. Pantai Kejawanan

destinasi tempat wisata di Cirebon
Sumber gambar: Flickr

Berada di sisi utara pulau Jawa, Cirebon juga memiliki destinasi wisata pantai yang layak untuk dikunjungi. Pantai Kejawan adalah destinasi tempat wisata di Cirebon yang terkenal sebagai tempat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang indah.

Dikelilingi panorama Gunung Ciremai, menambah eksotisme dari suasana tenang yang bisa Toppers dapatkan saat berkunjung ke obyek wisata di Cirebon satu ini.

Lokasi: Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

10. Bukit Gronggong

Destinasi Tempat wisata di Cirebon
Sumber gambar: Brilio

Tujuan wisata di Cirebon selanjutnya adalah Bukit Gronggong yang tengah populer karena menawarkan suasana romantis dan pemandangan yang cantik kala matahari mulai terbenam.

Di atas bukit ini, Toppers bisa melihat cahaya-cahaya lampu kota Cirebon dari ketinggian. Beberapa tempat makan menarik yang berada di puncak bukit ini bisa menjadi pilihan menarik untuk Toppers menghabiskan waktu dengan pemandangan indah saat berada di Cirebon.

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat.

11. Situ Sedong

Destinasi Tempat Wisata di Cirebon
Sumber gambar: Cirebon

Dibangun sejak 1918, Situ Sedong adalah Waduk peninggalan zaman Belanda yang dahulu berfungsi sebagai irigasi. Kini, Situ Sedong menjelma menjadi destinasi wisata Cirebon dengan panorama indah berlatar belakang Gunung Ciremai. Salah satu aktivitas favorit yang bisa Toppers lakukan saat berada di tempat wisata Cirebon satu ini adalah memancing atau bermain sepeda air.

Lokasi: Desa sedong lor, Kecamatan Sedong, Cirebon, Jawa Barat

12. Keraton Kacirebonan

Destinasi Tempat Wisata di Cirebon
Sumber gambar: Budaya Jawa

Satu lagi tujuan wisata di Cirebon yang Toppers bisa jelajahi untuk menelusuri sejarah dari Cirebon yakni Ketaton Kacirebonan yang dibangun pada tahun 1800 oleh Sultan Cirebon I. Keunikan dari bangunan bersejarah satu ini adalah gaya arsitektur bangunannya yang memadukan gaya tradisional Jawa, Belanda, dan juga China.

Berbagai benda pusaka seperti Keris, Koleksi Wayang Kulit, peralatan perang kuno, alat-alat kesenian antik juga masih tersimpan baik di tempat wisata di Cirebon satu ini.

Lokasi: Jl. Pulasaren, Desa Pekalipan, Kecamatan Pulasaren, Cirebon.

perlengkapan traveling

13. Makam Sunan Gunung Jati

Destinasi Tempat Wisata di Cirebon
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Salah satu alasan untuk berkunjung ke Cirebon adalah untuk berziarah. Makan Sunan Gunung Jati merupakan salah satu destinasi wisata ziarah yang populer di Cirebon.

Lokasi: Jl. Sunan Gunung Jati, Desa Gunung Jati, Kecamatan Astana, Cirebon.

14. Batu Lawang

Destinasi tempat wisata di cirebon
Sumber gambar: Liputan 6

Memiliki pemandangan alam yang tak kalah Indah, Batu Lawang menjadi pilihan tempat wisata di Cirebon selanjutnya yang tengah hits di media sosial. Disini, Toppers bisa berburu foto panorama alam dengan eksotisme Tebing Breksi yang masih sangat asri.

Lokasi: Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Cirebon, Jawa Barat

15. Banyu Panas Palimanan

Destinasi tempat wisata di Cirebon
Sumber gambar: Wisata Cirebon

Setelah puas berkeliling ke berbagai tempat wisata di Cirebon, destinasi wisata Cirebon satu ini tepat untuk Toppers mengistirahatkan diri. Sumber air panas alami yang berada di Desa Palimanan Barat ini tak cuma menawarkan pemanian air panas, namun juga panorama asri yang bisa membuatmu rileks.

Lokasi: Jl. Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat, Cirebon, Jawa Barat.

16. Masjid Agung Cipta Rasa

Destinasi tempat wisata di Cirebon
Sumber gambar: TIMES Indonesia

Tak cuma wisata alam dan wisata sejarah, Cirebon juga bisa menjadi destinasi wisata religi. Salah satu tujuan wisata religi yang bisa Toppers temukan di Cirebon adalah Masjid Kesepuhan yang merupakan salah satu tempat ibadah tertua yang ada di Cirebon.

Salah satu daya tarik utama dari obyek wisata religi satu ini adalah keberadaan sumber air yang diyakini memiliki sumber air yang sama dengan sumur zam-zam yang berada di Mekkah.

Lokasi: Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Itulah berbagai pilihan objek wisata di Cirebon yang bakalan buat liburan Toppers di Cirebon semakin maksimal. Agar rencana liburan ke Cirebon lebih mudah, pesan tiket kereta di Tokopedia untuk dapatkan harga terbaik dengan cara yang praktis. Tak hanya itu, Toppers juga bisa lengkapi perlengkapan traveling serta membeli berbagai tiket hiburan lewat aplikasi Tokopedia.

Yuk, mulai persiapan rencana liburanmu selanjutnya untuk jelajahi berbagai tempat wisata di Cirebon tersebut!

Bagikan Artikel