• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Universa Sajadah: Sajadah Berkualitas untuk Ibadah yang Lebih Nyaman

12 June 2023

Share

Universa Sajadah: Sajadah Berkualitas untuk Ibadah yang Lebih Nyaman

Berawal dari keinginan untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi, Akbar Renato memutuskan untuk memulai usahanya dalam menyediakan produk perlengkapan sholat untuk pria dan wanita. Kini, setelah hampir 10 tahun, usaha sajadah dan perlengkapan sholat miliknya meraup omzet ratusan juta setiap bulannya di Tokopedia.

Kepada tim Tokopedia, Akbar bercerita bahwa sebenarnya ia tidak memiliki pengalaman usaha sama sekali sebelumnya. Namun, di tahun 2014 ia merasa perlu mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan kantoran yang dijalaninya.

“Setelah riset, serta dilatarbelakangi perjalanan hijrah yang saya miliki, saya akhirnya memutuskan untuk memulai usaha Universa Sajadah dengan modal sepuluh juta rupiah. Nama Universa sendiri diambil dari kata “universe”, dengan harapan kami bisa memiliki pasar yang lebih luas,” cerita Akbar.

Proses produksi yang tak main-main

Usaha Universa Sajadah tentunya tidak langsung besar secara tiba-tiba, ada proses dan tantangan yang harus dilewati oleh Akbar. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh Akbar adalah proses produksi, khususnya dalam hal mencari bahan baku berkualitas dan terbaik dengan harga terjangkau. Terlebih, sejak awal berdiri, Universa Sajadah ingin menghadirkan produk premium dengan kualitas terbaik.

Demi menjaga kualitas produk, Universa Sajadah tidak main-main dalam proses produksi. Tim Universa Sajadah melakukan quality control (QC) bahan baku dengan serius. Selain mencari suplier lokal terbaik, mereka juga menggandeng penjahit-penjahit berpengalaman di daerah Depok, Jawa Barat. Selain itu, mereka juga melakukan riset yang cukup panjang demi menghasilkan desain yang minimalis namun tetap terlihat elegan dan mewah.

“Ketika sajadah lainnya memiliki motif, Universa Sajadah justru menghadirkan sajadah yang polos dengan bahan yang premium. Kami sengaja melakukan ini agar sajadah kami terlihat lebih fashionable namun tidak mencolok,” jelas Akbar.

Menjawab permintaan pasar, Universa Sajadah hadir dengan berbagai ukuran sajadah, mulai dari ukuran S untuk alas kepala ketika sujud, ukuran M yang mini bisa dibawa bepergian, ukuran L yang cocok digunakan untuk orang dewasa, hingga ukuran XL yang besar, tebal dan nyaman untuk digunakan di rumah sehari-hari. Setiap ukuran hadir dengan beragam pilihan warna dengan rentang harga Rp169.000 hingga Rp599.000.

Ekstra di Bulan Ramadan

Sebagai usaha perlengkapan ibadah, bulan Ramadan menjadi bulan paling sibuk bagi Universa Sajadah, khususnya untuk toko mereka di Tokopedia. Pada Ramadan tahun ini misalnya, mereka menjual hingga 5.000 produk sajadah atau naik 5X lipat dibandingkan hari biasa dengan omzet ratusan juta rupiah. Penjualan dari Tokopedia bahkan mendominasi total penjualan yang mereka miliki.

“Wah Ramadan itu benar-benar sibuk, kita sampai harus menambah beberapa karyawan lepas untuk membantu proses produksi agar bisa lebih cepat,” ungkap Akbar.

Memaksimalkan momen Ramadan, Universa Sajadah tak lupa untuk memanfaatkan TopAds, fitur iklan di Tokopedia, agar produk mereka lebih banyak ditemukan masyarakat. Lewat fitur tersebut, produk-produk Universa Sajadah lebih banyak muncul di hasil pencarian serta berada dalam posisi atas pada rekomendasi produk. Bahkan, penjualan mereka langsung meningkat lima kali lipat.

Tak hanya TopAds, fitur Bebas Ongkir juga menjadi fitur andalan yang diaktifkan Universa Sajadah untuk menarik pembeli. Berkat fitur ini, Universa Sajadah dapat menjangkau pembeli dari seluruh Indonesia, termasuk Papua, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Menurut kami Seller Dashboard yang dimiliki Tokopedia sangat membantu kami sebagai Seller, selain itu tampilan website dan aplikasi Tokopedia juga mudah digunakan. Keunggulan lain dari Tokopedia adalah pilihan pembayaran yang banyak sehingga memudahkan pembeli,” jelas Akbar.

Tips Berjualan Online ala Universa Sajadah

Perkembangan Universa Sajadah memperlihatkan bagaimana kerja keras dan strategi yang baik dapat menghasilkan dampak yang baik pula. Lantas, seperti apa strategi yang dilakukan oleh Universa Sajadah hingga dapat mengembangkan usaha mereka sedemikian rupa?

Menurut Akbar, hal pertama yang selalu mereka terapkan adalah inovasi. Setelah mengeluarkan produk sajadah, Universa Sajadah kemudian mulai mengeluarkan produk-produk lainnya seperti mukenah, tasbih, sarung, hingga Al Quran. Dengan begitu, konsumen bisa langsung mendapatkan semua perlengkapan ibadah mereka di satu tempat. Selain itu, di bulan Ramadan, Universa Sajadah juga mengeluarkan hampers mengikuti kebutuhan pasar.

Hal kedua yang selalu diterapkan Universa Sajadah adalah kejujuran serta menikmati proses. “Dengan bersikap jujur, kita akan bahagia sehingga dapat menjalankan bisnis dengan baik. Selain itu, dengan menikmati proses yang berlangsung, kita dapat mengambil hikmah dari setiap hal yang terjadi.”

Terakhir, Akbar mengingatkan pelaku usaha untuk jangan berputus asa serta harus tetap fokus dan konsisten dalam berusaha karena tidak ada hasil yang instan, semua proses harus kita jalani dengan terus melakukan evaluasi dan inovasi untuk hasil yang maksimal.

Share

Bianca AdriennawatiBianca Adriennawati

Related Articles

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
Behind The Scene
Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
© 2009-2024, PT Tokopedia